Yuk Ketahui 7 Bumbu Dapur yang Bisa Jadi Obat Rematik Alami

posted in: Blog, Pengobatan | 0

Banyak orang di sekitar kita mengeluhkan penyakit rematik. Rematik terjadi ketika kondisi otot atau persendian mengalami peradangan dan juga pembengkakan. Gangguan persendian atau rematik  terdiri atas berbagai jenis. Terdapat lebih dari 100 jenis rematik yang umum terjadi berikut adalah penjelasan singkatnya.

Jenis-jenis Rematik

Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis atau artritis reumatoid merupakan suatu kondisi ketika kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaring-jaringan sendi.  Sehingga menyebabkan sendi-sendi yang terserang akan mengalami peradangan. Biasanya jika hal ini tejadi akan menimbulkan beberapa gejala antara lain seperti:

  • Sendi menjadi bengkak
  • Terasa kaku
  • Akan menimbulkan warna merah di area persendian dan terasa panas
  • Terasa sakit akibat peradangan yang aktif

Rheumatoid arthritis yang tidak segera diatasi akan terus berkembang dan dapat menyebabkan perubahaan dan kerusakan bentuk permanen pada sendi, mengakibatkan pergerakan sendi akan terbatas dan fungsinya juga bisa hilang sepenuhnya

 Rematik jenis ini juga bisa menyebabkan gejal-gejala lain seperti: demam, kelelahan,nafsu makan berkurang dan nyeri otot. Rheumatoid arthritis juga dapat berkembang di luar persendian dan dapat menyerang organ lain seperti: kulit,ginjal, jantung dan mata.

Osteoartritis

Osteoartritis merupakan penyakit yang menyerang persendian yang menimbulkan rasa sakit dan terbatasnya pergerakan sendi, seiring waktu jika penyakit ini di biarkan dapat menyebabkan kerusakan pada tulang rawan.  Persendian yang sering terkena dampaknya adalah leher, jari,pinggul, pinggan,lutut dan kaki. Semakin bertambahnya usia juga salah satu faktor terjadinya Osteoartritis. Berikut ini adalah gejala Osteoartritis sebagai berikut:

  • Persendian terasa sakit, terutama saat berjalan
  • Jika disentuh, persendian akan terasa hangat
  • Persendian menjadi tidak stabil, terasa kaku, dan membengkak

Bukan hanya itu saja, Osteoartritis dapat menyebabkan melemahnya otot dan bisa berdampak pada aktifitas sehari-hari Anda seperti: sulit untuk membungkuk, duduk, memakai pakaian, dan hingga menggenggam objek.

Sindrom Sjogren

Sindrom sjogren merupakan penyakit sistem kekbalan tubuh yang keliru menyerang jaringan yang sehat dan menyebabkan peradangan. Dari kasus yang terjadi, penyakit ini lebih sering menyerang seorang perempuan di bandung dengan laki-laki. Penyebab terjadinya sindrom ini juga belum diketahui secara pasti. Namun biasanya sindrom ini akan muncul bersamaan dengan penyakitkekebalan tubuh lainnya seperti lupus dan Rheumatoid arthritis. Berikut ini adalah gejala Sindrom sjogren sebagai berikut:

  • Kelenjar yang terdapat dalam mulut tidak dapat memproduksi air liur yang cukup sehingga menyebabkan mulut terasa kering
  • Mata terasa perih dan teriritasi
  • Kelenjar parotid mengalami pembengkakan.
  • Sariawan
  • Kesehatan gigi dan gusi terganggu
  • Kurangnya produksi air mata oleh kelenjar yang ada dala  mata membuat mata terasa kering

Lupus

Lupus atau dengan istilah medis systemic lupus erythematosus atau disingkat SLE. Penyebab terjadinya penyakit lupus sampai saat ini masih belum diketahui pasti. Beberapa gejala lupus yang  umum terjadi, antara lain seperti rambut mengalami kerontokan, persendian terasa kaku dan nyeri, letih, stroke, kejang, serta sensitif terhadap cahaya matahari. Bukan itu saja, berikut ini juga termasuk gejala lupus yang mungkin dialami seperti:

  • Muncul ruam di sekitar pipi yang berbentuk seperti kupu-kupu
  • Munculnya fenomena Raynaud atau perubahan warna jari-jari tangan atau kaki saat terpapar cuaca dingin
  • Lapisan jantung atau paru-paru mengalami peradangan dan menyebabkan dada terasa sakit
  • Organ dalam tubuh seperti ginjal akan ikut terpengaruh
  • Timbul kondisi gangguan darah seperti jumlah trombosit dan sel darah putih di bawah normal

Perawatan Rematik

Perawatan rematik dapat dilakukan dengan cara mengendalikan penyakit dan meredakan gejala yang timbul misalnya dengan mengkonsumsi makanan yang berkhasiat sebagai obat rematik alami. Selain itu, Anda juga bisa mengimbangan makanan tersebut dengan berolahraga, mengurangi stres, istirahay yang cukup serta menjalani diet yang seimbang.

Namun tahukah Anda ternyata sekarng Anda bisa mengatasi malasah persendian Anda menggunakan bumbu dapur lho. Selain memiliki harga yang cukup terjangkau, bumbu dapur juga sudah sangat femiliar di telinga kita. Yuk simak bumbu dapur untuk rematik.

7 Bumbu Dapur yang Bisa Jadi Obat Rematik

  1. Kunyit

Pasti Anda sudah sangat femiliar denfgan bumbu dapur yang satu ini, Kunyit menjadi salah satu bumbu masak dan rempah yang sangat di gemari di Indonesia. Selain dapat menyedapkan makanan, ternyata kunyit memiliki manfaat untuk mengobati rematik lho. Curcumin yang terdapat pada kunyit terbukti mempu untuk mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga rasa nyeri sendi bisa diobati.

2. Jahe

Selain menfaat untuk membantu menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki manfaat menjadi obat rematik dengan sifat antiinflamasi. Jahe memiliki Zat kimia gingerol dan shogaol dipercaya ampuh untuk  mengobati rematik, Karena sifat antiinflamasi yang dimilikinya.

3. Bawang Putih

Bawang putih diketahui mengandung diallyl disulfide, yaitu senyawa antiinflamasi yang membatasi efek sitokin proinflamasi, sehingga dari kandungan ini lah yang membuat nyeri sendi akibat rematik dapat ditangani. Itulah sebabnya, bawang putih dipercaya bisa melawan peradangan sendi dan mencegah kerusakan tulang rawan akibat radang sendi.

Itulah sebabnya, bawang putih dipercaya bisa melawan peradangan sendi dan mencegah kerusakan tulang rawan akibat radang sendi.

4. Kayu Manis

Selain bermanfaat untuk membuat rasa manis pada makanan, ternyata kayu manis juga memiliki sifat antiinflamasi di dalamnya. Oleh karena itu, kayu manis bisa dijadikan sebagai obat rematik alami.

5. Lada Hitam

Lada hitam juga dipercatya untuk mengobati rematik secara alami.  Lada hitam memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri dan antioksidan. Bukan itu saja, komponen kimia yang ada pada lada hitam seperti piperine, juga sangatlah efektif untuk mengobati peradangan akut.

6. Cengkih

Mual, sakit perut, sakit tenggorokan hingga rematik adalah segelintir penyakit yang dapat diatasi dengan bahan alami cengkeh. Rempahrempah ini biasanya di jadikan sebagai tambahan dalam minuman yang ternyata memiliki sifat Antiinflamasi.

7. Cabe rawit

Cabe rawit memiliki senyawa alami yang bernama Capsaicnoids. Selain dapat mengobati rematik secara alami, cabe rawit juga dipercaya untuk mengatasi masalah pencernaan.

Nah, itulah bumbu-bunbu dapur yang dapat membantu Anda dalam mengatasi rematik.  Semoga bermanfaat, dan semoga lekas sembuh.