Trik Menghadapi Anak Yang Susah Makan

posted in: Blog | 0

Trik Menghadapi Anak Yang Susah Makan. Anak susah makan saat disuapi makanan atau anak yang hanya mau satu jenis makanan selama berhari-hari, mungkin bukan kisah baru bagi orang tua. Untuk menghadapinya, orang tua tidak boleh kalah cerdik dengan anak. Umumnya, anak susah makan dimulai setelah mereka menginjak usia satu tahun. Pada saat itu, pertumbuhan anak melambat jika dibandingkan masa sebelumnya. Hal ini juga menurunkan selera makannya. Sehingga sering kali yang tampak adalah anak makan lebih sedikit.

Anak yang susah makan, menyebabkan banyak orang tua khawatir, karna jika anaknya susah makan dan suka pilih-pilih makanan, mereka tidak akan mendapatkan cukup nutrisi untuk pertumbuhan. Dan dari banyak kasus yang ditemukan, memang terjadi demikian. Jika tidak ditangani dengan baik, akan berpengaruh pada tumbuh kembang sang anak.

Faktor Penyebab Anak Susah Makan

  • Mulai Memiliki Selera Pada Rasa Makanan

Ketika seorang anak mulai bisa membedakan rasa makanan, mereka akan pilih-pilih makanan berdasarkan rasa yang mereka sukai. Pada usia ini, anak tidak bisa lagi diberikan makanan tawar seperti bubur bayi. Orang tua dituntut lebih kreatif dalam menyajikan makanan, tentunya tidak hanya enak, tapi juga harus mengandung nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan.

  • Sistem Pencernaan Anak Kurang baik

Gangguan pada sistem pencernaan anak tidak bisa dianggap sepele. Selain menjadi penyebab anak susah makan, penyerapan nutrisi makanan juga akan terganggu.

  • Anak tidak benar-benar lapar

Jenis dan pola makan yang salah, bisa menjadi penyebab anak cepat bosan dan susah makan. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti snack, manisan, susu, coklat dan berbagai macam makanan lembut lainnya, menjadikan anak tidak pernah benar-benar lapar, sehingga ketika diberikan makanan padat/makanan utama, mereka akan menolak.

  • Karena Sakit

Ketika gigi anak mulai tumbuh, gejala demam dan penyakit lainnya, juga merupakan penyebab utama anak menjadi susah makan. Segera periksakan ke dokter jika anak sakit, sehingga selera makan anak bisa kembali normal.Anak usia balita merupakan masa dimana anak sangat aktif bermain. Keinginan untuk terus bermanin terkadang membuat mereka susah makan, sementara mereka memerlukan asupan makanan yang cukup untuk energy dan pertumbuhan tiap harinya.

Akibat Anak Susah Makan

Anak sulit makan kronis dalam jangka waktu lama juga menjadi pemicu 4 masalah berikut :

  • Timbulnya penyakit

Kekurangan nutrisi menyebabkan anak lebih rentan terserang berbagai penyakit. Endah mengatakan sulit makan pada anak berusia kurang dari 11 tahun yang tidak ditangani secara tepat berisiko meningkatkan penyakit saat mereka dewasa.

  • Timbulnya gangguan makan

Sulit makan berkelanjutan juga akan menyebabkan terjadinya tiga gangguan utama terkait makan, seperti makan berlebihan secara kompulsif atau binge eating disorder, anoreksia dan bulimia, keduanya kelainan muntah sesudah makan yang dialami saat anak beranjak dewasa. Anreksia dan bulimia ini sering dikaitkan dengan role modelling saat kecil yang memberi stigma bahwa citra fisik yang baik adalah tubuh yang kurus.

  • Menghambat pertumbuhan

Nutrisi sangat memengaruhi pertumbuhannya. Kurang makan yang berarti kurang nutrisi akan menghambat atau justru menghentikan tumbuh kembang anak, khususnya pada penambahan berat dan tinggi badan.Penghambatan pertumbuhan tinggi badan anak akan berefek buruk permanen jika anak mengalami sulit makan pada usia empat tahun.

  • Meningkatkan risiko kematian

Anak dan remaja yang mengalami gangguan makan menunjukkan angka kematian yang disebabkan oleh gangguan makan tiga kali lebih besar dari penyebab kematian lainnya. Angka kematian remaja akibat anorexia nervosa mencapai 3,9 persen dan akibat bulimia nervosa mencapai 5,2 persen.

Tips Mengatasi Anak Susah Makan           

Berikut beberapa tips untuk mengatasi anak susah makan.

Makanan Enak dan Bergizi

Anak usia balita dan prasekolah, tidak lagi menyukai makanan tawar atau makanan lain yang rasanya kurang enak. Kreasikan menu makanan agar tetap enak dan disukai anak-anak, tentunya dengan tetap memperhatikan asupan gizi pada makanan tersebut.

Variasikan Makanan

Anak terkadang tidak hanya menyukai suatu makanan dari rasa saja, tapi juga dari bentuk, warna dan cara menghidangkannya. Variasikan hidangan makanan pada anak, gunakan perlatan makanan yang unik dan menarik, sehingga mereka tidak akan cepat bosan.

Suasana Makan yang Menyenangkan

Tidak seperti orang dewasa, anak-anak tidak bisa duduk diam hanya untuk makan saja. Anda bisa mencoba untuk membuat suasana makan yang menyenangkan bagi anak, dengan menghindari argumen atau konflik pada jam makan.

Rutin Minum Natural Honey Super Kids Nasa

Natural Honey Super Kids ini merupakan madu murni yang diproduksi secara alamiah oleh lebah dari nektar dan diperkaya dengan kandungan royal jelly, bee pollen, EPA & DHA, propolis curcuma, dan juga memiliki kandungan zat gizi yang sangat lengkap seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, anti organik, asam organik, anti inflamantory, anti alergi, dan expectorant yang bsia meningkatkan dan menjaga sel tubuh dari serangan bakteri dan bibit penyakit.Manfaat natural honey super kids:

  • Sumber vitamin yang lengkap bagi anak
  • Dapat menyembuhkan batuk bagi anak
  • Memperkuat sel darah putih
  • Baik untuk pencernaan anak
  • Memicu pertumbuhan otak anak
  • Membantu pertumbuhan anak
  • Rutin Mengkonsumsi

Rutin Mengkonsumsi Super Nano Propolis

Propolis atau lem lebah merupakan suatu zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti tunas pohon atau aliran getah. Dikumpulkan oleh lebah untuk menutupi lubang kecil hingga 6 milimeter. Warnanya tergantung sumber tumbuhannya, namun biasanya coklat tua. Propolis bersifat lengket pada suhu ruangan atau di atasnya 20ºC. Sementara jika rendah, akan menjadi keras dan rapuh. Manfaat super nano propolis:

  • Meningkatkan nafsu makan anak
  • Meningatkan kecerdasan anak
  • Menjaga kekebalan tubuh anak
  • Meningkatkan hormone pertumbuhan anak
  • Menangkal radikal bebas
  • Mencegah berbagai penyakit yang masuk dalam tubuh
  • Meningkatkan kesuburan dan daya tahan tubuh

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja yang harus dilakukan saat menghadapi anak susah makan? Tidak perlu menggunakan paksaan, pastikan saja anak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Selama tumbuh kembangnya sehat dan tidak ada masalah kesehatan, anak yang pemilih saat makan bukanlah hal yang harus dicemaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *