Waspadai, Berikut ini Deretan Makanan Penyebab Rambut Rontok Parah

posted in: Blog | 0

Kehilangan berhilai-hilai rambut  merupakan suatu hal yang normal dialami oleh semua orang. Namun bagaimana jika kerontokan rambut lebih dari seratus helai rambut perhari, tentu hal ini bukan hal yang normal terjadi.

Bagi sebagian orang mungkin kerontokan rambut merupakan hal yang wajar dan seringkali disepelekan. Padahal, jika terjadi terus menurus dan dibiarkan begitu saja permasalahan rambut rontok ternyata perlu di waspadai lho.

Kondisi kerontokan rambut atau memiliki istilah medis alopecia ini disebabkan oleh banyak hal, seperti faktor keturunan, perubahan hormon tubuh, kondisi kesehatan, atau konsumsi obat-obatan tertentu. Perlu Anda ketahui rambut juga membutuhkan asupan nutrisi agar terjaga dengan terbaik. Nah, bagi Anda yang ingin mencegah atau cara mengatasi rambut rontok Anda bisa menutrisi rambut dengan makanan.

Meskipun demikian,saat Anda mengonsumsi makanan yang salah justrudapat menyebabkan kerontokan rambut lho gaes. Salam satu penyebab kerontokan rambut yaitu bisa diakibatkan dari asupan dan makanan yang salah ataupun tidak sehat.

Makanan Penyebab Rambut Rontok

Berikut Ini adalah makanan menjadi penyebab rambut rontok.

  • Makanan Cepat saji

Suka mengonsumsi makanan cepat saji? Terlalu sering mengonsumi makanan cepat saji ternyata dapat menyebabkan kerontokan lho.  Dari kandungan lemak jenuh yang terdaoat dalam makanan cepat saji ini dapat menganggu kesehatan rambut Anda.

Lemak jenuh pada makanan cepat saji bisa membuat  pori-pori  kulit tersumbat, termasuk pada kulit kepala. Sehingga hal ini dapat menyebabkan rambut rontok, Nah bagi Anda yang ingin memiliki rambut sehat dan lebat ada baiknya Anda bisa menghindari makanan yang di goreng maupun dipanggang menggunakan margarin.

  • Makanan dengan Selenium Tinggi

Selenium merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh sebagai antioksidan. Makanan yang memiliki kandungan selenium tinggi antara lain seperti: tuna, daging sapi, nasi putih, kerang, dan lain sebagainya.

Walaupun dibutuhkan oleh tubuh, namun apabila konsumsinya berlebihan justru akan meningkatkan kadar selenium dalam darah. Ya, hal ini akan berefek pada rambut dan menyebabkan kerontokan pada rambut.

  • Makanan Tinggi Protein Hewani

Protein yang terkandung pada daging merupakan zat yang sangat penting untuk kesehatan rambut. Nutrisi di dalam daging bisa memperkokoh dan menebalkan rambut. Namun, untuk mendapatkan nutrisinya secara utuh, Anda perlu memperhatikan jumlah asupannya.

Apabila dikonsumsi secara berlebihan justru akan membuat rambut menjadi kurang sehat. Ketika mengonsumsi makanan tinggi protein, Anda bisa menambahkan makanan tinggi serat pada menu makanannya seperti brokoli, bayam, tahu atau gandum yang juga mengandung asam amino yang membentuk keratin, karena keratin merupakan zat utama pembentuk rambut.

  • Makanan dengan Indeks Glikemiks Tinggi

Siapa yang suka dan hobi mengonsumsi makanan dengan cita rasa yang manis? Mengonsumsi gula atau makanan manis terlalu sering merupakan salah satu pemicu kerontokan rambut. Ya, makanan dengan kandungan indeks glikemiks tinggi adalah makanan manis yang mengandung gula tinggi. Makanan ini biasanya ditemukan pada permen, nasi putih, roti putih, pasta, margarin, dan aneka kue.

Ketika tubuh mengolah gula dari makanan, hormon insulin akan memberikan respin terhadap peningkatan glukosa. Kondisi ini menyebabkan kadar androgen meningkat dan akan memengaruhi kantung kelenjar (folikel) pada kulit kepala.

Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan hal yang sangat mengganggu. Terlebih ketika baru menyadari bahwa rambut rontok saat melihat banyaknya gumpalan rambut di kamar tidur atau kamar mandi. Setiap orang, tanpa terkecuali, juga pasti pernah mengalami kerontokan rambut. Secara umum, rambut rontok merupakan keadaan hilangnya rambut dari kepala atau badan.

Namun, terkadang kerontokan rambut bisa disebabkan oleh kondisi tubuh serta penyakit tertentu. Apa saja di antaranya?

Berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok yang mungkin sedang Anda alami:

  1. Stress

Stres merupakan bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental yang dapat mempengaruhi aktivitas. Bahkan, stres juga dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Stres yang dapat menjadi penyebab kerontokan  rambut juga lho.

2. Gaya rambut

Apakah Anda suka gonta ganti gaya rambut ? Tanpa disadari, terlalu sering mengganti gaya rambut dan perawatan rambut dapat menyebabkan kerontokan rambut. Terlebih jika Anda mencoba memiliki gaya rambut ekstrim seperti dikepang ketat, atau melakukan perawatan yang menggunakan bahan kimia keras atau panas tinggi.  Hal ini sangat mempengaruhi kekuatan akar rambut. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut akibat gaya rambut yang ekstrim dan perawatan rambut, maka dalam sebuah study menganjurkan Anda untuk menggunakan kondisioner setiap habis keramas.

3. Faktor Genetik

Anda memiliki keluarga yang memiliki riwayat kerontokan rambut yang parah? Salah satu penyebab rambut rontok yaitu faktor keturunan atau faktor genetik. Selain itu, faktor keturunan juga dapat mempengaruhi usia di mana Anda akan mulai kehilangan rambut, tingkat kerontokan rambut dan tingkat kebotakan. Jenis rambut rontok mungkin melibatkan baik penipisan rambut dan miniaturisasi (rambut menjadi lembut, halus dan pendek).

4. Faktor konsumsi obat

Faktor penyebab kerontokan rambut yaitu dapat disebabkan oleh obat-obatan yang sedang dikonsumsi, seperti obat untuk kanker, arthritis, depresi, masalah jantung, tekanan darah tinggi, dll. Bukan hanya itu saja, asupan vitamin A yang juga dapat menyebabkan rambut rontok.

Cara Merawat Rambut Rontok

Merawat rambut tidak hanya sebatas dilakukan dengan mencuci atau dengan memilih produk perawatan rambut terbaik. Rambut juga membutuhkan nutrisi dari dalam tubuh yang di mana bersumber dari makanan. Ternyata tidak semua makanan baik untuk kesehatan rambut.

Sebagai solusi agar rambut rontok berlebihan tidak semakin parah, Anda bisa melakukan langkah pencegahan, antara lain dengan membatasi penataan rambut menggunakan alat pemanas dan bahan kimia, seperti mencatok, mengeriting rambut, atau mewarnai rambut. Selain itu, hindari mengepang atau mengikat rambut, serta menyisir rambut dalam keadaan basah.

Untuk Anda yang tidak ingin merasa kesulitan dalam merawat rambut, hadir triple six hair tonic ginseng herbal nasa sebagai solusi untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. TRIPLE SIX Hair Tonic Ginseng diformulasikan secara khusus dengan wangi yang segar dan harum, merupakan solusi terbaik untuk mengatasi kerontokan rambut dan merawat kekuatan rambut dari akar, membantu merangsang pertumbuhan rambut, serta membantu mengurangi ketombe dan rasa gatal, membantu menjaga kesehatan rambut alami Anda.

Jika Anda ingin memesan triple six dan berbagai produk dari PT.Natural Nusantara pastikan Anda membeli yang ASLI!! Kami adalah distributor resmi NASA yang menjual semua jenis produk NASA 100% ASLI!! Untuk konsultasi dan pemesanan hubungi customer service Kami sekarang juga!!