Jangan Salah, Begini Cara Merawat Gigi Berlubang Pada Anak

posted in: Blog, Pengobatan | 0

Kebiasaan merawat gigi memang harus di tanamkan sejak dini. Walaupun masih berupa gigi susu, jangan biarkan gigi Si kecil keropos dan berlubang. Mungkin bagi sebagian orang tua memiliki tantangan tersendiri dalam merawat gigi susu, karena email yang terdapat gigi susu lebih lemah jika dibandingkan dengan email pada gigi orang dewasa.

Dengan kebiasaan anak-anak yang suka akan dengan makanan dan minuman yang manis, sehingga resiko aman mengalami gigi berlubang sangat tingi. Ditambah dengan tingkat kesadaran anak untuk menjaga kesehatan gigi masih rendah,sehingga mewajibkan orang tua untuk mengetahui cara yang tepat untuk melindungi gigi anak.

Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Bakteri  yang ada didalam mulut Anak mengalami proses berkembang biak secara alami, dari bakteri yang terus berkembang ini sehingga membentuk substansi lengket yang dinamakan plak. Munculnya plak ini yang dapat melapisi permukaan gigi. Dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis maka bakteri pada plak akan menghasilkan asam yang perlahan akan mengikis enamel gigi yang keras dan membuat lubang pada gigi anak.

Banyak faktor yang menyebabkan gigi berlubang, berikut ini adalah faktor penyebab gigi berlubang pada anak yang wajib bagi para orang tua ketahui.

Faktor Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

  1. Kebiasaan mengkonsumsi makanan manis

Anak-anak senang dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki cita rasa manis seperti: kue coklat, susu, es krim, sereal dan lain sebagainya. Namun perlu diingat kebiasaan ini dapat menyebabkan bakteri dalam mulut menghasilkan banyak asam yang oada akhirnya memicu kerusakan pada gigi.

2. Kebiasaan Minum Menggunakan Botol Hingga Tertidur

Kebiasaan minum susu botol pada bayi hingga tertidur  adalah satu penyebab gigi berlubang berikutnya. Gula yang terkandung pada susu dapat mengendap menjadi asam yang merusak dan memicu gigi berlubang.

3. Kurang Minum

Kurangnya asupan cairan pada anak dapat menyebabkan gigi berlubang. Asupan cairan yang rendah dapat menyebabkan produk air liur sedikit. Padahal manfaat air liur sendiri adalah membantu melawan asam yang dihasilkan oleh bakteri dalam mulut.

Gejala  Gigi Berlubang Pada Anak

Gejala Gigi berlubang secara umum  berbeda-beda tergantung dengan seberapa besar bentuk lubang dan di mana lokasinya.  Biasanya gejala pada awal kerusakan gigi adalah bintik putih pada satu gigi atau beberapa gigi lainnya.Kemunculan bintik putih pada gigi menandakan bahwa enamel mulai rusak. Jika bintik putih pada gigi ini dibiarkan dan tidak segera ditanggani akan berubah warna menjadi kecoklatan dan munculnya lubang, semakin dalamnya lubang maka warna bintik tersebut akan semakin gelap.

Mungkin lubang pada gigi yang berukiran kecil tidak menimbulkan gejala, akan tetapi perlu diingat jika lubang yang  diabaikan akan menjadi ukuran yang besar, dan biasanya akan menimbulkan beberapa gelaja seperti:

  • Sakit gigi, terutama pada saat anak mengunyah makanan atau ketika menekan giginya.
  • Gigi anak menjadi lebih sensitif.
  • Anak sering merasakan nyeri gigi secara spontan tanpa diketahui penyebab jelasnya.
  • Nyeri ringan hingga tajam saat anak makan atau minum sesuatu yang manis, panas, atau dingin.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

  1. Minum Air putih

Untuk tips yang pertama, para Bunda wajib mastiin nih di kecil minum banyak air putih setelah makan. Dengan mencukupi kebutuhan air  masalah gigi pun dapat terhindar. Manfaat minum air putih dapat mengurangi infeksi pada gigi setelah makan.

2. Jaga Asupan makan

Bunda bisa mengenalkan Si kecil dengan makanan yang sejak sejak dini agar gigi susu atau gigi tetapnya nanti yang akan tumbuh bisa terawat. Para Bunda juga perlu memastikan bahwa Si kecil dapat menghidari makanan yang mengandung gula. Jika para Bunda ingin memberikan makanan yang manis, Bunda bisa melakukannya secara tertahap dan jangan lupa latih si kekcil untuk mengunyah dengan baik sehingga tidak terbiasa mengemut makanan yang ada di mulutnya.

3. Merawat Gusi

Rawat kesehatan gigi sedini mungkin bahkan sebelum gigi susu tumbuh. Bunda bisa membersihkan gusi Si kecil. Gunakan lap yang lembut dan agak basah untuk menggosok gusinya perlahan-lahan.

4. Rutin Mengosok Gigi

Tips berikutnya, para orang tua wajib nih untuk membiasakan si kecil untuk selalu menyikat gigi secara rutin dua kali sehari ketika pagi dan malan hari sebelum tidur. Bunda bisa mengajarkan si kecil untuk menggosok gigi dengan durasi selama dua menit.

Dengan melihat kebutuhanmerawat gigi pada anak sangat penting, PT.Natural Nusantara menghadirkan produk berupa pasta gigi anak. Ayla pasta gigi anak Nasa merupakan produk terobosan terbaru yang pertama kali ada di Indonesia dan kualitas premium Internasional dengan bahan aktif HydroxyapatiteTidak mengandung detergen, dan menutrisi gigi dengan kandungan kalsium yang ada didalamnya.

Pasta gigi ayla nasa ini memiliki dua varian yaitu:

  1. Ayla pasta gigi anak Bubble Gum
  2. Ayla pasta gigi anak Strawberry

Manfaat Ayla Pasta Gigi Anak

  • Memperkuat gigi
  • Memperbaiki gigi yang rusak dan kropos
  • Membentuk email gigi yang baru
  • Memberi nafas lebih segar
  • Meredakan rasa nyeri pada gigi
  • Menghilangkan karang gigi pada anak-anak
  • Mengembalikan warna asli gigi
  • Dampingi Anak menggosok Gigi

Usahakan Bunda selalu mendampingi si Kecil saat menggosok gigi, dengan tujuan untuk memastikan apakah si kecil sudah melakukannya dengan benar atau belum.Ada baiknya Bunda yang menggosok giginya, sampai si kecil bisa menyikat gigi sendiri.

Menjaga kesehatan gigi ternyata tidak sesulit yang dibayangkan lho, tetapi saat Anda lupa melakukannya, Anda dapat mengalami masalah pada gigi dan gusi, seperti gigi berlubang, peradangan pada gusi, dan sebagainya.

Saat Anda mengalami keluhan seputar kesehatan gigi dan mulut, jangan ragu untuk mengunjungi dokter gigi Anda agar bisa menjalani pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

 Sekian dulu informasi mengenai cara merawat gigi berlubang pada anak, semoga bermanfaat.

Dan untuk para Bunda ingin memesan ayla pasta gigi anak nasa, Bunda pastikan membeli  yang ASLI!! Kami adalah salah satu distributor resmi NASA yang menjual semua jenis produk NASA 100% ASLI!! Untuk konsultasi dan pemesanan bisa hubungi customer service Kami sekarang juga!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *