Membedah Khasiat Daun Kelor Berdasarkan Kesehatan Modern

posted in: Pengobatan | 3
Khasiat Daun Kelor

Khasiat Daun Kelor – Daun kelor bagi sebagian orang masih sering di kaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis.Dan memang daun kelor secara mistis memang bagi yang mempercayainya ada manfaat tersendiri terutama berkaitan dengan penyakit ghaib seperti daun bidara yang beberapa waktu yang lalu sudah saya informasikan disini.Wallahu a’lam.

Khasiat / manfaat Daun Kelor sangat banyak terutama buat pengobatan secara herbal / alami. Daun Kelor hari ini saya akan coba berbagi tentang manfaatnya berdasarkan kesehatan modern.Jadi untuk khasiat / manfaat daun kelor secara mistis,nanti insyaAllah akan saya informasikan lain waktu.

NAMA LAIN DAUN KELOR

Menurut data dari wikipedia,Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga dapat disayur.

Nama umum Indonesia: Kelor, limaran (Jawa) Inggris : Moringa, ben-oil tree, clarifier tree, drumstick tree Melayu : kalor, merunggai, sajina Vietnam : Chùm ngây Thailand : ma-rum  dan di Pilipina daun kelor disebur Malunggay.

Khasiat Daun Kelor Berdasarkan Kesehatan Modern

Berdasarkan sumber disini,Daun  kelor baik untuk Bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan. Dianjurkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO bayi dan anak-anak bagus mengkonsumsi daun kelor. Menurut kesehatan,Perbandingan gram daun kelor mengandung:

A.7 x vitamin C pada jeruk
B.4 x calcium pada susu
C.4 x vitamin A pada wortel
D.2 x protein pada susu
E.3 x potasium pada pisang

WHO juga menobatkan kelor sebagai pohon ajaib setelah melakukan studi dan menemukan bahwa tumbuhan ini berjasa sebagai penambah kesehatan berharga murah selama 40 tahun ini di negara-negara termiskin di dunia. Pohon kelor memang tersebar luas di padang-padang Afrika, Amerika Latin, dan Asia.

National Institute of Health (NIH) pada 21 Maret 2008 mengatakan, bahwa pohon kelor “Telah digunakan sebagai obat oleh berbagai kelompok etnis asli untuk mencegah atau mengobati lebih dari 300 jenis penyakit. Tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun moringa oleifera.

Secara umum,Manfaat utama daun kelor bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh
  2. Menyegarkan mata dan otak
  3. Meningkatkan metabolisme tubuh
  4. Meningkatkan stuktur sel tubuh
  5. Meningkatkan serum kolesterol alamiah
  6. Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit
  7. Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal
  8. Memperindah kulit
  9. Meningkatkan energi
  10. Memudahkan pencernaan
  11. Antioksidan
  12. Memelihara sistem imunitas tubuh
  13. Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan
  14. Bersifat anti-peradangan
  15. Memberi perasaan sehat secara menyeluruh
  16. Mendukung kadar gula normal tubuh

Dari hasil analisa kandungan nutrisi dapat diketahui bahwa daun kelor memiliki potensi yang sangat baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor maka keseimbangan nutrisi dalam tubuh akan terpenuhi sehingga orang yang mengonsumsi daun kelor akan terbantu untuk meningkatkan energi dan ketahanan tubuhnya.

Selain itu, daun kelor juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan yang diakibatkan karena kekurangan vitamin dan mineral seperti kekurangan vitamin A (gangguan penglihatan), kekurangan Choline (penumpukan lemak pada liver), kekurangan vitamin B1 (beri-beri), kekurangan vitamin B2 (kulit kering dan pecah-pecah), kekurangan vitamin B3 (dermatitis), kekurangan vitamin C (pendarahan gusi), kekurangan kalsium (osteoporosis), kekurangan zat besi (anemia), kekurangan protein (rambut pecah-pecah dan gangguan pertumbuhan pada anak).

CARA MENGGUNAKAN DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN

Di bawah ini, ada beberapa resep untuk menggunakan daun kelor sebagai obat herbal yang cara penggunaannya juga cukup mudah.Berikut cara penggunaan daun kelor;

1.Untuk penyakit Rematik, Nyeri dan Pegal Linu. Tumbuk halus dua gagang daun kelor dan setengah sendok makan kapur sirih lalu gosok ke bagian tubuh yang sakit sebagai param.
2.Untuk pengobatan Sakit Mata. Tumbuk halus tiga gagang daun kelor dan diberi air satu gelas, aduk sampai merata, diamkan sampai ampasnya mengendap dan gunakan airnya sebagai tetes mata.
3.Mengobati Cacingan. Rebus tiga gagang daun kelor, satu gagang daun cabai, 1-2 batang meniran dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, saring rebusan air tersebut dan diminum rutin setiap hari.
4.Pengobatan Alergi. Rebus tiga gagang daun kelor, satu siung bawang merah, adas pulasari secukupnya tambahkan tiga gelas air sampai mendidih hingga tinggal dua gelas, kemudian disaring dan minum rutin setiap hari.
5.Penyakit Herpes,Kurap dan Luka Bernanah. Tujuh gagang daun kelor ditumbuk sampai halus dan tempelkan ke bagian yang luka sebagai obat luar.
6.Menghilangkan Flek Wajah. Pilih beberapa lembar daun kelor yang masih muda, ditumbuk sehalus mungkin dan gunakan sebagai bedak atau dicampur dengan bedak.
7.Penghancur Batu Ginjal. Daun kelor dibuat sayur bening, dimakan rutin setiap hari selama kurang lebih satu bulan, batu ginjal akan luruh dan keluar bersama air kencing.

BAHAYA MENGKONSUMSI DAUN KELOR
Daun kelor didunia barat saat ini sudah banyak yang mengolahnya menjadi ekstark daun kelor.Selain manfaat daun kelor yang saya sebutkan diatas,ada penelitian yang menyebutkan bahwa  perlu diwaspadai  bahwa ekstrak daun kelor dapat menyebabkan kerusakan hati, ginjal dan pembentukan sperma ketika dosis melebihi 1000 Mg/kg BB.Jadi harap konsumsilah daun kelor atau ekstrak daun kelor seperlunya saja dan konsultasikan ke dokter bila ada keraguan atau ada keluhan setelah mengkonsumsi daun kelor.

Saya sendiri sudah mengkonsumsi sayur daun kelor dan rasanya sangat enak,pengin nyoba,silahkan beli saja daun kelor di sekitar Anda.
Dan bagi Anda yang ingin PESAN DAUN KELOR,SAAT INI SAYA JUGA SUDAH MENYEDIAKAN DAN MELAYANI PEMESANAN KESELURUH WILAYAH INDONESIA / LUAR NEGERI.

PESANAN DAUN KELOR BISA KONTAK SAYA DI 
Telpon: 08170133458 

Harga 1 paket isi -/+ 300 helai hanya Rp. 100.000 (Seratus Ribu Rupiah). Free ongkir ke wilayah di Pulau Jawa.Luar Jawa tambah ongkos kirim secukupnya.
 Semoga informasi tentang Khasiat Daun Kelor Berdasarkan Kesehatan Modern kali ini bermanfaat buat Anda.Salam sehat!!!

3 Responses

  1. Cilembu thea

    wah ternyata daun kelor sangat dahsyat manfaat dan khasiatnya untuk keehatan kita ya, padahal disini mah daun kelor itu lebih banyak untuk konsumsi binatang ternak Kambing …haduh salah kaprah banget nih orang desa teh euy

Leave a Reply