Mengenal Jenis-Jenis Pohon Bidara

posted in: Pengobatan | 0

Pohon bidara di Indonesia dikenal  dengan berbagai nama dan jenis. Dalam artikel kali ini saya akan mengupas jenis-jenis pohon bidara yang dikenal di Indonesia yaitu Bidara Upas, Bidara Laut, Bidara Cina, Putsa atau Apel India. Dan Bidara yang berasal dari saudi arabia Bidara SIDR. Kami sebagai penjual bidara arab asli akan share informasi ini untuk menambah pengetahuan bagi Anda yang ingin beli pohon bidara.

Hal ini Mendorong ulasan saya karena banyak yang sudah menanyakan melalui telpon maupun sms menanyakan hal ini, yang sebenarnya ada beberapa jenis yang akan saya bahas yang bukan Pohon Bidara namun mempunyai nama dan bentuk yang sangat mirip.

Memang Pertanyaan seperti ini merupakan suatu hal yang wajar untuk di lontarkan oleh calon pembeli bibit bidara karena ingin mendapatkan Bibit Bidara yang dapat di gunakan untuk sunah dalam agama islam. Hal ini sangat penting untuk di ketahui maka dari itu bacalah artikel ini secara keseluruhan untuk mengetahui jenis pohon bidara dan Kegunaan Bidara untuk Sunah-sunah Dalam Agama Islam.

Saya sudah banyak membaca blog yang di dalam artikelnya menjelaskan Bidara dan Jenis-jenis bidara namun sering saya lihat masih banyak yang salah dalam memasukan gambar. Dimana Bidara Upas mengunakan gambar Bidara Laut dan Apel Laut namun isinya tentang Bidara Cina. Baiklah langsung saja saya mulai membahas dari nama botani dan klarifikasi ilmiah masing – masing tanaman.

  • BIDARA LAUT:

Bidara Laut (Ziziphus mauritiana) adalah bidara yang tumbuh di sekitar pantai atau pingir laut. dan memiliki buah yang berwarna kuning dan asam, serta memilki duri lebih besar dari Bidara Arab.Bidara ini sering di gunakan oleh warga sekitar pantai untunk mengobati mabuk laut.

bidara laut

  • BIDARA CINA:

Bidara Cina, Ziziphus zizyphus atau juga disebut ziziphus jujuba (dari bahasa Yunani ζίζυφον, zizyfon), biasa disebut jujube (kadang-kadang jujuba), kurma merah, kurma Cina, kurma Korea, atau kurma India adalah pohon rindang yang berbuah. Merupakan Tumbuhan kecil antara 5-10 Meter yang berduri dan berbunga 5 kelopak berwarna hijau kekuningan serta biah yang berwarna hijau oval berbiji dapat dimakan, buah jika sudah matang akan berwarna coklat dan hitam yang akan keriput, seperti kurma kecil berbiji satu keras seperti biji zaitun.

bidara-cina

  • BIDARA UPAS:

Bidara Upas adalah umbi-umbian yang menjalar yang tinginya mencapai 3-6 meter memiliki daun yang bulat dan tangkai berbentuk hati berbuah seperti ubi dan kentang berbeda dengan areuy carayun (Merremia peltata) yang satu genus dengannya.Umbi bidara upas berkumpul hingga 6-7 buah dan beratnya dapat mencapai 5 kg atau lebih seumpama tumbuh di tanah kering, gembur, dan tidak tergenang air. Warna kulit umbinya kuning kecoklatan, kulitnya tebal bergetah warna putih, bila kering warnanya menjadi coklat. Kesimpulan saya Bidara Upas ini bukan yang di maksud dalam

khasiat-dan-manfaat-bidara-upas

 

Al-Quran AL WAAQI’AH ayat 28: berada di antara pohon bidara yang tak berduri. bahkan bidara upas bukan pohon karena batangnya meranbat melainkan namanya saja yang sama.

  • PUTSA/APEL INDIA:

Putsa atau apel india bila dilihat dari nama botani yang bersumber dari wikipedia sebenarnya tidak termasuk jenis bidara, akan tetapi masuk dalam jenis apel, akan tetapi bila dilihat dari bentuk daun dan biji kerasnya saya yakin ini masih satu jenis bidara dan ada kemiripan dengan bidara cina.

putsa

  • BIDARA ASAL NEGARA ARAB (SIDR):

Bidara yang berasal dari negara Arab (ziziphus spina christi) atau dikenal sebagai Christ’s Thorn Jujube (“bidara mahkota duri Kristus”), adalah sejenis pohon kecil yang selalu hijau, penghasil buah yang tumbuh di daerah tropis serta Asia Barat. Tumbuh di Israel di lembah-lembah sampai ketinggian 500 m.

Jual bidara arab asli
Bidara Sidr

Ziziphus spina-christi mempunyai makna penting bagi orang-orang Yahudi, Kristen dan Muslim. Menurut sejumlah tradisi, merupakan pohon penghasil ranting berduri yang dianyam menjadi “mahkota duri” dan ditaruh di kepala Yesus Kristus menjelang penyaliban-Nya.

Jenis Bidara Sidr inilah yang sangat banyak di cari untuk keperluan sunah dan ganguan sihir. Jenis bidara inilah yang Kami jual untuk media pengobatan ganguan sihir dan lain sebagianya sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW.

Untuk jenis yang lain saya belum pasti tau dapat di gunakan sunah atau tidak namun Bidara SIDR Dahulu di gunakan Nabi Muhammad SAW Di daerah Mekah Dan Madinah.

Kami menjual bibit Bidara SIDR asli dengan harga yang murah. HATI-HATI DENGAN KEASLIAN POHON BIDARA JIKA DAPAT PENAWARAN BIDARA YANG MURAH. Segera TELPON customer servcie kami atau klik link Jual Bibit Bidara sekarang untuk pembelian pohon bidara asli. Kami melayani pengiriman bidara sidr ke seluruh wilayah Indonesia seperi Jakarta, Bandung, Surabaya, Lampung, Makassar, Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *