Tips Mengatasi Kulit Berminyak Menggunakan Masker Alami Dengan Mudah dan Cepat

posted in: Pengobatan | 0

Tips Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Masker Alami. Kulit wajah yang berminyak sering menjadi gangguan kulit yang dialami oleh beberapa orang. Tampilan kulit yang karena minyak tentu bukanlah pemandangan yang indah untuk dilihat. Apalagi jika ada jerawat yang menghiasinya. Sebab munculnya jerawat seringkali jadi pasangan dari kulit berminyak.

Penyebab Kulit Berminyak

1. Fluktuasi Hormon

Hal pertama yang bisa memicu kulit kita berminyak adalah kelebihan hormon dihydrotestosterone (DHT) yang bisa menyebabkan kelenjar sebasea memproduksi sebum. Kulit yang gampang berminyak juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Pada wanita, saat premenopause dan selama hamil, kulit wajahnya bisa lebih gampang berminyak dari biasanya.

2. Faktor Lingkungan

Perubahan di lingkungan juga bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Saat cuaca sedang lembap, bisa membuat kulit gampang berkeringat dan berminyak sehingga kita harus lebih rutin lagi membersihkan wajah dan menggunakan produk untuk mengatasi minyak berlebih.

3. Penggunaan produk kosmetik yang berlebihan

Terlalu sering melakukan eksfoliasi, mencuci wajah, dan scrubbing bisa merusak kulit. Penggunaan produk kosmetik atau makeup yang berlebihan juga bisa menyebabkan kulit jadi lebih gampang berminyak.

4. Stres

Saat stres bukan cuma kondisi tubuh saja yang akan terganggu, kulit pun ikut bermasalah. Ketika sedang stres, kulit akan memproduksi kelebihan hormon androgen yang dapat menyebabkan kulit berminyak. Jadi menjaga kesehatan mental dan pikiran juga sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu.

5. Pola Makan

Kurangi konsumsi makanan berminyak dan pedas, makanan cepat saji, produk olahan, dan produk yang berpemanis agar kulit tidak gampang berminyak. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi buah-buahan seperti mentimun, jeruk, dan alpukat serta aneka sayur dan ikan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. 

Kelebihan Dari Kulit Berminyak

1.Pencerah alami

Apabila kamu termasuk remaja dengan wajah berminyak, kamu bisa sedikit berbangga diri karena kulitmu cenderung terlihat lebih cerah. Minyak yang diproduksi oleh kulit wajah membuat mukamu terlihat lebih berseri secara alami.

2.Pelindung dari paparan sinar matahari

Sebetulnya, penggunaan tabir surya atau sunblock sebelum beraktivitas di luar, sangat disarankan untuk mencegah adanya gangguan kulit akibat paparan sinar UV. Nah, beruntunglah kamu pemilik wajah berminyak! Sebum yang dihasilkan oleh kulit, dapat membantu melindungi tubuh yang berfungsi seperti SPF

3.Antioksidan alami

Sebum mengandung vitamin E atau antioksidan untuk melindungi kulitmu dari radikal bebas akibat polusi udara. Nah, supaya tubuhmu bisa memproduksi antioksidan dengan lebih maksimal, kamu perlu menjaga pola hidup yang sehat dan seimbang sebagai salah satu cara merawat kulit wajah.

4.Melembapkan secara alami

Produksi minyak pada wajah ternyata dapat melembapkan kulit secara alami melalui penguapan keringat dan membuat kulit tak kering.

5.Memperlambat penuaan dini

Sebum dapat mencegah peradangan pada kulit yang menyebabkan kerut, garis halus, serta jerawat sehingga kulit tampak kencang dan muda.

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

 1.Jeruk nipis dan putih telur

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Sedangkan putih telur dapat mengenyalkan wajah Anda serta untuk mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami ini mudah saja. Putih telur digunakan sebagai masker yang sebelumnya dicampur dengan air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dan memaksimalkan manfaatnya.

2.Lemon

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C berikut adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah Anda, maka minyak di wajah akan berkurang.

3.Apel

Tips Mengatasi Kulit Berminyak Dengan Masker Alami

Anti-septik dalam apel berguna agar sel kulit mati terkelupas sehingga minyak yang menumpuk pada wajah akan hilang atau berkurang. Caranya adalah dengan memarut halus apel lalu gunakan sebagai masker pada wajah.

4.Avokad

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Avokad bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena avokad banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal.

5.Pisang

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif sebagai cara menghilangkan minyak di wajah secara alami. Caranya yaitu dengan menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 1 sdm madu. Campur hingga rata lalu oleskan pada wajah.

6.Mentimun

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata. Gunakan mentimun sebagai masker alami untuk membasmi minyak di kulit.

7.Tomat

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Senyawa anti-oksidan yaitu lycopene ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah, berseri, dan tidak berminyak. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

8.Bengkoang

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Namun tidak hanya berguna sebagai pemutih, bengkoang juga merupakan cara efektif untuk menghilangkan minyak di wajah. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting bagi kesegaran wajah.Caranya mudah saja. Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami

9.Almond

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Selain bekerja untuk mengelupas sel kulit mati, almond juga bekerja untuk mengurangi minyak berlebih terutama pada wajah Anda. Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji almond kemudian tambahkan 2 sendok teh madu lalu oleskan merata pada wajah.

10.Susu

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Dalam wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal dan tidak berkerut. Nah, susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap namun tidak tampak berminyak.

11.Yogurt

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Tentu Anda tahu bahwa yogurt merupakan produk olahan susu. Oleh karena itu, tentu saja yogurt mengandung kalsium dan zinc. Kalsium berperan penting untuk mencegah kulit kering dan dehidrasi sedangkan zinc berperan untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah. Begitu pula dengan vitamin B kompleks yang dapat menyehatkan wajah Anda dan membuatnya bersinar alami.

12.Oatmeal

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Oatmeal kaya akan antioksidan yang penting untuk menjaga wajah dari radikal bebas yang memberikan dampak bagi kesehatan internal maupun eksternal bagi kulit. Buat oatmeal jadi bubur lalu jadikan lulur. Anda bisa menambahkan madu juga.

13.Madu

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Pelembap alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan antioksidan. Anda cukup mengambil 1 sdm madu lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

14.Cuka apel

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Cuka apel memang asam, namun justru asam ini dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Cuka apel berfungsi sebagai toner alami bagi kulit wajah Anda. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sdm cuka apel dengan segelas air lalu celupkan kapas dan oleskan pada wajah Anda.

15.Baking soda

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Baking soda berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, mengatur produksi minyak di kulit, dan membantu menjaga kadar pH kulit. Buat pasta dengan menggunakan baking soda lalu oleskan pada wajah secara merata.

16.Lidah buaya

Masker Alami Untuk Wajah Berminyak

Zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap yakni aloesin ada dalam lidah buaya. Itulah sebabnya mengapa banyak jenis produk pencerah wajah yang memasukkan lidah buaya dalam komposisinya. Selain mencerahkan, lidah buaya juga akan menyerap minyak berlebih pada wajah dan mengecilkan pori-pori wajah sehingga minyak tidak akan diproduksi secara berlebihan.

Adanya minyak di wajah sebenarnya merupakan hal yang normal sebab bisa menjaga kelembapan kulit. Minyak ini bisa menimbulkan masalah ketika produksinya berlebih. Oleh karena itu redakan dengan bahan alami di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *