Kenali Gejala Insomnia dan Cara Mengatasi Dengan Cepat

posted in: Blog | 0

Kenali Gejala Insomnia dan Cara Mengatasi Dengan Cepat . Insomnia adalah kondisi di mana Anda merasa sangat sulit untuk tidur, atau sulit untuk tidur nyenyak, atau keduanya. Kondisi ini bisa menjadi kronis sehingga membuat Anda sama sekali tak bisa tidur bahkan ketika Anda ingin tidur. Gejala ini lebih sering diderita oleh perempuan dari pada laki-laki karena perempuan yang sensitif terhadap perubahan, dan lebih rentan terhadap kecemasan dan depresi. Kondisi ini dapat mempengaruhi pasien pada usia berapa pun, tetapi seiring usia Anda bertambah tua, ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengalami insomnia.

Gejala Insomnia

  • Kesulitan tidur pada malam hari
  • Bangun pada malam hari, atau bangun terlalu dini
  • Tidak merasa segar setelah tidur
  • Lelah dan mengantuk pada siang hari
  • Lekas marah, depresi, atau cemas/gugup
  • Masalah dalam memperhatikan, sulit fokus pada tugas-tugas, dan sulit mengingat
  • Sakit kepala dan kepala terasa tegang
  • Rasa tertekan di perut dan usus
  • Kekhawatiran tentang tidur

Penyebab Insomnia

  • Stres
  • Kecemasan
  • Kebiasaan tidur yang buruk
  • Kafein, nikotin, dan alkohol
  • Makan terlalu banyak sebelum tidur
  • Kondisi medis
  • Obat – obatan

Faktor Penyebab Insomnia

  • Jenis kelamin: diyakini bahwa perempuan jauh lebih mungkin untuk mengalami insomnia. Perubahan hormon selama siklus menstruasi dan menopause mungkin memiliki peran.
  • Umur: terutama bila Anda lebih tua dari usia 60 karena perubahan pola tidur dan kesehatan. Insomnia meningkat seiring dengan peningkatan usia.
  • Masalah mental: jika Anda memiliki gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, gangguan bipolar, dan gangguan stres pasca-trauma.
  • Pekerjaan: jika pekerjaan mengharuskan Anda untuk bekerja di malam hari, atau Anda bekerja dalam sistem shift, ini meningkatkan risiko Anda terkena insomnia.
  • Perjalanan: Anda berisiko lebih tinggi untuk insomnia jika Anda harus melakukan perjalanan jarak jauh. 

Jenis- Jenis Insomnia

1.Susah tidur (sleep onset insomnia)

Sleep onset insomnia juga menyebabkan Anda sering terbangun di tengah malam dan sulit untuk kembali tidur lagi dan selalu bangun jauh lebih cepat dari yang diinginkan. Susah tidur ini bisa disebabkan oleh kondisi medis atau masalah psikologis, seperti stres berat atau gangguan kecemasan hingga depresi.

2. Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan Anda merasa sangat sulit untuk mulai tidur, sulit untuk tidur nyenyak, atau keduanya di saat yang bersamaan. Kondisi ini bisa menjadi kronis sehingga membuat Anda sama sekali tak bisa tidur bahkan ketika Anda ingin tidur. Insomnia kronis bisa bertahan hingga setidaknya tiga malam berturut-turut dalam kurun waktu satu minggu dan berjalan selama sebulan atau lebih.

3. Insomnia akut

Gangguan tidur ini juga sering disebut dengan insomnia jangka pendek atau insomnia kambuhan. Insomnia akut dapat bertahan dari satu malam hingga beberapa minggu. Penyebabnya bisa karena Anda sedang merasa stress.

4.  Insomnia anak-anak

Jenis insomnia ini terjadi ketika anak-anak tidak akan tidur kecuali orangtua atau pengasuhnya memaksa mereka untuk tidur. Jika anak-anak dibiasakan memiliki jam tidur, maka mereka akan cenderung memiliki jam tidur normal sedangkan anak-anak yang tidak dibiasakan memiliki jam tidur cenderung lebih mudah terbangun di malam hari.

5. Insomnia idiopatik

Insomnia idiopatik adalah gangguan tidur yang terjadi seumur hidup, dimulai saat bayi atau masa anak-anak dan berlanjut hingga dewasa. Jenis insomnia ini belum diketahui penyebabnya. Hal ini mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang memengaruhi jam biologis tubuh Anda. Misalnya, hormon melatonin yang diproduksi terlalu sedikit di malam hari, sehingga Anda justru merasa segar bugar sepanjang malam.

6. Insomnia akibat obat-obatan atau zat kimia tertentu

Insomnia jenis ini biasanya diakibatkan oleh asupan stimulan dari konsumsi obat-obatan tertentu, kafein, alkohol, dan/atau makanan tertentu. Satu-satunya cara menghentikan insomnia ini adalah menghentikan penggunaan obat atau makanan dan minuman yang mengandung suatu senyawa kimia yang membuat Anda susah tidur.

7. Insomnia karena kondisi medis

Beberapa jenis gangguan jiwa dapat menyebabkan insomnia sebagai salah satu gejalanya. Misalnya saja, depresi, gangguan bipolar, dan gangguan kecemasan. ADHD, walaupun tidak tergolong sebagai penyakit mental, juga dapat menyebabkan masalah tidur. Tingkat keparahan jenis insomnia ini berhubungan langsung dengan seberapa parah kondisi yang dialami.

8. Insomnia nonorganik

Jenis insomnia ini disebabkan oleh gangguan kesehatan mental dan faktor psikologis. Jenis insomnia nonorganik ini biasanya digunakan saat seseorang dengan insomnia tidak memenuhi kriteria untuk kesepuluh jenis insomnia lainnya.

9. Insomnia organik

Jenis insomnia ini disebabkan oleh gangguan medis, kondisi fisik, atau paparan senyawa kimia tertentu. Akan tetapi, penyebab pastinya tetap tidak jelas. Diperlukan pengujian lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pastinya. Nama insomnia ini dapat digunakan untuk sementara sampai pasien mendapatkan diagnosis lebih lanjut.

10. Insomnia paradoks

Insomnia paradoks adalah keluhan insomnia berat. Orang dengan gangguan ini sering mengaku tidur cuma sebentar atau bahkan tidak tidur sama sekali selama semalam atau lebih. Terkadang pasien insomnia jenis ini juga merasa memiliki kesadaran yang kuat terhadap lingkungan atau mudah terjaga, gampang marah, dan terlalu bergairah. Karakteristik utama dari jenis insomnia paradoks adalah Anda membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa tertidur, namun juga meremehkan total jam tidurnya.

11.  Insomnia psikologis

Jenis insomnia ini disebabkan oleh gangguan kecemasan. Orang yang dihinggapi rasa cemas akan sulit untuk memulai tidur. Selain itu, rasa cemas juga dapat membuat seseorang menjadi kesulitan mempertahankan tidur, sehingga dia sering terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur kembali.

Cara Menghilangkan Insomnia

1.Olahraga yang tepat dan teratur

Cara Menghilangkan Insomnia

Orang yang berolahraga secara teratur menikmati kualitas tidur yang jauh lebih baik daripada mereka yang menjalani gaya hidup yang tidak aktif. 
Berolahraga tidak harus berarti lari maraton setiap hari atau menghabiskan setiap jam bangun untuk mengangkat beban. Latihan aerobik yang sedang-sedang saja, seperti berjalan kaki atau bahkan bersepeda ringan, memiliki dampak positif yang sama terhadap kualitas tidurmu. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari olahraga, jadwalkan untuk untuk melakukannya saat matahari masih ada. Pagi hari merupakan waktu yang terbaik, tetapi siang hari juga masih tidak masalah kalau memang tidak memungkinkan.

2. Kontrol paparanmu terhadap terang dan gelap

Cara Menghilangkan Insomnia

Terang dan gelap memengaruhi sistem sirkadian tubuh yang mengatur tidurmu. Karena itu dapatkan cahaya sebanyak mungkin di siang hari dan kurangi paparan terhadap sinar buatan di malam hari untuk meningkatkan peluang mengalahkan insomnia.

3. Minum teh chamomile

Cara Menghilangkan Insomnia

Chamomile sering disebut sebagai obat penenang jenis ringan, dan keefektifannya sebagai obat untuk insomnia telah terbukti dari waktu ke waktu. Salah satu alasannya adalah kandungan Apigenin, antioksidan yang dapat mengurangi kecemasan dan membantu kamu untuk hanyut lebih cepat. Begitu matamu tertutup, komponen-komponen chamomile lainnya bekerja untuk memastikan kamu tetap beristirahat sepanjang malam. 

4. Lavender

Cara Menghilangkan Insomnia

Selain memberikan banyak manfaat seperti vitamin A, kalsium, dan zat besi, lavender sering digunakan untuk mengurangi kecemasan, kelelahan, dan kegelisahan.  Tentu saja, itu juga bekerja sangat baik sebagai obat insomnia alami, membantu menurunkan denyut jantung dan laju pernapasan sehingga kamu mencapai kondisi tidur optimal lebih cepat dari biasanya. Lavender bisa kamu gunakan dalam mandimu, bisa sebagai minyak dan bahkan bisa ditambahkan ke dalam makanan atau dibuat menjadi teh.

5. Minum susu hangat dan madu

Cara Menghilangkan Insomnia

Susu mengandung banyak triptofan, yang berubah menjadi hormon serotonin. Serotonin bertindak sebagai obat penenang alami dan membantu menginduksi tidur. Selain membuat susu hangat menjadi lebih nikmat, madu mampu membantu membawa serotonin ke otakmu dengan lebih cepat, mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan bagi kamu untuk masuk ke keadaan tidur optimal.

6. Ikut kelas Yoga

Cara Menghilangkan Insomnia

Salah satu penyebab terjadinya insomnia adalah karena level stress yang tinggi. Disinilah yoga bekerja dengan membantu mengurangi stress yang kamu miliki.

7. Ngemil almond dan pisang

Cara Menghilangkan Insomnia

Almond dan pisang mengandung banyak triptofan yang memengaruhi tidur serta magnesium. Kekurangan magnesium bisa menyebabkan masalah tidur, seperti halnya kalsium, yang dapat ditemukan pada almond dan juga susu. Pisang juga merupakan sumber potassium, yang terbukti sangat bermanfaat untuk relaksasi otot.

8.Berendam Air Hangat

Cara Menghilangkan Insomnia

Paparan air hangat bisa membuatmu merasa lebih mengantuk, sehingga membuatmu lebih mudah untuk tertidur dengan baik. Ini banyak berkaitan dengan sistem sirkadian tubuhmu, yang sangat sensitif terhadap suhu tubuh.

9.Mengkonsumsi ENBEPE NASA

Cara Menghilangkan Insomnia

EMBEPE merupkan produk yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan, menjaga kesehatan otak dan saraf, dan membantu menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan otak dan saraf. ENBEPE bekerja dengan cara meningkatkan aktifitas enzim untuk memperbaiki kerusakan pada sistem syaraf pusat, sehingga dapat menjaga stamina tubuh, menurunkan gejala stres dan depresi. ENBEPE  juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel otak dari serangan racun dan radikal bebas.

Manfaat ENBEPE

  • Membantu memperbaiki dan menjaga membrane sel saraf otak manusia
  • Memicu dan meningkatkan kemampuan berfikir seseorang
  • Memperkuat daya ingat dan konsentrasi belajar
  • Memperlancar aliran darah pada pembuluh darah otak
  • Memberi efek relaksasi pada sistem saraf yang overaktif
  • Menjaga stamina tubuh
  • Menurunkan tingkat gejala stress dan depresi

Aturan Mengkonsumsi ENBEPE

  • Dewasa: 2x sehari 1 kapsul
  • Anak- anak: 2x sehari 1 kapsul
  • Untuk masa penyembuhan: 3x sehari 1 kapsul

10.Mengkonsumsi Hu Whang Tea NASA

Cara Menghilangkan Insomnia

Hu Whang Tea berasal dari teh gunung pilihan yang dipadu dengan rempah jawa yang memiliki aroma dan kandungan flavonoid yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain flavonoid, dalam setiap seduhan Hu Whang Tea juga terdapat kandungan lain yang dapat menjaga kesehatan tubuh seperti katein, thearubigin, theflavin, dan tanin. Sedangkan lebih dari separuh kandungan yang terdapat dalam Hu Whang Tea adalah epigalokatein dan epikatein galat yang berfungsi sebagai antioksidan dan Vitamin C. Kedua senyawa tersebut juga telah terbukti mampu untuk menurunkan kolesterol dan mempercepat pembuangan kolesterol dari tubuh kita.

Manfaat Hu Whang Tea

  • Untuk kebugaran tubuh
  • Berguna untuk memulihkan tenaga dan stamina tubuh
  • Untuk menurunkan hipertensi dan kolesterol
  • Sebagai gurah alami
  • Dapat memperlancar pencernaan, mengeluarkan gas dalam usus dan perut (kembung)
  • Mempertinggi daya tahan tubuh
  • Dapat membantu melancarkan sirkulasi darah
  • Membantu fungsi ginjal
  • Dapat membantu membunuh bakteri disentri
  • Membantu melarutkan lemak
  • Membantu mengurangi stress
  • Dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke
  • Mencegah bau nafas tak sedap

Cara Mengkonsumsi Hu Whang Tea

  • Ambil 1 sachet Hu Whang Tea dan seduh air panas 20 cc
  • Tutup rapat dan diamkan selama 6 – 10 menit
  • Tambahkan air hangat 300 cc  lalu saring dan Hu Whang Tea siap untuk diminum
  • Cukup ekonomis karena bisa digunakan sampai seduhan ke-3
  • Bisa dinikmati pada pagi dan malam bersama keluarga tercinta atau saat kedatangan tamu atau kapan saja sesuai selera dan suasana Anda

Itulah beberapa tips yang bisa  dicoba untuk mengobati Insomnia Anda. Laakukanlah tips tersebut secara teratur agar mrnghasilkan efek yang maksimal. Pastikan Anda membeli produk NASA di agen resmi. Kami adalah salah satu agen resmi NASA. Untuk pemesanan hubungi Kami sekarang juga!!