Tips Mudah Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

posted in: Blog, kecantikan | 0

Tips Mudah Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda. Memiliki kulit wajah yang selalu cerah, kenyal dan bersinar merupakan ciri dari kulit sehat. Tak heran, banyak orang khususnya wanita yang menginginkan kulit wajah tetap sehat dan awet muda. Berbagai cara perawatan pun dilakukan untuk membuat kulit tampak sehat. Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk melakukan berbagai perawatan kecantikan. Karena ada beberapa tips yang mudah dilakukan untuk menjadikan kulitmu bersih dan tampak awet muda seperti:

1. Minum air putih minimal 2 liter per hari

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Cara terbaik merawat kulit yang pertama adalah dengan rajin minum air putih, minimal 2 liter per hari. Jumlah tersebut harus di luar asupan cairan yang berasal dari sayur maupun buah-buahan. Mengapa kita membutuhkan air begitu banyak setiap hari? Seperti organ-organ lain di dalam tubuh kita, kulit terbuat dari sel-sel yang membutuhkan air agar bisa berfungsi dengan baik. Dengan air, kelembaban kulit akan terjaga, air akan membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit, bisa membantu kulit jadi lebih awet muda; bisa membantu mengurangi masalah kulit seperti psoriasis, garis-garis halus atau keriput, dan eksim; membantu mengeliminasi racun dari kulit dan dalam tubuh, serta membantu meningkatkan metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan.

2. Pastikan Anda beristirahat cukup setiap hari

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Menurut seorang certified sleep specialist bernama Michael Breus, PhD, tidur atau beristirahat cukup antara 7-9 jam setiap malam sangat dibutuhkan oleh kulit untuk membantu melakukan regenarasi sel-sel. Dampak dari rutin beristirahat dan tidur nyenyak setiap malam adalah, keriput di kulit berkurang, kulit jadi lebih bercahaya, lebih cerah, lebih sehat, dan lebih halus.

3.Hindari stres

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Sebagian besar masyarakat awam menganggap stres sebagai sebuah penyakit. Padahal, stres adalah salah satu sumber penyakit yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan serius seperti kanker, penyakit paru-paru, dan sirosis hati. Lebih dari itu, stres bisa mempengaruhi seluruh tubuh mulai dari rambut, kuku, hingga kulit. 
Bagaimana cara stres mempengaruhi kulit? Menurut ahli kesehatan, stres akan memicu respon kimia pada tubuh sehingga kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif. Hormon kortisol merupakan salah satu produk dari stres. Hormon tersebut bisa memicu kelenjar kulit memproduksi minyak secara berlebihan. Jadi, jangan heran apabila ketika stress, kulit wajah Anda cenderung berminyak dan lebih mudah berjerawat.

4.Memanfaatkan minyak kelapa murni

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Minyak kelapa merupakan bahan tradisional serbaguna yang sangat baik untuk meningkatkan kecantikan dan perawatan kulit. Manfaatnya adalah untuk menguatkan jaringan epidermis kulit, membantu mengangkat sel kulit mati, melindungi kulit dari sengatan sinar matahari; mengandung antibakteri, antivirus, antijamur; dan mengandung sifat antioksidan. Minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai pelembab kulit yang sekaligus dapat berfungsi sebagai pelindung bagi kulit terhadap penyakit kronis seperti peradangan serta dermatitis atopik.

5.Madu mentah

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Madu mentah merupakan bahan tradisional terbaik yang mengandung nutrisi, enzim, dan vitamin. Bermanfaat untuk meningkatkan keasamaan kulit serta berguna juga untuk:

  • Melembabkan kulit 
  • Mempercepat proses penyembuhan luka 
  • Membantu melawan alergi dan ruam 
  • Memiliki kandungan antiseptik yang berkualitas 
  • Membantu menyamarkan bekas luka 

Jika Anda tertarik menggunakan madu sebagai produk perawatan kulit tradisional–yang bisa Anda buat sendiri di rumah, Anda bisa mencoba mengikuti tips di bawah ini:

  • Sediakan 1 sdt (sendok teh) madu mentah 
  • Usapkan secara merata di bagian lengan dan kulit wajah 
  • Biarkan selama 10 menit 
  • Bilas dengan air hangat 
  • Keringkan 

5.Alpukat

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Alpukat yang sudah matang banyak mengandung vitamin. Mulai dari vitamin A, D, dan E. Selain itu, alpukat juga kaya asam lemak omega-3. Alpukat bisa dimanfaatkan sebagai masker kulit yang berfungsi untuk membantu menutrisi dan menghidrasi kulit agar kulit jadi lebih halus, lebih kenyal, dan lebih bercahaya.

6. Air lemon

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Jika Anda tertarik untuk mencerahkan kulit atau mengatasi noda-noda hitam di wajah penyebab muka terlihat kusam atau gelap, Anda bisa memanfaatkan air lemon. Agar tidak terlalu keras, sebaiknya campuran air lemon dengan air biasa, lalu terapkan di seluruh kulit wajah. Namun ingat! penggunaan air lemon untuk memutihkan kulit tidak dianjurkan bagi kulit sensitif. Tipsnya, untuk mengatasi noda, terapkan air lemon hanya pada noda-noda hitam atau bekas luka saja.

7. Tanaman lidah buaya

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Tanaman lidah buaya atau yang lebih dikenal dengan nama aloe vera tentu sudah tidak asing di telinga Anda bukan? Mengingat berbagai manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya yang mengandung anti bakteri, memiliki sifat anti peradangan dan bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti gatal-gatal atau ruam-ruam, merupakan bahan tradisional terbaik untuk merawat kulit dan berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti infeksi dan luka bakar.

8. Minyak almond

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Manfaat utama minyak almond adalah untuk mengatasi ruam, jerawat, dan kulit kering. Cara memanfaatkannya sangat sederhana, Anda bisa menggunakannya sebagai masker atau lotion di saat-saat senggang.

9. Bengkoang

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Sejak dahulu, sari bengkoang dikenal sebagai salah satu bahan alami terbaik untuk memutihkan kulit. Jika ingin memiliki kulit yang cerah dan sehat, Anda wajib memasukkan bengkoang ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Adapun cara memanfaatkannya ialah:

  • Tumbuk halus atau parut bengkoang lalu ambil airnya. Anda juga bisa memanfaatkan blender jika tidak ingin repot. 
  • Usapkan air bengkoang tersebut ke seluruh kulit tubuh dan wajah 
  • Diamkan beberapa saat sebelum dicuci 
  • Anda juga bisa mencampurkannya dengan parutan bengkoang untuk digunakan sebagai scrub alami 

10. Mentimun

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Mentimun sangat baik untuk menjaga agar kulit tetap terlihat segar dan tidak kusam. Manfaat lainnya adalah untuk mengatasi pigmentasi kulit serta membantu menghilangkan lingkar hitam di sekitar mata atau yang lebih kita kenal dengan istilah mata panda. Cara memanfaatkannya:

  • Tumbuk mentimun kemudian peras dan ambil airnya 
  • Usapkan air mentimun hasil perasan ke seluruh permukaan kulit di tubuh Anda 
  • Diamkan selama 30 menit 
  • Basuh dan mandilah seperti biasa 

11.Kentang

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Kentang banyak mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Manfaat utamanya adalah untuk memutihkan wajah dan kulit secara natural. Cara memanfaatkannya:

  • Kupas kentang kemudian rebus lalu tumbuk hingga halus 
  • Tambahkan 2 sdm (sendok makan) susu skim 
  • Aduk hingga membentuk pasta 
  • Balurkan ke seluruh tubuh 
  • Diamkan selama 30 menit 
  • Bersihkan dan bilas dengan air dingin 

12.Susu

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Jika Anda ingin memiliki kulit yang kenyal dan bebas kerutan, Anda wajib mempertimbangkan susu sebagai salah satu ritual perawatan kulit Anda. Susu yang terkenal banyak mengandung vitamin D, sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen kulit. Cara memanfaatkannya: 

  • Sediakan 1 gelas susu segar kemudian
  • Campur dengan 4 sdm (sendok makan) madu
  • Oleskan ke seluruh tubuh
  • Diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan
  • Bilas dengan air bersih

13.Zayma Sabun Lulur Keraton

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Zayma Sabun Lulur Keraton merupakan salah satu produk kecantikan dari PT. Natural Nusantara yang mengandung  Olive Oil atau  Minyak Zaitun dan  Madu ini merupakan sabun mandi spesial untuk membantu merawat kecantikan kulit wajah dan tubuh secara alami seperti putri keraton pada zaman dulu. Terbuat dari bahan alami dan diramu dengan formula tradisional warisan keraton. Zayma mengandung minyak nabati, lulur jawa yang terbuat dari ekstrak rimpang temu giring, daun kemuning, buah asam, kelabet, sari bunga, dan diperkaya dengan tambahan minyak zaitun dan madu. Manfaat dari  Zayma Sabun Keraton ini sangat efektif untuk merawat kulit supaya telihat lebih segar, halus, cerah dan sehat alami. Selain itu akan memberikan hasil kulit putih yang alami dan menghilangkan noda hitam pada kulit. Pemakaian teratur dapat membantu menjaga keremajaan kulit tubuh dan kesegaran kulit Anda

14. Collaskin Drink NASA

Tips Merawat Kulit Agar Bersih dan Awet Muda

Collaskin Drink NASA merupakan produk kecantikan dari PT Natural Nusantara terbaru yang terbuat dari bahan alami untuk merawat kulit agar tetap sehat. Collaskin Drink ini adalah minuman serbuk Green Tea atau Matcha dengan ukuran nano yang dikombinasikan bersama serat akasia, kolagen tulang sapi dan madu multi ora. Collaskin Drink Matcha Green Tea telah terdaftar resmi dengan nomor ijin Pemerintah DINKER5133515150439-21 dan LP-POM MUI 07120032700416

  • Manfaat Collaskin Drink
  • Menyehatkan kulit wajah dan tubuh serta membuatnya semakin cerah dan lembut
  • Meningkatkan metabolisme serta membakar kalori dalam tubuh
  • Mendetoksikasi racun yang terdapat dalam tubuh secara alami
  • Membuat tubuh lebih segar, menenangkan pikiran, meningkatkan mood serta konsentrasi
  • Pencegahan terhadap berbagai jenis penyakit kronis
  • Menurunkan kolesterol dan gula darah
  • Kandungan vitamin, klorol, ber, dan bahan lainnya untuk menjaga kondisi badan

Itulah beberapa tips yang bisa membuat kulit Anda tampak bersih dan awet muda tanpa efek samping. Jadi, bagi Anda yang ingin memiliki kulit yang bersih dan tampak awet muda lakukan perawatan alami di atas secara teratur.