Tidak Ingin Terserang Asam Urat? Hindari Mengkonsumsi Makanan Ini

posted in: Blog, Pengobatan | 0

Asam urat atau gout merupakan penyakit yang identik dengan gejala nyeri sendi. Nyeri sendi ini terjadi disebabkan oleh tusukan kristal tajam yang terbentuk dari penumpukan zat asam urat. Jika kadar asam urat dalam darah melebihi ambang normal, maka asam urat akan masuk pada organ organ tubuh khususnya kedalam sendi.

Bagi penderita asam urat diwajibkan untuk mengontrol makanan dan minuman yang di konsumsi setiap harinya. Jika Anda tidak ingin asam urat Anda semakin parah atau kumat, Anda bisa mensiasati untuk menghindari makanan berikut ini.

Meskipun terbilang cukup sering terjadi Anda tidak boleh menggangap sepele penyakit asam urat. Anda ketahui bahwasannya penyakit ini muncul akibat tidak seimbangnya metabolisme purin dalam tubuh.

Dari kebanyakan kasus yang terjadi penyakit ini belum di ketahui secara pasti apa penyebabnya. Namun, Dokter percaya kondisi ini terjadi karena kombinasi faktor keturunan,hormonal dan makanan.

Makanan Penyebab Asam Urat

Gejala yang sering terjadi pada asam urat yaitu rasa nyeri pada persendian dan biasanyanya rasa ini muncul saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Kaki atau persendan yang nyeri biasanya berwarna kemerahan dan susah untuk digerakan dan bahkan menjadi kaku.

Berikut adalah makanan penyebab asam urat antara lain :

  • Alkohol
  • jeroan
  • Kacang-kacangan
  • Bayam
  • Daun pepaya
  • Jagung
  • Seledri

Setelah mengetahui makanan penyebab asam urat diatas, berikut ini jenis-jenis makanan yang wajib untuk di konsumsi bagi penderita asam urat :

  1. Buah buahan yang mengandung vitamin C

Buah buahan yang mengandung vitamin C bermanfaat untuk mengikat purin yang berlebih dan menetralisir kapasitas purin dalam tubuh agar kembali normal dan seimbang. Vitamin C sangat efektif untuk mencegah penumpukan metabolisme yang menempel pada persendian yang dapat menyebabkan asam urat.  Berikut adalah jenis buah-buah rekomendasi yang bisa Anda konsumsi antara lain seperti: pepaya, jeruk, semangka,tomat dan kiwi.

2. Kopi Hitam

Bukan Kopi dengan gula ya, karena makanan dan minuman manis juga dapat menyebabkan asam urat kambuh.  Segelas kopi hitam setiap hari dapat menurunkan kadar asam urat. Kopi hitam juga di percaya untuk membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh dan baik untuk kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya.

3. Sayur-sayuran tinggi serat

Sayuran yang memiliki serat yang tinggi disarankan untuk pada penderita asam urat . Dengan mengkonsumsi sayuran tinggi serat sangat efektif untuk menetralisir penumpukan purin dan membantu untuk memperlancar sistem metabolisme pada tubuh. Salah satu sayuran yang bisa Anda konsumsi yaitu brokoli.

4. Air Putih

Dengan minum air butuh sesuai dengan kebutuhan dapat membantu untuk meenurunkan kadar kolestrol. Dengan konsumsi air putih bisa membantu meningkatkan pembuangan zat beracun yang ada dalam tubuh termasuk purin yang berlebih. Selain bermanfaat untuk mengatasi asam urat, air putih jug dapat membantu untuk membersihkan ginjal,meningkatkan kinerja metabolisme tubuh dan meningkatkan fungsi hati.

Penyebab Penyakit Asam Urat 

Berikut ini adalah faktor penyebab datangnya penyakit asam urat, antara lain:

  • Makanan yang berzat purin tinggi yang dikonsumsi, seperti jeroan hewan, hidangan laut ,dan daging merah
  • Banyak mengonsumsi minuman dengan gula tinggi dan minuman beralkohol
  • Menggunakan obat-obatan dengan jenis tertentu, seperti aspirin, obat penghambat enzim, sislosporin, dan obat-obatan kemoterapi
  • Mempunyai riwayat penyakit asam urat pada anggota keluarga. 

Gejala Penyakit Asam Urat 

Ada banyak gejala penyakit asam urat yang umum terjadi, antara lain:

  • Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  • Kesulitan berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  • Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
  • Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, tetapi kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.
  • Meski gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Faktor Resiko Penyakit Asam Urat

Berikut adalah faktor yang dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam darah seseorang, antara lain:

  • Memiliki keluarga yang mengidap asam urat.
  • Mengalami cedera atau pembedahan.
  • Gemar konsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut (misalnya teri, sarden, kerang, atau tuna).
  • Gemar konsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.
  • Kerap menggunakan obat dan beberapa obat kemoterapi.
  • Memiliki kondisi medis tertentu, misalnya diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.

Herbal Asam Urat Alami

Asam urat dapat menyerang bagian sendi mana pun pada tubuh. Tapi, kondisi ini lebih sering terjadi pada sendi di bagian ujung jari kaki dan jari tangan, pergelangan tangan, serta lutut.

Untuk Anda yang sudah terlanjur terserang asam urat dan ingin menyembuhkannya, Anda bisa menggunakan cara alami Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi herbathus herbal asam urat nasa. HERBATHUS merupakan obat herbal untuk mengobati asam urat baik baru gejala asam urat, atau yang sudah parah sekalipun.

Kami Dharma Sehat jual produk herbal Nasa HERBATHUS, produk herbal asam usam urat yang diramu oleh para pakar kesehatan herbal dari ramuan rempah pilihan yang memiliki khasiat istimewa untuk mengatasi bengkak dan nyeri akibat asam urat, menurunkan kadar asam urat yang berlebih. Juga sangat berkhasiat untuk mengatasi gangguan saluran kencing karena batu ginjal, meningkatkan kekebalan tubuh / immunita, memperlambat kepikunan, sebagai anti kanker dan tumor yang efektif, sebagai anti inflamasi (anti peradangan), menurunkan gejala stress dan depresi.

Khasiat HERBATHUS obat herbal asam urat adalah sebagai berikut:

HERBATHUS formula herbal dari beberapa bahan alami pilihan yang masing masing mempunyai khasiat nyata dan bekerja sinergis saling mendukung, sehingga menghasilkan produk herbal dengan khasiat yang optimal untuk pengobatan asam urat, pegel linu dan nyeri sendi berkepanjangan. Adapun khasiat Herbathus secara rinci adalah sebagai berikut :

  • Menurunkan kadar asam urat yang berlebih
  • Mengatasi bengkak dan nyeri akibat asam urat
  • Manfaat Tambahan dari HERBATHUS diantaranya adalah :
  • Membantu Mengatasi gangguan saluran kencing karena batu ginjal
  • Meningkatkan kekebalan tubuh / immunitas
  • Memperlambat kepikunan
  • Sebagai pencegah anti kanker dan tumor yang efektif
  • Sebagai herbal alami untuk anti inflamasi (anti peradangan)
  • Membantu menurunkan gejala stress dan depresi

*Disclaimer: Hasil yang didapat bagi setiap pengguna herbal ini berbeda-beda, namun secara umum hasil yang didapat adalah positif.

Komposisi HERBATHUS NASA

HERBATHUS NASA formula herbal, ramuan bahan alami pilihan :

1. Temu Putih (Curcuma Zedoaria Rhizom) :  200 Mg
Merupakan sejenis tanaman rimpang seperti Kunyit, jahe yang memiliki nama ilmiah curcuma zedoaria, mengandung senyawa unik, yaitu antilipid peroksida. Senyawa ini merupakan jenis antioksidan yang ampuh menetralkan toksin dan racun dalam tubuh.
Kunyit sangat baik sebagai anti oksidan yang bekerja super aktif sehingga baik untuk mengatasi asam urat, ginjal, hati dan masalah pembuluh darah.
Sifatnya yang menetralkan toksin dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

2. Pegagan (Centella herbs) :  200 Mg
Khasiat pegagan antara lain sebagai obat antiinfeksi, antitoksik, penurun panas, peluruh kemih, penenang dan tonik. Sebagai tanaman yang mudah dijumpai, pegagan telah banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat terutama oleh masyarakat India, Pakistan, Malaysia, dan Indonesia.

3. Meniran (Phyllanthusninuri Herbs) : 100 Mg

Meniran mengandung filantin, hipofilantin, ellagic acid, ferulic acid, kalium damar, dan tanin. Filantin dan hipofilantin berkhasiat melindungi sel hati dari zat toksik (hepatoprotektor). Herbal meniran digunakan untuk pengobatan radang sendi, penyakit penyerta rematik, sebagai salah satu dari ke lima obat asam urat alami karena dapat mengatasi komplikasi akibat tingginya kadar asam urat (uric acid) dalam darah akibat radang ginjal, mengatasi sukar kencing karena infeksi dan batu saluran kencing.

Cara Konsumsi : Minum 3 x 2 kapsul / hari

HERBATHUS adalah obat herbal asam urat produk PT. NASA yang merupakan produsen obat herbal alami berijin resmi dari Badan POM RI dengan nomor ijin edar POM TR 093 399 531

Akhiri segera nyeri asam urat anda dengan HERBATHUS, dapatkan herbal ini di dharmasehat.com web toko herbal online terpercaya atau order cepat hubungi customer service Kami sekarang.