Alasan Yoga Sebagai Olahraga Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

posted in: Blog | 0

Alasan Yoga Sebagai Olahraga Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh. Yoga adalah salah satu jenis olahraga terbaik untuk tubuh karena dapat mengilangkan stress setelah seharian beraktivitas. Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang focus pada kekuatan, fleksibilitas, dan pernapasan untuk meningkatkan kualitass mental dan fisik. Komponen utama yoga adalah postur tubuh dan pernapasan.

Alasan Yoga Sebagai Olahraga Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Jenis- Jenis Yoga

1.Yoga Prenatal

Yoga ini dilakukan dimasa- massa ssebelum melahirkan. Dalam menghadapi proses melahirkan tentu si Ibu harus memiliki kondisi pikiran yang tenang, postur tubuh yang baik, dan kondisi kesehatan yang baik. Haal ini bisa ditunjang dengan melakukan yoga prenatal secara rutin.

2.Yoga Power

Dinamakan yoga power karena memerlukan tenaga yang lebih untuk melakukan jenis yoga yang satu ini. Jenis yoga ini sering dilakukan oleh para laki- laki yang ingin terlihat lebih jantan. Yoga ini berpusat untuk menguatkan otpt- otot pada tubuh sehingga hasilnya akan terbentuk dan terlihat.

3.Yoga Restoratif

Jenis yoga ini bertujuan untuk mengembalikan ketenangan alamiah. Yoga ini memiliki kemampuan menenangkan lebih tinggi dari pada tidur siang. Jenis yoga ini sering dilakukan oleh orang- orang pasca trauma ataupun cedera. Seseorang yang mengalami stress setelah melakukan aktivitas sehari- hari juga cocok untuk melakukan yoga jenis ini.

4.Yoga Vinyasa

Yoga vinyasa sangat poopuler dikalangan orang yang sering melakukan yoga. Jenis yoga ini berpusat untuk melatih pernapasan. Yoga ini sangat cocok untuk pemula. Yoga vinyasa diketahui memiliki kemampuan yang baik untuk menguatkan beberapa organ inti tubuh. Pada gerakan penutup terdapat jenis gerakan yang disebut savasana. Jenis gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, dan memberikan ketengan.

5.Yoga Yin

Jenis yoga ini berpusat pada ketenangan sehingga mirip dengan yoga restoratif. Gerakan dalam yoga yin memang sangat mudah dan hanya satu posisi namun dilakukan dalam waktu lama. Yoga yin memiliki tujuan memberikan pemanasan pada tulang dan sendi serta beberapa lapisan tubuh lainnya.

6.Yoga Anusara

Jenis yoga ini membutuhkan beberapa property seperti tali yoga, balok yoga, bantal yoga, dan selimut yoga. Hal ini bertujuan agar membuat gerakan yang lebih variatif. Jenis yoga ini berfokus pada gerakan yoga agar bisa menahan dalam waktu lama.

7.Yoga Kripalu

Jenis yoga kripalu adaalah jenis yoga yang menyatu pada alam. Yoga kripalu berusaha memanfaatkan pemberdayaan diri dan tubuh dengan maksimal. Terdapat 3 jenis bagian yoga kripalu.

8.Yoga Kundalini

Jenis yoga ini tidak hanya melatih fisik tetapi juga melatih spiritual. Yoga kundalini mengkombinasikan antara gerak fisik dan gerak diri. Jenis yoga ini sangat baaik dalam hal fisik sekaligus spiritual. Yoga ini sangat disarankan bagi Ana yang ingin memiliki ketenangan diri.

9.Yoga Hatha

Jenis yoga ini cocok untuk pemula yang masih memiliki tubuh kaku. Jenis yoga ini berfokus pada memberikan pengetahuan tentang postur yang masih sulit untuk dilakukan sebb Anda mash pemula.

10.Yoga Ashtanga

Yoga ini hamper mirip dengan yoga vinyasa. Yoga vinyasa adalah jenis yoga yang paling populer. Jenis yoga ashtanga berfokus pada melatih pernapasan. Yoga astanga memiliki manfaat untuk menguatkan beberapa organ inti tubuh. Paada gerakan penutup terdapat gerakan relaksasi yang bermanfaat untuk peredaran darah dan memberikan ketenangan.

Manfaat Yoga

1.Menigkatkan kesabaran dan fokus

Yoga mengandalkann pernapasan sehingga memberikan efek yang baik bagi ketenangan dan kesabaran Anda. Jika ssedang merasa jenuh coba melakukan beberapa gerakan yoga dan meditasi agar bisa mengurangi rasa penat.

2.Menangkan pikiran

Salah satu kenikmatan yang dirasakan saat yoga adalah perassaan tenang yang bisa Anda rasakan saat melakukan meditasi. Yoga biasanya dilakukan dengan ditemani musik yang menenangkan sehingga dapat membuat hati merasa tenang.

3.Meningkatkan kualias tidur

Jika Anda memiliki perasaan yang tenang maka akan berdampak baik pada kualitas tidur Anda.

4.Mengatasi sakit punggung

Yoga adalah salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki keluhan sakit pada area pinggang. Hal ini dikarenakan gerakan pada yoga dapat membantu melenturkan tubuh.

5.Mencegah penuaan dini

Yoga dan meditasi dapat dikaitkan dengan perubahan sel yang mempengaruhi proses penuaan. Dengan melakukan yoga secara rutin, Anda akan terhidar dari massalah penuaan dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *