Asma Dapat Kambuh Karena Cuaca Panas, Ini Dia Penjelasannya

posted in: Pengobatan | 0

Apakah akhir akhir ini teman-teman merasakan cuaca panas pada siang hari khususnya? Mulai sekarang teman-teman wajib untuk lebih waspada dalam menghadapi cuaca panas maupun dingin. Karena hal ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit diantaranya seperti penyakit kronis seperti: asma, alergi kulit, rinitis alergika sinusitis dan lain sebagainya.

Penderita asma pada umumnya memiliki sensitivitas pernapasan yang berbeda dari orang kebanyakan. Saluran pernapasan akan mudah meradang ketika terpapar pemicu serangan atau (alergen). Sebagai sarana pencegahan agar penyakit asma tidak sering kambuh, bagi penderita asma wajib menghindari alergennya. Namun, selain itu faktor cuaca dingin dan panas juga harus diperhatikan karena dapat menyebabkan gangguan pernapasan atau asma.

Pada musim kemarau seperti sekarang ini, ada beberapa strategi yang wajib Anda terapkan sebagai pencegahan keparahan gejala asma dari berbagai kondisi.

Asma adalah penyakit yang terjadi karena kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Hal ini dapat terjadi ketika ada halangan dalam aliran udara di paru-paru. Ini membuat sulit bernapas dan menyebabkan batuk, mengi dan sesak nafas. Lalu, bagaimana cara mencegah serangan asma?

Berikut ini  adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah serangan asma.

Tips Mencegah Serangan Asma

Pernapasan memicu peradangan di saluran udara yang dapat menyebabkan serangan asma. Serangan-serangan ini adalah hasil dari peradangan saluran napas yang mengarah pada pembengkakan pada lapisan saluran udara, bronkospasme, dan sekresi lendir. Faktor-faktor ini menyebabkan saluran udara menjadi sempit dan membatasi aliran udara.

Pengobatan yang perlu diperlakukan dalam mengendalikan penyakit dengan mengidentifikasi dan membatasi paparan pemicu . Ini dia beebrapa hal yang perlu di lkukan untuk pncegahan serangan asma, antara lain:

  1. Mencegah Jamur

Lumut dan jamur merupakan elergen yang dapat meyebabkan gejala asma. Jamur akan mudah tumbuh pada tirai shower, cekungan, bak, ubin dan peralatan mandi lainnya.  Anda perlu menhindari tempat basah pada dapur, dan area kamar mandi, dan jangan lupa untuk selalu membersihkan area bawah di kamar dan area rumah lainnya. Jika Anda memiliki tanaman yang terletak di dalam rumah, Anda juga hanya perlu melakukan penyiraman yang sesuai untuk menghindari jamur tumbuh.

2. Hindari Kelembaban

Kualitas udara penting untuk mencegah serangan asma. Kualitas udara yang sangat panas, buruk dan cuaca yang lembab dapat memicu gejala bagi banyak orang. Ini bisa menambah buruk kondisi, jadi Anda harus menggunakan AC untuk menurunkan kelembaban dalam ruangan. Anda juga dapat menutup jendela dan menghindari hidup di iklim lembab. Jika gejala asma lebih buruk, Anda bisa pindah ke lokasi di mana Anda dapat menikmati udara segar.

3. Merokok

Asap dapat mengiritasi paru-paru Anda, terutama ketika Anda adalah seorang penderita asma. Asap dapat memicu serangan asma dan Anda harus menghindari orang-orang di dekatnya yang merokok secara teratur.

Asap menyebabkan batuk dan mengi yang menjadi lebih buruk. Pastikan Anda tidak mengizinkan orang lain merokok di dekat Anda, hindari tempat-tempat umum yang memungkinkan merokok, juga dapur Anda harus memiliki kipas angin yang dapat menghilangkan asap saat Anda memasak.

4. Debu

Debu adalah salah satu pemicu asma yang paling umum karena mengandung partikel kecil serbuk sari, serat dari pakaian, jamur dan deterjen. Tungau debu adalah alergen lain yang menyebabkan asma, yang hidup di atas bantal, kasur, perabotan, dan lainnya.

Bersihkan karpet dan tirai berat di kamar tidur Anda, bersihkan semua perlengkapan tidur di air panas, bersihkan rumah Anda dua kali seminggu untuk mencegah serangan asma.

5. Hindari Stres

Ketika orang sedang stres, napas mereka menjadi cepat. Hal ini menyebabkan pembatasan pada saluran udara dan dapat menyebabkan serangan asma. Stres dapat melemahkan sistem kekebalan Anda, membuat Anda rentan terhadap serangan asma. Penting bahwa Anda berlatih latihan pernapasan untuk menenangkan diri, melakukan meditasi dan yoga setiap hari, bersenang-senang dengan keluarga dan teman-teman Anda untuk menghindari stres.

6. Hewan peliharaan

Hewan peliharaan bisa memicu serangan asma. Apa kamu tau bagaimana caranya? Karena rambut, bulu, bulu dan air liur mereka adalah penyebab asma yang umum. Sangat penting bahwa Anda menjaga hewan peliharaan jauh dari kamar tidur Anda, tidak membiarkan hewan peliharaan di perabotan adalah beberapa tips yang dapat Anda cegah serangan asma.

Saat ini sudah banyak sekali penderita asma, yang ironis nya terjadi lebih banyak pada anak-anak dibandingkan orang dewasa, khususnya di Negara berkembang. Meskipun banyak Dokter spesialis yang mengatakan bahwa asma tidak bisa disembuhkan, namun penyakit ini bisa dikendalikan. Asal anda bisa turut serta menjaga dan mencegah timbulnya kembali serangan.

Para dokter spesialis dan peneliti mengatakan bahwa penyakit asma tidak bisa disembuhkan, namun ada pengobatan yang bisa mengurangi gejala timbulnya asma dan bisa mendapatkan kulaitas hidup yang lebih baik lagi. Bisa dimulai dengan cara penggunaan obat sampai perubahan gaya hidup.

Dan untuk pengobatan bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat herbal yang mampu dalam meringankan dan menyembuhkan penyakit asma. Berikut ini ada paket obat herbal untuk penderita ASMA dari NASA yang terdiri dari lecithin, hu whang tea, radik, dan propolis.

Produk NASA merupakan produk herbal nusantara yang terbuat dari bahan alami pilihan sehingga aman untuk di konsumsi dengan jangka panjang. Bagi Anda yang ingin mendapatkan paket asma dari nasa Anda bisa hubungi customer service kami sekarang juga .