Cara Alami Menghilangkan Nafsu Merokok

posted in: Blog | 0

Cara Alami Menghilangkan Nafsu Merokok. Rokok adalah salah satu komoditas yang sangat berbahaya bagi kesehatan, namun dijual bebas dan bisa didapatkan dengan mudah. Tak cuma bisa didapatkan dengan mudah, menurut data dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia 51,1 persen adalah perokok aktif. Sulit untuk berhenti merokok jika seseorang telah menjadi perokok berat. Anda mungkin telah membuat resolusi untuk berhenti merokok, namun apakah Anda telah berhasil menghentikan kebiasaan ini? Merokok adalah kebiasaan buruk yang merusak paru-paru dan menyebabkan banyak penyakit. Rokok mengandung banyak nikotin, yang berefek buruk pada tubuh, seperti tekanan darah, kanker paru-paru, masalah jantung dan penyakit lainnya. Keputusan berada di tangan Anda, apakah Anda mau mengorbankan kesehatan Anda demi zat kimia yang berbahaya di dalam rokok.

Cara Alami Menghilangkan Nafsu Merokok

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Berikut adalah beberapa bahan alami sederhana yang dapat membantu Anda berhenti merokok:

1.Oatmeal

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Oat itu sudah dikenal mampu mengurangi ketagihan nikotin. Jadi, gabungkan oat ke dalam diet rutin anda. Untuk efek maksium, ambil satu sendok makan ground oat (bukan oatmeal) lalu tambahkan pada 2 mangkuk air rebus dan diamkan selama satu malam. Kesesokan harinya, minum sebagian dari campuran tersebut beberapa jam setelah makan. Jangan mengkonsumsinya setelah jam 8 malam. Ini adalah salah satu ramuan paling efektif untuk berhenti merokok. Dan ada bukti ilmiah dari sistem pengobatan India yang selama bertahun-tahun, telah menggunakan oat bran dan oatmeal untuk memerangi ketergantungan terhadap opium. Baru-baru ini, para peneliti di Glasgow, Skotlandia, menemukan bahwa para perokok yang diberi suatu ekstrak dari oat segar itu lebih cenderung untuk mengalami penurunan dalam ketagihan merokok dibanding perokok yang diberi suatu placebo.

2.Air

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Minum banyak air adalah solusi utama untuk mengatasi kebiasaan merokok. Air dapat membantu mendetoksifikasi tubuh. Kapanpun Anda merasa ingin merokok, minumlah segelas air. Hal ini bukan hanya menurunkan keinginan untuk merokok namun juga menurunkan gejala sakau. Kalau bisa minum air hangat karena bisa bikin nafsu untuk merokok berkurang. Bahkan kalau kamu coba sebatang rokok pun gak habis.

3.Jahe

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Salah satu gejala umum sakau nikotin adalah mual, yang dapat diatasi dengan mengonsumsi jus jahe. Tambahkan 1 sendok teh jahe bubuk pada makan pagi Anda untuk mengurangi keinginan merokok. Jahe adalah bahan yang efektif untuk mencegah produksi dopamin, salah satu komponen utama yang terdapat pada nikotin.

5.Lobak

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Lobak adalah salah satu bahan alami yang dapat diandalkan untuk berhenti merokok. Parut lobak dan buang sarinya. Campurkan dengan madu, minum 2 kali sehari.

6.Jeruk

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Tanamkan kebiasaan untuk makan sebutir jeruk setiap kali rasa ketagihan menyerang anda. Bisa mendapatkan jeruk dengan mudah itu adalah salah satu cara yang paling efektif dalam menangkal dorongan untuk merokok. Ketagihan nicotin biasanya akan berlangsung selama 3 sampai 5 menit. Mengkonsumsi jeruk bisa menjauhkan pikiran anda dari dorongan keinginan untuk menyalakan sebatang rokok. Entah dimakan dalam keadaan mentah atau dalam bentuk jus, jeruk memegang suatu peranan penting dalam proses penghentian kebiasaan merokok. 
Aromanya bisa mengalihkan pikiran anda dari keinginan untuk merokok. Saat dikonsumsi dalam bentuk jus, jeruk juga bertindak sebagai suatu pembersih. Penelitian menunjukkan kurangnya vitamin C bikin nafsu merokok meningkat. Karenanya kalau vitamin C kamu terpenuhi, maka nafsu berahi pada rokok juga berkurang. Dan ada bukti ilmiah mengenai hal ini. Sekelompok peneliti di Inggris melakukan percobaan dengan para perokok dan jeruk. Hasilnya sungguh mengejutkan. 
Sebagian dari mantan perokok bahkan mengatakan bahwa dengan meminum suatu campuran dari jus jeruk dan cream tartat (satu setengah sendok teh) bisa segera menghilangkan nicotin dari dalam tubuh anda, sehingga menghilangkan keinginan untuk merokok.
Mereka mengatakan bahwa saat terbaik untuk meminum campuran ini adalah ketika hendak tidur. Selain jeruk, buah dan sayuran telah terbukti mampu membantu menghentikan kebiasaan merokok.

5.Tomat

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Aroma tomat membantu mengurangi daya tarik rokok. Menggunakan jus tomat juga memberikan anda efek yang sama seperti merokok, tapi tanpa unsur-unsur yang berbahaya.
Itu mungkin karena fakta bahwa tanaman tomat dan tembakau itu berasal dari keluarga yang sama (solanaceae, yang umumnya dikenal sebagai keluarga nightshade).
Tomat juga suatu sumber yang sangat bagus untuk lycopenes. Lycopenes itu adalah gizi-gizi di dalam keluarga carotenoid yang konon bisa mencegah kanker paru-paru. Perlindungan terhadap kanker yang diberikan lycopenes adalah karena sifat-sifat antioxidant yang dimilikinya.

6.Pisang

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Pisang adalah camilan sehat, murah dan enak yang dinikmati banyak orang di seluruh dunia. Selain dapat mengenyangkan karena mengandung karbohidrat, pisang juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya membantu orang berhenti merokok.Kandungan vitamin B dan mineral lainnya dapat membantu perokok yang ingin menghentikan kebiasaannya dengan cara mengurangi tingkat stres akibat gejala putus nikotin, seperti dilansir Asiaone, Senin (5/11/2012).Pada saat yang sama, nutrisi yang terkandung dalam pisang juga dapat membantu gejala putus nikotin secara fisik dan psikologis.Pisang mengandung tryptophan yang dapat meningkatkan suasana hati (mood) positif dan membuat Anda merasa lebih bahagia. Secara tidak langsung, kandungan pisang ini akan membantu Anda melupakan rokok.

7.Seledri

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Seledri Seledri bisa memengaruhi rasa rokok. Bahkan, ilmuwan menilai, banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut dapat mengurangi ketergantungan nikotin (asalkan tidak mengonsumsi alkohol). Ini juga sekaligus menjawab mengapa mengudap batang seledri dapat membantu mengurangi keinginan ngemil. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak suka seledri karena seledri bisa digantikan dengan wortel.

8.Mentimun

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Setiap perokok akan sangat tergantung kepada rokok setiap kali selesai makan nasi. Untuk menghindari rasa ketergantungan tersebut, cobalah untuk memakan buah timun setelah selesai makan. Dengan memakan timun, mulut terasa bersih dari sisa-sisa makanan yang berlemak, pedas, dan asin. Buah Mentimun yang kita makan akan membersihkan daerah sekitar mulut kita dari rasa yang sebelumnya kita nikmati. Dan biasanya, setelah rasa tawar di mulut maka keinginan untuk merokok itu sedikit demi sedikit akan berkurang.

8.Garam

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Setiap kali Anda berkeinginan untuk merokok, Anda harus makan sesuatu yang asin atau menjilat sedikit garam dengan ujung lidah. Ini dapat membunuh dorongan Anda untuk merokok.

9.Ginseng

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Ginseng telah terbukti untuk mencegah pelepasan nikotin yang diinduksi dari dopamin neurotransmitter. Seharusnya tidak digunakan sehari-hari tetapi dapat digunakan 3-4 kali sebulan.

10 Air Kelapa Tua

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Isi toples kaca dengan air kelapa yang matang/tua. Embunkan semalaman. Kmeesokan harinya tuang ke dalam gelas, campurkan garam sedikit dan aduk merata. Lakukan setiap pagi. Insya Allah dalam beberapa hari kecanduan rokok akan berkurang dan berhenti.

11. Jus wortel

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Sayur yang kaya zat anti-oksidan ini rupanya tak hanya sehat untuk mata namun juga melindungi tubuh dari paparan nikotin. Kandungan racun lainnya pun gak mempan mempengaruhi organ kamu sehingga kamu bakalan males merokok lagi.

12.Madu

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Madu adalah bahan yang baik untuk proses berhenti merokok. Madu mengandung vitamin, enzim dan protein yang bermanfaat dan membantu menghentikan kebiasaan merokok.

13.Konsumsi Natural Chlorophyllin

Bahan Alami Membantu Berhenti Merokok

Natural Chlorophyliin adalah salah satu herbal yang diproduksi oleh PT NATURAL NUSANTARA yang memiliki banyak manfaat bagi pecandu nikotin.

Cara berhenti merokok secara bertahap

Untuk berhenti merokok, ada dua metode yang bisa digunakan yakni cara berhenti merokok mendadak atau dalam budaya barat disebut “Cold Turkey,” serta cara berhenti merokok secara bertahap. Berikut tips dan cara berhenti merokok secara bertahap.

  • Tentukan berapa lama Anda akan melakukan metode bertahap ini, dan berkomitmenlah dengan keputusan Anda. Misalnya Anda ingin secara bertahap berhenti dalam 3 minggu, maka tandai kalender Anda dan jangan sampai di tanggal di mana Anda seharusnya telah berhenti, namun Anda masih menyentuh rokok.
  • Mulailah di hari yang tidak terlalu sibuk, tidak berpotensi stres, atau ketika libur. Jika Anda mulai secara bertahap untuk berhenti merokok di hari Senin yang penuh tumpukan deadline, Anda akan tergoda lagi untuk merokok.
  • Tentukan secara spesifik berapa banyak rokok yang Anda kurangi. Penentuan ini cukup sederhana. Misalnya satu batang rokok dalam satu hari, atau satu batang dua hari.Jumlah rokok tentu harus berkurang dari waktu ke waktu, di mana di akhir deadline berhenti merokok, Anda harus benar-benar berhenti. Contoh, minggu pertama 7 batang seminggu, minggu kedua 3 batang, minggu ketiga 1 batang, minggu berikutnya berhenti total.
  • Kombinasikan cara berhenti merokok bertahap ini dengan konseling ke pskiater profesional, atau ke teman dekat Anda yang kontra dengan kebiasaan merokok Anda. Hal ini akan memberi dorongan lebih pada Anda untuk makin semangat berhenti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *