Sering Disepelekan, Ini Dia Penyebab Flek Hitam Muncul

posted in: Blog, kecantikan | 0

Seiring bertambahnya usia seseorang menjadikan kulit tidak bisa lagi memproduksi sel-sel kulit baru seperti ketika masih muda. Permasalahan yang kerap mengganggu, dan yang sering dirisaukan oleh sebagian besar wanita adalah noda atau flek hitam. Flek hitam biasanya mulai muncul atau dirasakan oleh sebagian besar wanita di usia 30 tahun ke atas. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu penampilan bagi siapa pun yang mengalaminya. 

Ada banyak faktor penyebab munculnya flek hitam selain faktor usia, aktivitas yang banyak di luar rumah juga dimungkinkan dapat memicu timbulnya flek hitam di wajah.  Ketika wajah terpapar sinar ultraviolet secara langsung maka dapat menyebabkan flek hitam bahkan sampai masalah kesehatan yang lebih berbahaya seperti kanker kulit. 

Freckles atau yang sering disebut dengan Flek hitam. Padahal, flek hitam hanyalah salah satu jenis freckles. Jenis lain dari freckles yaitu lentigo. Salah satu jenis lentigo, yaitu solar lentigo yang sering muncul pada usia tua dan penyebab utamanya adalah paparan sinar matahari.

Penyebab Flek Hitam

Flek hitam dapet muncul dikarenakan peningkatan produksi melanin di kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet. Melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak kandungan melanin pada kulit, maka semakin gelap kulit orang tersebut.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya flek hitam, yaitu:

  • Sering terpapar sinar matahari atau terpapar dalam waktu yang lama
  • Memiliki kulit putih atau cerah
  • Faktor genetik, atau memiliki keluarga yang juga mengalami kondisi

Gejala Flek Hitam

Flek hitam bukan suatu kondisi yang menimbulkan gejala tertentu. Meskipun demikian, kondisi ini memiliki karakteristik khas dari segi warna, bentuk, lokasi, dan pemicunya. Berikut adalah penjelasannya:

  • Warna

Flek hitam umumnya tidak berwarna hitam, tetapi kemerahan atau kecokelatan dan lebih gelap dibanding area kulit sekitarnya.

  • Bentuk

Flek hitam tampak seperti bercak atau titik-titik noda kecil (berukuran sekitar 1 mm) dan datar (tidak menonjol) yang menyebar di permukaan kulit.

  • Lokasi

Flek hitam biasa muncul di wajah dan umumnya menyebar dari tulang hidung ke pipi. Flek hitam juga biasa muncul di leher, dada, dan lengan.

  • Pemicu

Flek hitam biasa muncul setelah terpapar sinar matahari, seperti pada musim panas dan akan menghilang bila tidak terpapar sinar matahari.

Flek hitam umumnya pertama kali muncul pada masa kanak-kanak dan menghilang seiring pertambahan usia. Flek ini pun umumnya tidak menimbulkan rasa sakit dan umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Kini ada kabar untuk Anda karena flek di kulit ini bisa dicegah dengan cara mengubah pola makan Anda.

Makanan Yang Bisa Mencegah Flek Di Kulit

Untuk Anda yang ingin mencegah datangnya flek hitam di wajah cantik Anda, Anda bisa melakukan dengan pencegahan dengan mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat.

  1. Makanan kaya antioksidan

Flek hitam di kulit juga bisa muncul akibat molekul radikal bebas yang menyerang sel-sel kulit. Sebagai solusi makanan yang kaya antioksidan, contohnya buah-buahan dan kacang-kacangan, dapat menetralisir efek buruk radikal bebas ini, dan mengubah penampakan kulit.

Vitamin, mineral, dan nutrisi dari makanan yang bisa mencegah dan menghilangkan flek di kulit antara lain adalah vitamin E, vitamin C, selenium, kromium, zinc, glutathione, kalsium, dan vitamin D. Tapi ingat, sebaiknya dapatkan nutrisi ini dari makanan dan bukan dari suplemen, kecuali direkomendasikan dokter.

2. Tuna

Apakah Anda suka mengonsumsi ikan tuna? Ikan tuna merupakan ikan yang memiliki banyak nutrisi termasuk piridoksin, kalium, niacin, magnesium, kalium, dan selenium, yang dapat mencegah dan memperbaiki flek kecokelatan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

3. Buah buah yang memiliki banyak vitamin C

Buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, nanas, bisa mencegah radikal bebas merusak sel kulit yang akibatnya memunculkan flek kecokelatan pada kulit. Vitamin C juga penting untuk memperbaiki jaringan kulit dan melawan kanker kulit.

4. Sayuran mentah

Sayuran mengandung banyak nutrisi, terutama serat, vitamin C, dan vitamin B, yang penting untuk kesehatan kulit. Lebih sehat lagi bila Anda mengonsumsi sayuran dalam keadaan mentah, karena ini dapat membersihkan racun dari tubuh yang jadi penyebab pembentukan flek pada kulit.

Makanan yang perlu dihindari

Setelah mengetahui makanan yang perlu Anda konsumsi untuk mencegah terserang flek hitam, Anda juga perlu menghindari makanan berikut ini. Mengonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi dapat memicu munculnya flek pada kulit. Jika Anda sudah memiliki banyak flek kecokelatan di kulit, Anda harus menghindari alkohol dan mengurangi kafein, makanan manis, gorengan,  serta makanan yang mengandung banyak lemak.

Mengatur pola makan dapat membantu mencegah flek di kulit jadi makin banyak, dan menyamarkan penampakan flek yang sudah Anda. Namun jika masalah flek Anda cukup parah, Anda mungkin perlu konsultasi dengan dermatologis untuk mencari solusi dan perawatan medis yang lebih efektif.

Solusi Flek Hitam Alami

Cara menghilangkan flek hitam yang pertama adalah dengan menggunakan Moreskin Clean and Glow Cream juga merupakan booster yang diformulasikan khusus untuk melindungi dan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Selain itu, cream ini juga dapat membantu mempercepat proses peremajaan kulit, sehingga Anda bisa memiliki kulit yang terlihat bersih, kencang hingga bercahaya dengan cepat dan permanen.

Moreskin Clean and Glow Cream juga telah terbukti sangat efektif untuk membuat kulit wajah terasa kenyal, bersih sehat secara alami. Harga Moreskin NASA ini masih cukup terjangkau. Jadi, Anda hanya perlu menggunakan krim wajah Moreskin yang satu ini, maka masalah kulit wajah Anda akan mudah teratasi. Krim kulit ini terbuat dari bahan-bahan alami yang diproses menggunakan teknologi nano yang akan menghasilkan krim wajah kualitas terbaik. Silakan hubungi Kami untuk mendapatkan Moreskin NASA asli. Dengan hadirnya perawatan di rumah oleh Moreskin NASA ini, maka Anda tidak perlu repot pergi ke salon kecantikan dengan menghabiskan dana besar.

Di sini kami memberikan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan krim Moreskin NASA asli ini secara teratur .

  • Ampuh dalam menghilangkan jerawat dan bekas jerawat
  • Ampuh menghilangkan bintik-bintik dan mengencangkan kulit
  • Menjadikan kulit wajah putih, bersih, cerah sekaligus melembabkan kulit
  • Mampu menghaluskan kulit dan membuatnya bersinar cerah
  • Mampu mengecilkan pori-pori dan melindungi kulit Anda dari efek jahat sinar matahari
  • Mampu mengatasi tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus pada wajah

Ingin segera merasakan manfaat moreskin clean and glow?  JIka Anda ingin memesan berbagai produk dari PT.Natural Nusantara pastikan Anda membeli yang ASLI!! Kami adalah distributor resmi NASA yang menjual semua jenis produk NASA 100% ASLI!! Untuk konsultasi dan pemesanan hubungi customer service Kami sekarang juga!!