Manfaat Pegagan dan Resep Cara Penggunaanya

0 komentar

Pegagan
Manfaat Pegagan Dan Cara Penggunaanya.Sobat Dharma,satu lagi tumbuhan obat Indonesia yang banyak terdapat disekitar kita khususnya yang di daerah pedesaan dan banyak sekali manfaatnya buat membantu berbagai macam penyakit.Tumbuhan obat itu adalah pegagan.Pegagan atau Antanan atau kalau di melayu disebut dengan daun kaki kuda dengan nama latin Centella Asiatica adalah tumbuhan liar yang terkenal kaya akan manfaat obat herbalnya. Daunnya merupakan obat resmi yang telah digunakan di banyak Farmakope. Di Eropa malah telah dibuat salep dan serbuk obat luka berbahan pegagan.

Nah sobat Dharma semua,berikut ini diantara banyak manfaat pegagan:

1.Obat ANTI PIKUN.
Pegagan mengandung berbagai senyawa yang berkasiat obat seperti triterpenoids, karotenoids dan berbagai garam mineral dan vitamin yang bermanfaat,ia mampu memperbaiki sistem daya ingat bagi orang-orang yang mengalami kemunduran fungsi otak dan daya ingat. Ia semacam dengan Ginko Biloba bahkan lebih banyak lagi kasiatnya. Suatu penelian membuktikan bahwa Pegagan mampu meningkatkan kemampuan mental, meningkatkan IQ, dan meningkatkan kemampuan syaraf memori.
2.Obat UNTUK ASMA.
 Dalam ilmu farmasi ia dikenal juga sebagai Folia hidrocotyles, yang dipercaya bisa meningkatkan ketahanan tubuh, mencuci darah, dan memperlancar keluarnya air seni (diuretik). . Di cina pegagan telah ribuan tahun digunakan sebagai tonikum.Sedang di Malaysia pegagan telah lama digunakan untuk mengobati bronchitis, asma, pengeluaran getah lambung yang berlebihan (maag), keputihan, gangguan ginjal, serta radang saluran kecing.
3.Obat LEPRA DAN TBC
Di timur jauh eropa pegagan digunakan untuk menyembuhkan penyakit Lepra dan TBC. Ia menyembuhkan penyakit Lepra dan TBC dengan cara mengikis zat semacam lilin yang melindungi bakteri sehingga bersamaan dengan obat akan lebih mudah untuk membasmi penyakit tersebut.
Di Sunda masyarakat biasa menggunakan pegagan sebagai lalapan bagi orang yang menderita kepikunan. Ia bersifat sebagai Brain Tonic dan karena kemampuannya ia sering disebut sebagi Makanan Otak.
Selain kasiatnya yang mampu mengembalikan kemampuan otak dan daya ingat, pegagan juga kaya akan anti oksidan.

Berikut ini diantara beberapa Resep cara memanfaatkan pegagan yang bisa saya bagikan disini:


  • Obat SUSAH KENCING
Siapkan 30 gram daun pegagan segar, kemudian ditumbuk dan tempelkan ke pusar.
  • Obat DEMAM
Ambil segenggam daun pegagan segar kemudian tumbuk, tambah sedikit air dan garam, lalu disaring dan diminum sebelum sarapan.
  • Obat DARAH TINGGI
Ambil 20 lembar daun pegagan lalu tambah 3 gelas air, kemudian direbus sampai 3/4 nya.
Sehari diminum 3 x 3/4 gelas.
  • Obat WASIR
Ambil batang berikut akar-akarnya kemudian direbus dengan 2 gelas air selama 5 menit.
Air rebusan diminum selama beberapa hari.
  • Obat LIVER / PEMBENGKAKAN HATI
Ambil 240-600 gram pegagan segar, kemudian rebus, dan airnya diminum secara rutin.
  • Obat CAMPAK
Ambil 60-120 gram pegagan, kemudian direbus dan airnya diminum.
  • Obat BATUK KERING
Ambil segenggam pegagan segar kemudian lumatkan dan diperas.
Tambahkan air dan gula batu secukupnya, lalu diminum.
  • Obat PENAMBAH NAFSU MAKAN
Ambil 1 genggam daun pegagan segar kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas, lalu airnya diminum sehari 1 gelas.

Nah sobat Dharma,itulah beberapa manfaat pegagan dan resep cara memanfaatkan pegagan,bila sobat dharma ada tambahan manfaat atau resep lainnya,silahkan bagikan di kolom komentar disini sebagai penambah pengetahuan mengenai manfaat pegagan.
Salam sehat.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Darmanto Copyright © 2011. Dharma Sehat - All Rights Reserved
Template by Creating Website. Powered by Blogger