Tips Ampuh Mengatasi Anak Yang Masih Mengompol

posted in: Blog | 0

Tips Ampuh Mengatasi Anak Yang Masih Mengompol.Mengompol adalah salah satu hal yang wajar bagi anak- anak. Namun memiliki anak yang masih mengompol justru membuat orang tua harus memiliki tenaga ekstra untuk membersihkannya, karena bekas dari ompol si kecil akan menimbulkan bau yang tidak sedap jika tidak segera dibersihkan. Tetapi mengompol bagi anak yang berusia diatas 6 tahun  bisa menjadi masalah karena memulai masuk sekolah. Untuk itu para orang tua harus mulai melatih anak menggunakan toilet dan harus berlatih untuk tidak menggunaka pempers.

Tips Ampuh Mengatasi Anak Yang Masih Mengompol

Penyebab Anak Mengompol

1.Genetik

Mengompol pada anak juga bisa disebabkan oleh faktor genetik, tetapi tidak semua anak mengompol karena faktor genetik. Oleh karena itu para orang tua harus memiliki tenaga ekstra untuk melatih agar tidak mengompol.

2.Pematangan Kantung Kemih Terlambat

Jika kantong kemih dan otak matang dengan wajar maka perlahan anak akan bisa belajar mengontrol buang air kecil saat tidur sehingga akan mencegah mengompol.

3.Rendahnya Hormon anti- diuretik

Anak yang memiliki kandungan hormone anti- deuritih yang rendah juga bisa menyebabkan anak mengompol. Hormon ini berfungsi membantu ginjal untuk mengurangi produksi urine.

Cara Mengatasi Anak Mengompol

1.Mengatur Asupan Cairan Anak

Agar anak tidak mengompol orang tau harus membatasi minum pada malam hari. Sebaiknya anak tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, bersoda, ataupun minuman ciklat seperti susu coklat pada ,malam hari. Karena hal ini yang bisa menyebabkan anak sering merasa ingin buang air kecil.

2.Melakukan Rutinitas Sebelum Tidur

Biasakan anak melakukan rutinitas sebelum tidur. Rutinitas anak sebelum tidur seperti buang air kecil, menggosok gigi, cuci muka, cuci kaki, dan cuci tangan. Dengan demikian akan membuat anak tidur dengan nyaman dan tidak mengompol saat tidur.

3.Jangan Marahi Anak Jika Mengompol

Anak yang mengompol pasti orang tua harus memiliki tenaga ekstra untuk membersihkannya dan terkadang hal itu membuat orang tua merasa kesal. Seharusnya lebih baik orang tua memberikan sesuatu yang membuat anak senang seperti pujian, missal akan memberikan hadiah jika tidak mengompol sehingga anak akan berusaha untuk tidak mengompol.

Itulah beberapa tips yang bisa orang tua coba untuk mengatasi anak yang masih suka mengompol. Lakukan dengan telaten dan sabar agar anak juga tidak merasa tertekan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *