Cara Melindungi Anak Bermain Di Luar Rumah Saat Pandemi

posted in: Blog | 0

Bermain di luar memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Namun saat si kecil sedang bermain, orang tua wajib untuk selalu mendampingi. Pada masa pandemi seperti sekarang ini, kita selalu dihimbau untuk selalu dirumah saja dan seraya mngikuti protokol kesehatan yang sudah diterapkan oleh pemerintah. Pada bukti bukti yang kasus virus corona yang ada, anak-anak tidak memiliki resiko tinggi oleh ganasnya virus korona, jika dibandingkan dengan orang dewasa.

Meskipun demikian, tidak berarti anak-anak tidak bisa terjangkit virus corona. Pada dasarnya anak anak juga memiliki gejala serupa dengan orang dewasa, namun umumnya anak-anak cenderung menunjukan gejala yang lebih ringan.

Peran orang tua sangat berpengaruh dalam mendampingi anak saat bermain di luar rumah. Selain orang tua, anak-anak juga membutuhkan dukungan system seperti masyarat untuk selalu bisa ikut perperan melindungi anakanak saat bermain sehingga si anak bisa merasa aman dan bebas bermain .

Pada data yang ada, vius corona yang menyerang anak-anak menimbulkan beberapa gelaja seperti demam, pilek serta batuk, ada juga dari sebagai anak yang mengalami muntah dan diare. Sebagai sarana pencegahan penyebaran virus covid -19 ini para orang tua wajib untuk mengajarkan anak-anak untuk menjaga kebersihan seperti yang dilakukan oleh orang dewasa.

Cara Pencegahan Virus Corona Pada Anak-anak

Berikut ini merupakan tujuh kebiasaan yang wajib orang tua ajarkan kepada anak untuk tetap sehat, anatra lain seperti:

  1. Cuci Tangan

Virus corona atau Covid 19 sudah melanda berbagai negara di belahan Dunia. Hingga sampai saat ini para tenaga medis belum menemukan vaksin yang efektif untuk mengobati penyakit ini. Sebagai sarana untuk pencegahan virus corona ini,  upaya yang harus di lakukan yaitu dengan mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Para orang tua wajib untuk memberikan pengarahan kepada buah hati untuk senantiasa membiasaan diri untuk mencuci tangan dengan sabun. Dengan memberikan pengarahan tersebut membuat anak paham dengan pentingnya kebersihan dan sebagai cara untuk memutus mata rantai kuman.

Untuk menarik perhatian anak, para bunda bisa memberikan kesan yang berbeda dengan menerapkan tujuh langkah cuci tangan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama, basahi telapak tangan dengan air
  2. Ratakan sabun dengan menggunakan dua telapak tangan
  3. Setelah rata, Gosok punggung dan sela sela jari tangan kanan dan sebaliknya
  4. Setelah itu gosok selasela jari
  5. Punggung jari tangan sebelah kanan di gosokan pada telapak tangan kiri dengan jari sisi dalam kedua tangan saling mencuci.
  6. Bunda juga memberikan pengarahan pada si kecil untuk membersihkan ibu jari tangan kiri di gosok memutar genggaman tangan kanan dan sebaliknya
  7. Cara yang terakhr, gosok ujung jari tangan kanan di telapak tangan kiri dan sebaliknya.

2. Hindari orang yang sedang sakit ( Batuk bersin)

Bunda juga diharuskan untuk menasehati si kecil untuk menghindari semua orang yang sakit, mesktipun hanya sakit ringan. Selain itum bunda juga memberikan etika ketika anak bersin atau batuk untuk menutup mulut dengan menggunakan sapu tangan, maupun siku.

3. Bersihkan setiap permukaan rumah

Hal yang ketiga ini yaitu para bunda untuk selalu membersihkan setiap rungan yang sering di sentuh setiap harinyaseperti pada bagian meja, kusri, senderan teras, sakelar lampu, gagang pintu, remote dan lain sebagainya.

4. Mencuci Barang-Barang Anak

Para bunda juga wajibuntuk memperhatikan kebersihan barang-barang milik si kecil seperti mainan si anak. Bunda bisa mencuci mainan sesuai dengan strandar dari bungkus yang tertera. Dan sebagai pengingat saja, sebaiknya untuk kondisi seperti ini, ada baiknya untuk para bunda untuk menghindari cuci barang laundry, bukan tanpa sebab, karena kemungkinan besar barang yang kita miliki akan di cuci secara bersama-sama dengan barang milik orang lain.

5. Praktekan Jaga Jarak

Sebagai cara untuk memperlambat penyebaran virus corona Bunda senantiasa untuk memberikan batasan kontak sebanyak mungkin. Di saat sekolah yang tidak ada, jika anak bermain di luar rumah upaya untuk selalu menjaga jarak dengan teman yang lain.

6. Batasi waktu dengan orang yang sudah lanjut usia

Jika di rumah ada anggota keluarga berisiko sangat tinggi mengalami kondisi parah akibat Covid-19, seperti kakek dan nenek yang berusia lanjut dan sudah mengidap penyakit tertentu, pertimbangkan tindakan pencegahan ekstra untuk memisahkan anak dari orang-orang tersebut. Tunda kunjungan atau perjalanan untuk melihat anggota keluarga dan kakek-nenek yang lebih tua. Untuk saat ini, terhubung secara virtual adalah yang terbaik.

7. Memakai Masker

Anak –anak dengan usia 2 tahun ke atas harus mengenakan masker wajah yang menutupi hidung dan mulut mereka saat pergi ke luar rumah. Ini adalah tindakan prosedur tambahan yang harus dilakukan semua orang untuk mengurangi penyebaran virus corona. Masker kain tidak dimaksudkan untuk melindungi pemakainya, tetapi dapat mencegah penyebaran virus dari pemakainya ke orang lain. Ini akan menjadi sangat penting jika seseorang terinfeksi tetapi tidak memiliki gejala. Sedangkan, masker medis dan respirator N-95 diperuntukkan bagi petugas kesehatan dan orang yang sakit.

Cara Mengatasi Anak Bosan Meski Di Rumah Aja

Adanya pandemi Virus Corona membuat anak tidak bebas pergi ke sekolah, belajar, atau pun bermain. Supaya si kecil tidak merasakan bosan meski diam dirumah saja, Bunda bisa memberikan aktifitas rutin setiap hari.

Menerapkan rutinitas harian untuk seperti seperti kapan waktunya bangun tidur, mandi, makan, istirahat adalah hal yang dinilai cukup penting. Dengan kegiatan ini juga membuat si kecil merasa di siplin akan waktu dan menerapkan rutinitas ini juga membuat akan tidak merasa bosan dalam melakukan aktivitas sehari-harinya di rumah.

Mendongeng dan membuat pertunjukan. Agar kemampuan kreativitas dan kemampuan linguistiknya bertambah, Para bunda bisa membacakan dongeng pada anak secara langsung. Selain  itu, jangan lupa mengajak anak untuk berekspresi dengan cara memintanya mendongeng ulang cerita yang telah Anda bacakan dengan gaya si kecil. Ajak si kecil untuk membuat pertunjukan seperti teater, menari, menyanyi di rumah agar ia tidak merasa bosan.

Melakukan percobaan sains. Selain mendongeng, para Bunda juga bisa menambah wawasan si kecil dengan melakukan percobaan sains. Aktivitas yang satu ini tak kalah seru, dengan melakukan kegiatan ini si kecil tidak hanya bisa bermain, namun sekaligus belajar dengan cara menyenangkan. Banyak percobaan yang tidak memerlukan bahan kimia apapun, misalnya membuat roket dari botol bekas dan minuman bersoda atau temukan beragam referensi lainnya di internet. Cukup mudah dan simple kan?

Nah itu lah cara cara untuk membuat anak tetap bahagia meski di rumah saja, semoga informasi di atas dapat bermanfaat, dan tetap melakukan protokol kesehatan agar kita dapat terhindar dari virus corona.