Hidup Sehat Pada Usia Lanjut

posted in: Blog | 0

Hidup Sehat Pada Usia Lanjut. Tetap sehat di usia lanjut menjadi dambaan setiap orang. Untuk itu diperlukan persiapan yang baik sejak prausia lanjut, (45-59 tahun), bahkan sedari mudah agar kesehatan usia lanjut menjadi lebih baik. Namun, bukan berarti bagi Anda yang berusia lanjut tidak perlu menjaga tubuh agar tetap sehat.Bagi mereka yang berusia lanjut atau kerap dikenal dengan istilah lansia, akan mengalami sebuah fase kehidupan, dimana seiring bertambahnya usia maka metabolisme tubuh dan fungsi organ pun akan mengalami penurunan.

Hidup Sehat Pada Usia Lanjut

Jangan Sepelekan Hal Berikut Ketika Sudah Lanjut Usia

Jatuh

Bagi sebagian masyarakat, terjatuh merupakan persoalan biasa. Namun, bagi para lansia, terjatuh merupakan hal serius yang harus segera dievaluasi. Tidak jarang jatuh memberikan trauma serius kepada para penderita, mulai dari patah tulang panggul, perdarahan dalam tempurung kepala, hingga kematian.

Stroke

Stroke ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Dapat dikatakan bahwa stroke ini merupakan buah dari pola hidup tidak sehat yang dijalani penderita semasa muda. Pencegahan stroke ini dilakukan sebelum seseorang masuk ke dalam kategori lansia.

Sulit Makan

Para lansia pun tidak dapat dipaksa untuk memakan sesuatu ketika tubuhnya sulit menerima makanan. Namun ada pula para lansia yang kesulitan menerima makanan lantaran gigi yang sudah tanggal semua. Jika demikian, keluarga perlu menyediakan makanan lembut agar dapat langsung ditelan.

Pencernaan

Kebanyakan masalah pencernaan yang dialami para lansia adalah sulit buang air besar. Para lansia biasa menghindari minum yang banyak lantaran enggan untuk buang air kecil maupun takut terpeleset ketika buang air kecil. Hal tersebut tentu saja mengganggu pencernaan mereka. Persoalan ketiga pun memiliki kaitan dengan persoalan ini. Kesulitan untuk makan yang dialami para lansia bisa jadi membuat mereka kekurangan serat sehingga menjadi sulit buang air besar.

Pikun

Kebanyakan masyarakat menganggap pikun merupakan hal yang wajar ketika seseorang menginjak usia lanjut. Yang biasa bagi orang-orang lansia adalah lupa, bukan pikun. Seorang lansia berkenalan dengan orang baru, kemudian ia lupa nama orang baru tersebut setelah beberapa menit. Ini adalah hal yang wajar. Berbeda jika seorang lansia bertemu dengan anaknya dan menganggap anaknya tersebut sebagai orang yang baru dikenal. Hal ini disebut pikun dan memerlukan penanganan oleh ahli.

Pola hidup menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan, terutama pola hidup sehat.

Tips Agar Tetap Sehat di Usia Lanjut

Berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar tetap sehat di usia lanjut:

1. Tidur 6-8 jam setiap hari

Istirahat harus dilakukan secara teratur agar kondisi tubuh dapat tetap prima dan terhindar dari stres. Di samping itu, tidur yang cukup dapat membantu untuk meregenerasikan sel-sel yang rusak dan membangun kembali tenaga yang telah terpakai.

2. Minum air putih 6-8 gelas setiap hari

Fungsi ginjal yang mulai menurun dan proses penyerapan cairan yang melambat menyebabkan kondisi dehidrasi kerap kali terjadi pada lansia. Karena itu, memastikan cairan tubuh tercukupi, selain baik untuk kesehatan ginjal juga dapat menjaga kelembapan kulit.

3. Jalan kaki minimal 15 menit setiap pagi

Olahraga tetap wajib dilakukan guna menjaga kebugaran tubuh. Kondisi fisik yang mulai menurun tentunya tidak bisa dipaksakan untuk melakukan olahraga berat. Cukup melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki minimal 15 menit di sekitar komplek, dapat membantu melancarkan peredaran darah.

4. Mengonsumsi makanan bergizi

Perbanyak makanan yang mengandung vitamin atau mineral seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, daging dan susu.

5. Hindari stres dan perbanyak tertawa

Berkurangnya aktivitas kadang membuat para lansia jadi bosan dan menimbulkan stres. Karena itu, sebaiknya perbanyak senyum dan tertawa yang nantinya akan meningkatkan hormon endokrin dimana dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Aktif beraktivitas dan bersosialisasi

Walaupun kekuatan fisik mungkin mulai terbatas, namun memiliki kesibukan dan bertemu banyak orang serta melakukan kegiatan yang disenangi dapat berdampak positif bagi kesehatan. Hal ini penting untuk terus merangsang fungsi otak dan mempertahankan daya ingat.

7. Kontrol kesehatan secara rutin

Memeriksakan kesehatan tubuh yang meliputi fungsi organ tubuh, pemeriksaan darah, rekam jantung dan sebagainya juga sangat disarankan. Hal ini agar dapat mendeteksi lebih awal apabila ditemukan kondisi yang menunjukkan gejala sebuah penyakit. Sehingga, dapat diberikan pengobatan lebih awal.

8.Rutin Mengkonsumsi ENBEPE Nasa

ENBEPE NASA adalah suplemen herbal yang diproduksi untuk meningkatkan kemampuan otak manusia dalam berpikir, mengingat, berkonsentrasi dan meningkatkan kemampuan belajar. ENBEPE Natural Brain Power tentu saja sangat dibutuhkan sebagai vitamin untuk meningkatkan kemampuan otak, apalagi jika masih dalam tahap usia belajar seperi anak-anak.Selain untuk meningkatkan kemampuan daya ingat pada anak, ENBEPE juga dapat difungsikan untuk meningkatkan kecerdasan dan menghindari kepikunan. Berguna juga untuk mengobati penyakit-penyakit yang berhubungan dengan syaraf pusat dan otak. ENBEPE Natural Brain Power bekerja dengan cara meningkatkan aktifitas enzim untuk memperbaiki kerusakan pada sistem syaraf pusat, sehingga dapat menjaga stamina tubuh, menurunkan gejala stres dan depresi. ENBEPE Natural Brain Power juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel otak dari serangan racun dan radikal bebas.

9.Rutin Mengkonsumsi Natural Chlorophyllin nasa

Hidup Sehat Pada Usia Lanjut

Natural Chlorophyliin yaitu produk unggulan dari PT Natural Nusantara (NASA), yang memiliki manfaat untuk membersihkan tubuh dari zat beracun. Racun yang ada dalam tubuh manusia awal mulanya berasal dari zat-zat dari lingkungan luar yang kemudian masuk ke dalam tubuh, zat tersebut bisa berasal dari asap knalpot, adap pembuangan pabrik, atau asap rokok, semuanya dikenal sebagai entitas yang menyebarkan racun melalui udara dan kemudian dihirup oleh manusia. Secara umum, racun dapat diartikan seagai zat padat, cair atau gas yang dapat mengganggu proses kehidupan manusia atau mikroorganisme. Zat racun dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui mulut atau permukaan tubuh seperti pori-pori.

10. Rutin Mengkonsumsi Natural Calsea Plus Nasa

Hidup Sehat Pada Usia Lanjut

Calsea Plus Natural High Calcium adalah suplemen penambah kalsium alami dari PT Natural Nusantara (NASA) yang khusus diformulasikan untuk mencukupi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Produk kesehatan dari NASA ini diproses dalam bentuk ion yang berasal dari kalsium kerang laut yang telah menjadi fosil selama jutaan tahun. Natural Calsea Plus sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan tubh secara menyeluruh yaitu selalu menjaga asupan kalsium tetap cukup, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung tinggi kalsium. Kalsium menjadi zat pembangun utama untuk gigi dan tulang. Selain itu, kalsium juga berperan untuk mengatur tekanan darah, membantu transport ion-ion tubuh, transmisi syarat serta melepas transmitter syaraf, menjaga produksi enzim, sebagai pembentuk energi dan metabolisme lemak, menjaga kinerja sel tetap optimal serta jaringan tubuh lainnya.

Sampai saat ini memang tidak ada obat yang bisa menghentikan proses penuaan, karena ini adalah hal yang terjadi secara alamiah. Akan tetapi, tentu saja hal tersebut bisa Anda tunda sehingga masa tua Anda bisa dijalani secara sehat. Selain tips di atas, menjaga agar makanan selalu sehat dan bernutrisi juga sangat diperlukan. Lakukanlah tips diatas secara rutin dan teratur agar badan Anda merasa fit walau sudah memasuki lansia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *