Panas Dalam Menyerang? Begini Cara Meredakannya

posted in: Blog, Pengobatan | 0

Mungkin banyak dari kita yang menganggap panas dalam menjadi hal yang sepele. Tahukah Anda ternyata panas dalam bisa jadi sinyal gangguan tubuh lho. Apa yang terbayang di penak Anda saat terserang panas dalam? Tenggorokan kering, bibir pecah-pecah, sariawan, tubuh terasa tidak enak dan bau mulut? Begitulah gejala panas dalam yang paling sering dikeluhkan oleh banyak orang.

Sebenarnya gejala diatas juga bisa menjadi sinyal atau sebuah tanda terdapat gangguan di dalam tubuh kita. Gejala panas dalam bisa dibilang mekanisme perlawanan tubuh ketika melawan gejala penyakit.

Ketika seseorang terserang panas dalam atau sakit tenggorokan tidak menutup kemungkinan akan mengalami beragam keluhan antara lain yaitu: sakit tenggorokan, sakit kepala, perubahan warna tonsil menjadi merah atau amandel, dan membesarnya kelenjar pada leher.

Gejala Panas Dalam

Dalam dunia medis tidak mengenal istilah panas dalam. Kondisi yang banyak di gambarkan oleh masyarakat sebagai panas dalam sebenarnya bukan sebuah penyakit, melainkan kumpulan gejala dari penyakit di tenggorokan, atau gejala awal dari infeksi virus maupun bakteri.

Infeksi Saluran Napas Atas (ISPA)

Panas dalam yang disebabkan oleh ISPA pada umumnya diawali dengan gejala yang berupa rasa gatal,panas di tenggorokan dan nyeri. Selain keluahn pada tenggorokan, ISPA jufa biasanya disertai dengan bersin-bersin, hudung tersumbat , batuk serta demam.

Naiknya Asam Lambung (Refluks Asam Lambung)

Panas dalam yang menjurus pada Refluks Asam Lambung adalah kondisi dimana sering muncul pada tengah malam saat tidur maupun di pagi saat bangun tidur,kadang kondisi ini juga disertai dengan rasa panas atau perih di uluh hati dan rasa tercekat di tenggorokan.

Iritasi Tenggorokan

Panas dalam yang disebabkan oleh iritasi tenggorokan biasanya terjadi karena paparan paolusi udara, makanan atau minuam panas, atau penggunaan suara yang terlalu berlebihan.

Penyebab Panas Dalam

Berikut ini adalah 5 faktor penyebab suhu tubuh naik hingga menimbulkan panas dalam:

  1. Memiliki penyakit radang, seperti infeksi. Radang dapat menyebabkan Anda mengalami demam, salah satu indikasi bahwa sesuatu yang tidak biasa sedang terjadi dalam tubuh Anda.
  2. Memiliki kelainan tiroid yang dikenal sebagai hipertiroidisme. Hal ini dapat menyebabkan tubuh Anda memproduksi terlalu banyak hormon tiroid.
  3. Mengkonsumsi  makanan pedas, berminyak, atau goreng. Selain itu, kacang-kacangan, daging, dan makanan berprotein tinggi lainnya dapat berkontribusi terhadap panas dalam.
  4. Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau alkohol.
  5. Melakukan latihan fisik yang intens. Dengan melakukan latihan fisik yang terlalu intens  menyebabkan peningkatan panas karena otot aktif dan aktivitas sirkulasi darah yang terkait menghasilkan banyak panas.

Berikut Ini Adalah Makanan Penyebab Panas Dalam

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah panas dalam, bukan? Masalah yang menyerang pada tenggorokan ini mengakibatkan rasa yang tidak nyaman di tenggorokan,bibir pecah-pecah, bau mulut dan membuat rasa nyeri pada saat menelan.

Berbicara mengenai panas dalam sudah pasti berkaitan dengan makanan tertentu. Berikut ini adalah makanan yang menjadi kambing hitam ketika gejala panas dalam muncul.

Makanan Pedas

Anda salah satu orang yang suka mengkonsumsi makanan dengan cita rasa pedas? Jika iya. Untuk menghindari agar Anda tidak terkena panas dalam Anda bisa menjauhi makanan pedas. Makanan pedas diduga dapat memperparah gejala panas dalam atau sakit tenggorokan.

Makanan yang digoreng

Mungkin banyak dari kita yang tidak bisa lepas dari makanan yang kering atau crispy misalnya seperti gorengan. Ternyata makanan yang memiliki tekstur kering  dan berminyak  dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan sehingga akan semakin sulit  menelan, hal ini juga membuat gejala panas dalam atau sakit tenggorokan akan semakin parah.

Hindari Buah-buahan Masam

Buah-buahan dengan rasa masam seperti jeruk,lemon,tomat perlu Anda hindari jika Anda tidak mau terkena sakit tenggorokan atau panas dalam, buah-buahan yang bercita rasa masam ini dapat menyebabakan sakit tenggorokan semakin parah dana dapat mengiritasi permukaan tenggorokan.

Cara Meredakan Panas Dalam

Tapi perlu Anda ketahui, tidak semua panas dalam merujuk pada suatu penyakit . Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan melegakan gejala panas dalam, antara yaitu:

Perbanyak Minum Air Putih

Dengan banyak minum air putih selain bermanfaat untuk menghindari dehidrasi, ternyata air putuh juga dapat membantu melembabkan tenggorokan. Jika Anda bisa menerapkan minum air putih hangat dengan madu akan jauh lebih baik untuk membuat tenggorokan Anda menjadi lebih nyaman.

Istirahat Yang Cukup Dan Hindari Paparan Asap

Untuk meredakan panas dalam pastikan Anda mampu beristirahat dengan cukup, selain bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan kuman, istirahat yang cukup merupakan cara yang  cukup efektif dalam merdakan panas dalam.

Hindari paparan asap, seperti asap kendaraan ataupun asap rokok yang dapat mempengaruhi rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Konsumsi Makanan Yang Membuat Tenggorokan Anda Nyaman

Untuk membuat tenggorokan Anda nyaman, Anda bisa konsumsi sup hangat dan es krim. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumi teh hijau, buah manggis dan semangka yang dipercaya dapat meredakan gejala panas dalam.

Menggunakan Obat Herbal

Untuk Anda yang sudah mensiasati menggunakan cara-cara diatas namun belum membuahkan hasil, Anda bisa menggunakan paket obat herbal panas dalam. Rekomendasi herbal panas dalam terbaik yaitu dari PT. Natural Nusantara yang terdiri dari Natural Royal Jelly, Natural lecithin, Natural Nano Propolis, yang merupakan produk herbal terbuat dari bahan alami yang sudah terjamin dan sudah terdaftar dari BPOM.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Jika Anda merakan gejala panas dalam menjurus kepada naiknya asam lambung, ada baiknya Anda menghindari makanan dalam jumlah banyak sebelum tidur. Atur jam makan Anda sehingga tidak berdekatan dengan waktu tidur malam Anda.

Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, ada baiknya Anda untuk mengurangi berat badan. Karena hal ini cukup meningkatkan resiko terjadinya refluks asam lambung. Selain itu Anda juga perlu menghibdari stress, rokok, dan menuman yang mengandung alkohol.

Dari penjelasan diatas tidak perlu diragukan lagi bahwa produk nasa aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping. Untuk mendapatkan paket obat panas dalam nasa yang asli Anda bisa dapatkan di distributor resmi PT. NATURAL NUSANTARA seperti kami merupakan distributor resmi NASA. Jual berbagai macam produk herbal menerima pesanan via offline maupun online. Siap kirim ke seluruh wilayah di indonesia.Pesan sekarang juga!!