Begini Cara Untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil Dengan Mudah

posted in: Blog | 0

Jangan pernah remehkan kadar gula yang tinggi, kondisi ini adalah penyebab utama penyakit diabetes. Gula darah dalam tubuh jika terlalu banyak dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang cukup fatal. Jika tidak di tanggani sesegera mungkin hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan saraf, pembuluh darah, sehingga bisa mengancam nyawa.  Berapa ukuran gula darah yang normal?

Kadar gula darah normal itu sekitar 70-100mg/dL sebelum makan. Sedangkan sesudah makan seharusnya kurang dari 180mg/dL. Kadar gula darah mengidap diabetes seing melonjok ini sering dialami.  Penyebab kadar gula melonjak pada penderita diabetes bisa karena lupa atau tidak mengkonsumsi obat penurun glukosa atau menyuntikan insulin, dilansir dari Medicinet.

Selain t obat penurun glukosa atau menyuntikan insulin, dan kurangnya aktifitas fisik, stress, dan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat untuk menjadi salah satu penyebabnaiknya gula darah. Bukan hanya mengintai seseorang yang mengidap diabetes saja, kondisi ini juga mengintai semua kalangan yang beresiko mengalami hal ini.

Tanda Kelebihan Gula Darah

Perhatikan beberapa tanda yang menunjukan seseorang memiliki gula darah yang berlebih yaitu:

Kelaparan

Kondisi diabetes sama-sam mengacaukan kadar glukosa. Menurut para ahli, hal ini yang menimbulkan siklus kelaparan di saat tubuh sedang mencoba mengembalikan kadar gula darah ke kondisi normal.

Dan perlu Anda ketahui, glukosa yang rendah membuat nafsu makan meningkat. Tapi kadar gula darah yang tinggi juga demikian, seseorang akan merasa kesulitan merasakan kenyang ketka kadar gula darah melonjak.

Kulit Bermasalah

Kadar gula darah yang tinggi juga menyebabkan masalah kulit. Menurut para ahli sebagian orang memiliki sensitivitas yang berbeda-berbeda terhadap lonjakan insulin. Nah, saat insulin melonjak maka memicu hormon yang dapat menimbulkan masalah kulit.

Gerak Tubuh Menjadi Lebih Lamban

Pernahkah Anda merasakan badan lebih lamban dari biasanya? Bila kondisi ini pernah atau bahkan sering mengalami hal ini, bisa jadi itu hal yang menandai tingginya kadar gula darah. Gula darah yang tinggi dapat menimbulkan pelonjakan insulin yang menimbulkan berbagai masalah tubuh.

Baca juga: Cara menurunkan kolestrol

Berikut 4 Cara Sederhana Untuk Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

  1. Perbaiki Tidur

Siklus tidur kita sangat memengaruhi suasana hati. Jika Anda kurang tidur, rasa lapar akan lebih sering menghampiri. Akibatnya, seringkali Anda jadi jajan sembarangan yang bisa berakibat pada kenaikan gula darah.

2. Jagalah Diri Anda Tetap Terhidrasi

Ketika Anda mengalami dehidrasi, Anda cenderung merasa lapar atau mengidam. Jadi pastikan Anda memonitor asupan air, minumlah sedikitnya 2,5 hingga 3,5 liter air setiap hari.

3. Kurangi Stress

Stres sangat berpengaruh terhadap gula darah. Jika Anda merasa stres, cobalah untuk fokus pada pikiran yang baik dan jangan terlalu memikirkan hal-hal yang dapat menyebabkan kecemasan, dan berujung pada penurunan kadar gula. Lakukan meditasi, membaca, atau berkumpul dengan orang-orang tercinta.

4. Berolahraga

Pastikan Anda mendapatkan latihan fisik yang cukup. Berolahraga kecil-kecilan dapat membantu tubuh Anda untuk membakar lemak. Jika sudah mulai terbiasa berolahraga, Anda dapat meningkatkan latihan fisik. Dengan demikian, aliran darah akan menjadi lebih lancar.

Nah, itu dia tips untuk menjaga gula darah untuk tetap stabil. Semoga bermanfaat.