Sering Sakit Kepala Saat Bangun Tidur? Yuk Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya

posted in: Blog, Pengobatan | 0

Apakah Anda sering mengalami sakit kepala atau pusing saat bangun tidur? Jika iya, Yuk simak penyelasan mengenai kemungkinan penyebab dan cara mengatasi sakit kepala saat bangun tidur.

Bukan menjadi lebih segar dan bersemangat, Anda mungkin perlu mengeluh pusing maupun sakit kepala saar bangun tidur, atau bahkan merasa goyah hingga terjatuh saat ingin beranjak dari tempat tidur. Meskipun tidak berbahaya, pusing atau sakit kepala saat bangun tidur cukup menganggu aktifitas Anda setiap hari.

Keluhan pusing saat baru bangun tidur memang sering muncul  secara tiba-tiba maupun perlahan. Gelaja yang terjadi juga sangat beragam dengan rasa pusing yang singkat dan mereda hanya dengan waktu yang singkat, hingga rasa pusing yang berlangsung hinga beberapa jam dan membuat pendertitanya sulit untuk beraktifitas.

Lalu, apa penyebab yang sakit kepala yang terasa sakit? Bisakah kondisi ini diatasi? Ada beberapa penyebab rasa pusing atau sakit kepala saat bangun tidur, mulai dari dari gangguan tidur, dehidrasi, hingga kesehatan tertentu.

Beberapa Faktor Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Sakit kepala saat bangun tidur bisa di sebabkan oleh perubahan posisi dari berbaring tiduran semalaman, menjadi duduk atau langsung berdiri yang dilakukan secara tiba-tiba.  Hal inilah yang menyebabkan cairan di telinga dalam bergeser dan menyebabkan rasa pusing itu muncul. Kondisi ini terjadi ketika Anda akibat dibangunkan oleh suara alarm atau ketukan di pintu.

Pusing saat bangun tidur jugabisa disebabakna oleh kondisi kesehatan lainnya, antara lain seperti:

  1. Dehidrasi

Salah satu penyebab utama pusing atau sakit kepala saat bangun tidur yaitu kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Bangun tidur pusing juga bisa menjadi gejala hangover setelah banyak minuman beralkohol. Mengonsumsi alkhohol sebelum tidur dapat menyebabkan kekurangan cairan. Namun, jika Anda tidak mengonsumsi alkohol tapi masih merasakan pusing saat bangun tidur, Anda juga bisa terkena dehidrasi, hal ini karena pengaruh tempat kerja yang panas dan tidak mencukupi air selama beraktifitas seharian.

2. Gula Darah Rendah

Selanjutnya faktor yang mempengaruhi sakit kepala saat sakit kepala yaitu rendahnya gula darah. Terlebuh untuk Anda yang menderita diabetes dan mengunakan insulin, hal tersebut menjadi penyebab pusing saat bangun tidur. Apabila Anda Anda sering mengalami sakit kepala saat bangun tidur yang disertai dengan rasa lelah dan lesu, ada baik nya untuk Anda segera Anda konsultasikan dengan dokter. Hal ini untuk menghindari gejala hipoglikemia.

3. Gangguan Tidur

Sleep apnea atau ganggua tidur menjadi penyebab sakit kepala saat bangun tidur berikutnya. Sleep apnea menjadi gangguan yang menyebabkan orang yang menderita mengalami napas berhenti beberapa menit saat tertidur. Gejala Sleep apnea seperti mendengkur keras, berhenti bernapas sementara waktu saat tidur, terbangun tengah malam, hingga sering buang air kecil saat malam hari.

4. Insomnia

Sulit tidur pada malam hari atau insomnia menyebabkan bangun tidur mengalami sakit kepala. Ketika Anda mengalami insomnia , kualitas dan jam tidur akan berkurang, hal inilah yang menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur.

5. Depresi

Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association menyebutkan bahwa salah satu faktor penyebab sering sakit kepala saat bangun tidur berkaitan dengan depresi. Saat depresi, beberapa orang mungkin cenderung memilih untuk mengalihkan perhatian dengan cara tidur. Namun, tidak selamanya tidur dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Kondisi kesehatan mental, termasuk stres dan depresi, dapat menurunkan kualitas tidur  sehingga berisiko menyebabkan bangun tidur sakit kepala.

Cara Mengatasi Pusing Saat Bangun Tidur

Hal utama yang bisa kita lakukan guna mengatasi pusing saat bangun tidur adalah dengan memastikan kecukupan cairan dalam tubuh selama beraktivitas di siang hari. Bahkan, jika tidak merasa haus, tubuh tetap berisiko mengalami dehidrasi. Terutama apabila kita aktif bekerja dengan mengutamakan fisik, bekerja di luar ruangan, atau melakukan olahraga yang cukup intens.

Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dapat mencegah dehidrasi yang menjadi penyebab bangun tidur pusing. Penting untuk minum cairan sebanyak delapan gelas per hari, terutama bagi mereka yang aktif, mudah berkeringat, atau sedang hamil.

Namun, jangan minum sembarang air. Hindari menenggak minuman beralkohol, utamanya sebelum tidur, serta minumlah segelas air saat sebelum dan setelah bangun tidur.

Anda pun dapat menyimpan gelas atau botol berisi air mineral di sisi tempat tidur untuk membantu mencegah dehidrasi di malam dan pagi hari.

Selain itu, kita dapat mencegah kondisi sakit kepala saat bangun tidur dengan cara-cara berikut ini:

  • Cukupi kebutuhan waktu tidur, yakni sekitar 7-8 jam lamanya, untuk orang dewasa
  • Usahakan agar konsisten dan bangun di pagi hari di jam yang sama.
  • Tidur dengan kondisi lingkungan yang mendukung atau kondusif.

Pusing saat bangun tidur memang bukan suatu kondisi yang perlu dikhawatirkan. Jika  mengalaminya, cobalah untuk mengatasi dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas. Namun jika Anda sudah mencoba hal-hal yang sudah di jelaskan di atas namun blum membuahkan hasil, Anda bisa mencoba paket vertigo nasa yang terdiri dari natural lecithin dan enbepe.

Paket herbal yang diproduksi oleh PT NATURAL NUSANTARA (NASA) yang terbuat dari bahan-bahan alami dan telah memiliki izin edar dari BPOM sehingga aman untuk digunakan dan tidak akan menimbulkan efek samping.

Produk ini berupa Natural Lecithin dan ENBEPE. Produk ini memiliki peran masing-masing dalam mengatasi sakit kepala saat bangu tidur. Untuk produk NASA pastikan Anda membeli produk yang ASLI!! Kami adalah salah satu distributor resmi NASA yang menjual semua produk NASA 100% ASLI!! Untuk konsultasi dan pemesanan hubungi customer service Kami sekarang juga!!