5 Tips mengurangi resiko penyakit jantung koroner

posted in: Pengobatan | 0
Tips mengurangi resiko penyakit jantung koroner

Tips mengurangi resiko penyakit jantung koroner kali ini akan menjadi artikel yang semoga bermanfaat untuk mencegah terkena penyakit jantung koroner.Penyakit Jantung Koroner adalah salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan..

Sahabat Dharma Sehat semua,penyakit jantung koroner pada mulanya merupakan penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh koroner. Pembuluh koroner adalah suatu pembuluh yang ada di bagian  jantung atau di sebut juga dengan pembuluh darah jantung. Penumpukan lemak tersebut lama kelamaan akan di ikuti dengan terjadinya : penimbunan jaringan ikat, pengapuran, pembekuan darah dan lain-lain. Dari kesemuanya itu akan berakibat akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut. Hal ini akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah dan dapat menimbulkan berbagai akibat yang cukup serius, dari Angina Pectoris (nyeri dada) sampai Infark Jantung, yang dalam masyarakat di kenal dengan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

OK sobat semua,langsung saja saya bagikan 5 tips mengurangi resiko penyakit jantung koroner sebagai berikut:

1.Jalan kaki dan lari pagi
Berjalan kaki atau lari di pagi hari sangat baik untuk kesehatan jantung. Cukup melakukannya selama 30 menit akan sangat membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner dan pasti akan membantu menurunkan berat badan anda.

2.Hindari rokok
Rokok merupakan salah satu musuh bebuyutan jantung.Jadi stop rokok segera.Bagi yang ingin stop rokok ada cara stop rokok dengan buah dan sayuran,silahkan baca di artikel berjudul “Stop Rokok Dengan Buah Dan Sayuran“. Asap rokok yang mengandung banyak senyawa berbahaya merupakan pangkal terjadinya penyakit jantung koroner. Selain jantung, rokok juga menjadi pemicu terjadinya kanker, dan masih banyak lagi penyakit yang di akibatkan dari merokok.

3.Kurangi makan daging merah
Daging sarat akan kolesterol yang bisa menyumbat saluran arteri yang menjadi sebab terjadinya penyakit jantung koroner. Karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsi daging. Takaran standar konsumsi daging merah yang diperbolehkan yaitu hanya sebanyak 4 ons daging merah/minggu. Kurangi makan daging merah. Coba ganti dengan makan ikan laut atau makanan sarat protein lain seperti putih telur. Makanan kaya protein sangat baik bagi kesehatan jantung. Saat makan daging, baik juga bila ditemani dengan makanan sarat serat seperti kentang dan ketela. Serat dalam makanan tersebut akan membantu menjaga tingkat gula darah dan menurunkan tekanan darah. Hal itu akan membuat arteri sehat sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner.

4.Banyak tertawa dan bersyukur
Sering bersyukur akan membantu tubuh anda lebih tenang. Sehingga tidak ada lagi perasaan tak nyaman yang dapat memicu ketidaknormalan dalam tubuh seperti depresi dan stres. Saat depresi, jumlah hormon dalam tubuh akan meningkat dan mengancam kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian, orang yang sering bersyukur akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner sampai sembilan persen. Sering-sering tertawa juga akan menghasilkan efek yang baik bagi tubuh. Rasa depresi dan stres yang potensial menganggu kesehatan jantung akan lenyap.

5.Rutin membersihkan gigi
Membersihkan gigi secara teratur sangat baik bagi kesehatan jantung. Bakteri yang tersembunyi sangat berbahaya sebab ketika terjadi infeksi pada gusi, dapat berimbas pada organ jantung. Jadi, bersihkan gigi secara teratur.

Nah Sobat Dharma semua,Mudah-mudahan dengan Tips mengurangi resiko penyakit jantung koroner yang sudah saya bagikan di atas,ada manfaat buat kita semua agar dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner, yang dimana penyakit ini merupakan penyakit mematikan yang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja.

Leave a Reply