Daftar Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Lansia

posted in: Blog | 0

Daftar Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Lansia. Saat kita mengalami masa lanjut usia (lansia) kita akan rentan mengalami gangguan pada kesehatan. Hal ini dikarenakan seiring dengan bertambahnya usia maka massa otot akan berkurang sehingga kebutuhan asupan perharipun berkurang. Proses penuaan yang terjadi secara alami membuat orang yang sudah berusia lanjut harus memiliki asupan yang khusus.

Daftar Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Lansia

Nutrisi Yang Dibutuhkan Lansia

1.Kalsium

Bagi para lansia dibiasakan untuk mengkumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan kalsium. Hal ini dikarenakan kalsium berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Karena pada usia lansia, kepadatan tulang akan berkurang sehingga akan beresiko terkena pengeroposan tulang dan gigi. Kalsium biasanya diperoleh dari susu dan ikan. Sering terapapar sinar matahari saat pagi hari mebantu pembentukan vitamin D yang sangat bermanfaat untuk tulang.

2.Serat

Lansia sering mengalami sembelit. Hal ini biasanya dikarenakan kurangnya mengkonsumsi sayuran dan buah. Sumber serat yang baik dan pengonsumsian yang sering akan membantu memudahkan makanan dicerna dengan baik dan memaksimalkan penyerapan zat gizi dari berbagai sumber makanan yang dimakan.

3.Zat Besi

Zat esi dalam tubuh dapat berfungsi sebagai hemoglobin dalam darah. Hemoglobin ini digunakan tubuh sebagai alat transportasi oksigen dan makanan ke seluruh jaringan. Jika seseorang kekurangan hemoglobin bisa menyebabkan anemia. Setidaknya kita memerlukan 12mg zat besi setiap harinya. Zat besi bisa diperoleh sayuran hijau, daging sapi, daging ayam, dan hati sapi.

4.Cairan

Seiring dengan bertambahnya usia kemampuan tubuh dalam bermetabolisme akan berkurang. Selain itu saat usia lanjut tidak terlalu peka dengan rasa usus sehingga akan mudah mengalami dehidrasi. Bagi siapa saja yang mengalami dehidrasi pasti akan menyebabkan kelelahan, tidak fokus, dan rasa kantuk terus menerus.

5.Lemak

Lemak dlam tubuh tidak hanya digunakan sebagai sumber energy, namun juga dibutuhkan untuk menunjang fungsi otak, membantu penyerapan vitamin dan menumjang pembentukan hormon. Namun ada jenis lemak yang harus dihindari yaitu lemak jenuh yang biasanya terdapat pada mentega, gajih pada daging sapi, dan kulit ayam.

6.Seng

Senga atau zinc adalah salah satu nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh. Biasanya seng dapat terkandung pada daging sapid an kerang- kerangan. Seseorang yang sudah lanjut usia direkomendasikan untuk mengkonsumsi 13 mg seng setiap harinya.

Itulah beberapa nutrisi yang wajib dikonsumsi bagi para lansia agar kesehatan tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *