Suka Main Gadget? Ini Dia Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tidak Rusak

posted in: Blog | 0

Apakah Anda merasa tidak bisa lepas dari gadget? Seperti yang telah kita ketahui perkembangan teknologi komunikasi dan elektronik semakin canggih dan berkembang melesat dengan pesatnya dengan tujuan agar memudahkan aktivitas manusia dalam berkomunikasi, berbagai informasi dan mencari informasi, melakukan transaksi, mengirim berkas, bermain games dan lain sebagainya.

Selama pandemi COVID-19 yang disebabkan oleh virus corona telah memberikan perubahan besar terhadap aktivitas manusia, termasuk rutinitas yang dilakukan keluarga. Anak-anak terpaksa harus belajar di rumah karena sekolah ditutup. Akibat penerapan physical distancing ini, anak-anak juga tidak dianjurkan untuk bermain dengan teman-temannya di luar rumah.

Hal ini juga tentu membuat seluruh anggota keluarga kini lebih banyak menghabiskan waktu di depan gadget, baik itu televisi, smartphone, tablet, laptop atau video games. Penggunaan gadget ini bisa lebih lama dari biasanya, atau melebihi batas yang disarankan satu jam per hari untuk anak-anak usia dua hingga lima tahun. Lantas, apakah orangtua tetap harus membatasi penggunaan gadget pada anak selama pandemi? Atau, apakah gadget memiliki manfaat selama penerapan physical distancing?

Perlu diketahui, para orang tua wajib untuk selalu ikut berperan dalam hal ini. Terlalu lama menatap layar gadget dapat memicu gangguan mata Anda lho. Dengan penggunaan atau menatap layar terlalu lama bisa menyebabkan beberapa hal seperti mata kering, tidak nyaman, pegal, dan penglihatan kabur.

Namun dalam hal lain gadget dapat digunakan untuk berbagai hal yang bermanfaat seperti:

  • Untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.
  • Untuk mengakses sebuah informasi melalui media sosial ataupun situs-situs berita yang tersedia.
  • Untuk metode pelajaran bagi semua kalangan (orang tua, remaja dan anak-anak) karena memiliki akses yang luas dengan berbagai media interaktif.
  • Untuk mempermudah seseorang melakukan pekerjaan dalam bidang komputerisasi, software, design, administrasi dan pekerjaan lainnya yang menggunakan teknologi dan aplikasi dari perangkat gadget.
  • Untuk menghasilkan uang, dengan cara berbisnis online dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang tidak ingin merasakan gangguan pada mata Anda krean terlalu sering menatap layar gedget Anda Anda menerapkan beberapa tips berikut ini sebagai upaya terhindar masalah pada mata Anda.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Anda sering menatap layar laptop selama berjam-jam? Atau sering memakai gadget di ruangan yang gelap? Jika iya, hati-hati! Dua kegiatan tersebut bisa memicu stres mata yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman ketika melihat.

Bukan hanya pikiran, indra penglihatan juga bisa mengalami stres bila diberikan beban berlebih. Kondisi yang dikenal sebagai stres mata ini, terjadi ketika mata menjadi tegang dan lelah akibat melihat atau menatap sesuatu dalam waktu yang terlalu lama.

Gawai selalu dikaitkan dengan gangguan pada mata, yang diakibatkan oleh paparan radiasi dari layar.  Radiasi cahaya yang memang terbukti memberikan pengaruh terhadap gangguan pada mata adalah sinar ultraviolet dari matahari. Lama (menatap layar radiasi) itu lebih dari satu jam, trauma karena gadget itu belum ada evidence-based nya tapi kalau radiasi dan sinar UV memang ada.

Untuk Anda yang tidak ingin memiliki gangguan pada mata Anda, Anda bisa melakukan tips berikut sebagai pencegahannnya.

Istirahat

Bagi Anda yang memiliki kegiatan full di depan komputer, handphone sangat dianjurkan untuk selalu memberikan jeda atau bahkan waktu  istirahat setelah menatap layar gawai ataupun komputer. Anda wajib memberikan jeda atau istirahat minimal satu jam, dan usahakan untuk dapat mengistirahatkan mata setidaknya 10-15 menit, dengan tidak lagi menatap layar komputer ataupun ponsel Anda.

Melihat Jauh

Jeda atau mengistirahatkan mata dari layar gawai juga bisa Anda lakukan dengan melihat ke arah jauh. Setidaknya, memandang sesuatu yang jauhnya minimal enam meter. “Sesekali coba melihat jauh, bagus juga kalau melihat yang hijau-hijau. Perlu Anda ketahui paling baik beraktivitas di luar ruangan karena selain udara yang baik untuk pernapasan, mata juga bisa istirahat dengan baik dan segar kembali.

Gunakan fitur layar

Tambahkan filter pada layar laptop atau komputer, agar mata tidak terlalu lama terpapar sinar biru yang bisa menyebabkan stres mata.

Atur Pencahayaan

Jika cahaya layar laptop, komputer, atau gadget jauh lebih terang dibandingkan cahaya di ruangan, maka mata akan bekerja lebih keras untuk melihat. Oleh karena itu, pastikan ruang kerja atau kamar Anda memiliki pencahayaan yang cukup untuk beraktivitas, tidak terlalu terang atau gelap.

Itulah tips untuk membantu mengurangi masalah pada Anda yang disebabkan oleh gedget Anda. Semoga bermanfaat.