Rahasia Bawang Dayak Yang Ampuh Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

posted in: Blog | 0

Rahasia Bawang Dayak Yang Ampuh Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit. Bawang dayak memiliki banyak manfaat sebagai obat tradisional untuk penyembuhan berbagai penyakit. Bawang bawangan memang sudah sering dijadikan sebagai campuran bumbu masakan. Diantara semua jenis bawang semuanya memiliki manfaat masing- masing bagi kesehatan salah satunya yaitu bawang dayak. Bawang dayak memiliki nama lain bawang berlian, bawang sabrang, bawang tiwai, dan bawang hutan. Bawang dayak adalah salah satu jenis bawang yang kurang familiar dikalangan masyarakat. Bawang ini memiliki bentuk seperti bawang merah namun memiliki permukaan yang lebih terang menyala dan licin.

Rahasia Bawang Dayak Yang Ampuh Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Kandungan Bawang Dayak

Bawang dayak memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan seperti:

1.Flavanoid

Flavanoid adalah sejenis zat pewarna alami pada tumbuhan yang memberi warna merah, ungu, biru, dan kuning. Makanan yang mengandung flavonoid biasanya memiliki sifat antikarsinogen atau antikanker.

2.Alkaloid

Alkaloid adalah senyawa yang bersifat basa biasanya banyak ditemukan pada tumbuhan. Makanan yang mengandung alkaloid biasanya dapat bermanfaat untuk membersihkan racun dalam tubuh seperti radikal bebas. Bawang dayak juga memiliki kandungan antimikroba sehingga kita akan tidak mudang disserang bakteri.

3.Tanin

Kandungan tannin yag terdaapat pada bawang dayak dapat dimanfaatan untuk menyembuhkan diare, penawar racun, dan antioksidan yang menghambat sel kanker yang berkembang biak dalam tubuh.

4.Saponin

Kandungan saponin selain ditemukan pada kacang- kacangan ternyata terdapat juga di bawang dayak. Saponin adalah senyawa yang bermanfaat untuk mencegah obesitas, kanker usus, dan kanker prostat.

Manfaat Bawang Dayak

Ada bebrapa manfaat yang dapat kita peroleh jika kita mengkonsumsi bawang dayak seperti:

1.Antikanker

Bawang dayak memiliki kandungan yang sangat baik sebagai antikanker. Kandungan yang terdapat pada bawang dayak mampu menurunkan aktivitas sel yang bernama cyclin- E dan dapat memicu hancurnya sel kanker.

2.Mengontrol Tekanan Darah

Memiliki tekanan darah yang tinggi atau hipertensi adalah salah satu pemicu penyakit jantung dan stroke. Untuk itu Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi bawang dayak. Hal ini dikarenakan bawang dayak memiliki kandungan yang dapat bermaanfaat untuk menurunkan kekentalan darah serta tekanan darah. Selain itu bawang dayak juga memiliki kandungan yang bersifat diuretik.

3.Bagus Untuk Sistem Reproduksi Wanita

Kandungan flavonoid dan sponin yang terdapat pada bawang dayak memiliki manfaat yang baik untuk melindungi sistem reproduksi wanita. Bawang dayak untuk wanita dapat mengatasi keputihan, siklus menstruasi yang tidak teratur, dan mengurangi kram saat menstruasi.

4.Kesehatan Kulit

Selain sebagai kesehatan tubuh, bawang dayak juga dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Memiliki kulit yang sehat dan cantik sangat diidamkan oleh semua orang terutama wanita. Bawang dayak memiliki kandungan yang bisa mencegah timbulnya bitik hitam pada wajah.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi bawang dayak. Namun janganlah mengkonsumsi terlalu banyak.