7 Rahasia Menjaga Kesehatan Jantung

posted in: Blog | 0

7 Rahasia Cara Menjaga Kesehatan Jantung. Jantung menjadi organ vital dalam tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja.  Tugas jantung sendiri untuk memompa darah ke seluruh tubuh, kesehatan jantung memang sangat penting untuk diperhatikan. Anda perlu menjaga kesehatan jantung dari berbagai penyakit yang mengintai.

Ternyata menjaga kesehatan jantung tidak sulit seperti yang kita bayangkan loh. Kali ini dharmasehat.com akan membagikan tips menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda praktekkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk kebiasaan. Sebelumya yuk ketahui dulu penyakit jantung yang bisa membahayakan.

Kenali 4 Penyakit Jantung Yang Sering Ditemui

  1. Penyakit Jantung Coroner

Jantung koroner merupakan kondisi dimana ketika pembuluh darah jantung (anteri koroner) tersumbat oleh timbunan lemak. Dengan semakin banyak nya lemak yang tertimbun akan mengakibatkan pembuluh darah menyempit, sehingga oksigen akan terhambat dan tidak mengalir pada sel-sel jantung. Dari absennya oksigen ini jantung mengalami gangguan fungsi yang berbahaya untuk tubuh.

2. Penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan disebsbkan oleh kelainan yang dibawa sejak lahir seperti kelainan pasa sekat atau dinding janting atau defek septum atrium,defek septum ventrikel dan duktus arteriosus paten. Selain itu, ada beberapa penyakit jantung bawaan yang disebabkan gangguan pembentukan saat masih janin.

3. Gangguan katup jantung

Pada kondisi normal , jantung memiliki empat ruangan utama dengan empat ketup yang berfungsi sebagai “pintu”. Gangguan fungsi katup bisa menyebabkan tekanan pada salah satu ruang jantung meningkat dan menimbulkan gejala sesak napas dan merasakan cepat lelah. Ganguuan fungsi katup jantung ini biasanya disebabkan oleh kelainan  bawaan, infeksi,tekanan darah tinggi, komplikasi dan penyakit jantung koroner dan proses akibat penuaan.

4. Gangguan irama jantung

Dalam kondisi normal, jantung berdetak dengan ritme yang  teratur. Tetapi saat mengalami gangguan irama jantung atau dengan nama lain “disritmia”, detak jantung menjadi tak beraturan dan dapat menyebabkan stroke mendadak, gangguan irama jantung disebabkan oleh kelainan yang dibaa sejak lahir.

Tidak hanya menyerang pada orang yang sudah lanjut usia saja, sekarang banyak ditemui penyakit jantung banyak menyerang pada orang-orang yang masih berusia produktif.  Faktor utama yang menyebabkan penyakit ini mudah menyerang dengan gaya hidup yang tidak sehat.  Berikut ini adalah cara hidup sehat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan jantung.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Pola Hidup Sehat

  1. Konsumsi Air Mineral

Untuk menjaga kesehatan jantung yang bertama Anda bisa mengawali untuk banyak mengkonsumsi air mineral.  Untuk mendukung jantung bekerja dengan baik, jantung membutuhkan beberapa dukungan antara lain yaitu: kekuatan otot, kelengkapan mineral dalam tubuh, dan menjaga kecukupan cairan yang akan mengisi pembuluh darah.

Jika tubuh kekurangan cairan, maka ada resiko meningkatnya kekentalan darah, sehingga berpotensi memperbesar resiko sumbatan dalam pembuluh darah, jika pembuluh darah telah tersumbat, maka serangan jantung dan stroke dalam menjadi ancaman.

2. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Berlemak dan Garam

Kdlebihan  lemak dan garam ternyata tidak baik untuk tubuh. Makanan yang mengandungan garam yang tinggi dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Tentunya hal ini saat berpengaruh pada kinerja jantung.

Bukan hanya itu saja, jumlah lemak dalam tubuh juga harus dikontrol. Sebab, kelebihan lemak juga berpengaruh dan dapat menghambat beredaran darah dan kemudian dapat mengganggu kesehatan jantung. Namun untuk Anda yang tidak bisa meninggalkan makanan berlemak, Anda bisa loh menganti makanan dari sumber lemak baik dari kacang-kacangan seperti: almon, dan walnut yang mengandung lemak tak jenuh.

3. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Dampak buruk dari merokok yaitu dapat meningkatkan tekanan darah dan dapat merusak pembuluh darah. Bukan hanya berlaku untuk perokok aktif,  bagi para perokok pasif juga bisa terkena imbasnya. Bahan kimia tang terdapat pada tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah serta dapat menyembabkan penyempitan arteri akibat penumpukan plak (aterosklerosis) yang menyebabkan penyakit jantung.

Asap roko yang mengandung karbon monoksida sebagian mengantikan oksigen dalam darah.Jal ini dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung dengan memaksa kantung bekerja lebih keras untuk memasok kebutuhan oksigen.

Oleh sebab itu, berhenti merokok dan menhindari asap rokok adalah cara yang tepat untuk mencegah penyakit jantung.

Baca juga: https://www.dharmasehat.com/2019/01/02/cara-alami-menghilangkan-nafsu-merokok.html

4. Kelola Stress

Stress adalah hal yang wajah untuk dialami oleh seseorang. Tapi bukan masalah apa yang menyebabkan stress, tapi bagaimana Anda menanggapinya.  Saat tubuh berada dibawah tekanan,  maka jantung akan memproduksi adrenalin yang membuat jantung bekerja lebih keras. Hal ini dapat menimbulkan tekanan darah tinggi.

Jika Anda mengalami stress kronis dan Anda tidak dapat mengelolannya dengan biak maka akan berujung pada serangan jantung. Seseorang harus pintar-pintar dalam mengelola emosi yang dipicu stress, Anda dapat mensiasati dengan mencoba meditasi, yoga atau teknik pernapasan dalam.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Dalam sebuah penelitian terbaru menungkapkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas dpat mengakibatkan gangguan sistem kekebelan tubuh. Dan pada akhirnya dapat meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular yang memicu penyakit stroke dan jantung.

Selain itu, obesitas juga dapat menaikan resiko penyakit jantung yang dikarenakan meningkatnya tekanan darah dan kolestrol.

6. Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi di sebabkan oleh pecahnya pembuluh darah. Hal ini dapat berakibat fatal jika terjadi pada pembuluh darah pada organ penting seperti jantung dan otak.Dengan mengontrol tekanan darah dan kolestrol dan rantang normal adalag salah satu hal yang penting dan harus Anda perhatikan  untuk menjaga kesehatan jantung dan pembunuh darah. Namun, bagi Anda menderita kolestrol tekanan darah dan kolestrol tinggi Anda bisa menggunakan cara penurunkan tekanan darah dan kolestrol secara alami.

Rutin berolahraga dan mengurangi mengkonsumi makanan dengan garam tinggi  merupakan bebera cara yang tepat untuk dilakukan untuk mencegah tekanan darah.

7. Olahraga Rutin

Rutin berolahraga membantu untuk meningkatkan kebugaran jantung dan menurunkan kolestrol dan tekanan darah, hingga menjaga berat badan tetap ideal. Dianjurkan seseorang berolahraga setidaknya 30 menit sehari, minimal 5 hari seminggu. Olahraga yang bisa Anda lalukan setiap hari seperti: jogging, bersepeda, berenang, jalan kaki, bersepeda, dan berbagai olahraga lainnya.

Nah, selain 7 rahasia sederhana untuk menjaga kesehatan jantung pada kesempatan ini.  Dan jangan lupa untuk selalu perhatikan kesehatan jantung dan tubuh Anda sejak dini dan jangan tunda untuk cek kesehatan setiap saat.

Budayakan pola hidup yang sehat sejak dini agar tubuh bebas dari penyakit.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

Salam sehat 🙂