Rahasia Hidup Sehat Dan Bugar

posted in: Pengobatan | 0

Rahasia Hidup Sehat Dan Bugar, manusia diberi banyak kesempatan untuk berbuat kebaikan selama hidup didunia, salah satu kebaikan dari sekian banyak kebaikan yang dapat kita lakukan adalah mensyukuri nikmat sehat dari Allah dengan cara menjaga kesehatan dan menggunakan kesehatan untuk perkara yang menyehatkan lahir dan batin. Allah menyukai orang-orang yang bersyukur dan orang-orang yang berbuat kebaikan dan mengadakan perbaikan.

Dalam mensyukuri nikmat sehat sehingga Allah menambah nikmat, kita perlu meniru orang yang paling sehat sepanjang hidupnya baik lahir maupun batin dan orang yang paling pandai mensyukuri nikmat sehat selama hidupnya, beliau adalah Rosulullah Muhammad SAW.

 

bugar 2

 

Kami akan berbagi sedikit dari sekian banyak cara Rosulullah mensyukuri nikmat sehat dan menjaga kesehatan, mudah-mudahan kita mampu untuk meniru yang sedikit ini kemudian kita akan terus berusaha mencari dan meniru dari sekian banyak kebaikan yang dimiliki Rosulullah SAW., aamiin.

1. Selalu Bangun Sebelum Subuh

Rasul selalu mengajak ummatnya untuk bangun sebelum subuh, melaksanakan sholat sunah tahajud memuji Allah, beristighfar menenangkan diri, sholat subuh berjamaah. Hal ini memberi hikmah yg mendalam antara lain :

– Berlimpah pahala dari ALLAH Subhana Wa Ta’ala

– Kesegaran udara subuh yg bagus untuk kesehatan / terapi penyakit TB

– Memperkuat jiwa dan menyehatkan pikiran sebagai terapi hipertensi dsb.

2. Aktif Menjaga Kebersihan

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam selalu rapi & bersih setiap hari, bersiwak (menggosok gigi) setiap mau sholat, hari Jumat beliau mencukur rambut selain jenggot, alis dan bulu mata, selalu memotong kuku, bersisir dan berminyak wangi. “Mandi besar pada hari Jumat. menggosok gigi dan memakai harum-haruman”(HR Muslim).

3. Berhati-hati dalam urusan makan dan minum

Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam : “Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak ( tidak sampai kekenyangan)”(Muttafaq Alaih)

Tiap makan beliau mengunyah makanannya sebanyak 33x sehingga meringankan kerja lambung.

Tidak memakan makanan atau minuman panas (menyebabkan lambung mengembang) atau terlalu dingin/es (menyebabkan lambung menyempit) juga keduanya berpotensi merusak organ mulut, dan tidak meniup makanan atau minuman.

Berpuasa tiap hari senin dan kamis, tiga hari tanggal 13,14,15 tengah bulan, dan puasa sunnah lainnya.

Dalam tubuh manusia ada 3 ruang untuk 3 benda : Sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air dan sepertiga lainnya untuk makanan.

Bahkan ada satu tarbiyyah khusus bagi orang yang beriman dengan adanya Puasa Ramadhan untuk menyeimbangkan kesehatan, terhindar dari obesitas.

4. Gemar Berjalan Kaki

Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam selalu berjalan kaki ke Masjid, Pasar, medan jihad, pemakaman, mengunjungi rumah sahabat, dan sebagainya. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbuka dan peredaran darah akan lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.

Bahkan disela-sela perjalanan jihad, Nabi menyempatkan untuk balap lari dengan istrinya Aisyah RA. Ini jelas menggambarkan kehidupan keluarga yang harmonis, sehat jasmani dan rohani.

5. Tidak Pemarah

Nasihat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam : “Jangan Marah” diulangi sampai 3 kali. Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasadiyah belaka, tapi juga pada kemampuannya menahan marah walaupun memiliki kekuasaan untuk marah, nabi bersabda orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan marah, juga bagi orang yang mampu menahan marah padahal memiliki kuasa untuk marah, kelak di akhirat akan diumumkan dihadapan orang banyak untuk memilih bidadari yang dia sukai. Mestinya janji Allah ini membuat kita mampu untuk menahan marah. Adapun beberapa cara untuk meredam marah diantaranya sebagai berikut :

  • Mengingat janji Allah untuk orang yang mampu menahan marah
  • Mengubah posisi ketika marah, bila berdiri maka duduk, dan bila duduk maka berbaring
  • Membaca Ta ‘awwudz, karena marah itu dari Syaithon
  • Segeralah berwudhu
  • Sholat 2 Rokaat untuk meraih ketenangan dan menghilangkan kegundahan hati

6. Optimis dan Tidak Putus Asa

Sikap optimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa sehingga tetap sabar, istiqomah dan bekerja keras, serta tawakal kepada ALLAH Subhana Wa Ta’ala.

7. Tak Pernah Iri Hati

Untuk menjaga stabilitas hati & kesehatan jiwa, mentalitas maka menjauhi iri hati merupakan tindakan preventif yang sangat tepat.

Ya ALLAH, bersihkanlah hatiku dari sifat sifat madzmumah dan hiasilah diriku dengan sifat sifat mahmudah.

Berikanlah aku kemampuan untuk bisa mensyukuri nikmat-nikmat dari-Mu termasuk nikmat sehat.

Leave a Reply