Tahapan Infeksi dan Penyembuhan Herpes

posted in: Blog, Pengobatan | 0

Herpes adalah penyakit yang cukup sering ditemui dan ditakuti oleh banyak masyarakat di seluruh dunia. Penyakit yang yang sering menyerang ditandai dengan munculnya gelembung yang berisi cairan dan berkelompok pada permukanaan kulit  ini sering menjangkiti manusia dan dapat menginfeksi kulit hinga menyebabkan lepuhan serta kulit kering. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang menyebut dan menyamankan penyakit ini dengan nama cacar yang disebabkan oleh gigitan serangga dan hewan kecil.

Seperti yang sudah di jelaskan pada artikel sebelumnya, herpes merupakan kelompok virus herpesviridae yang menginfeksi manusia. Kulit kering dan lepuhan kulit adalah tanda infeksi virus herpes ini, jenis virus herpes yang paling terkenal pada kelangan masyarat yaitu herpes simplex atau HSV. Virus inilah yang nantinya dapat menyebabkan infeksi disekitar daerah wajah, mulut, bahkan pada daerah kelamin atau yang dikenal dengan nama ( herpes genitalia).

Tahapan Infeksi Herpes

Berikut ini adalah tahapan infeksi herpes yang sering terjadi, antara lain seperti:

  1. Stadium primer

Pada tahap stadium primer ini gejala akan muncul dengan blister atau (kulit yang lemepuh) berukuran kecil, namun dengan ukuran yang kecil ini akan memberikan rasa sakit yang luar biasa. Blister ini biasanya akan berisi cairan yang berwarna keruh atau bening, serta dapat pecah dan menimbuklan luka terbuka sehingga menyebabkan daerah di sekitar blister akan berwarna kemerahan. Pada stadium primer ini akan terjadi pada hari kedua hingga hari kedelapan setelah terjadinya infeksi herpes.

2. Stadium laten

Pada stadium ini gejala herpes seperti blister dan koreng akan mereda. Namun perlu Anda waspadai, karena dalam tahap inilah sebenarnya virus sedang menyebar ke saraf dekat saraf tulang belakang melalui kulit.

3. Stadium Peluruhan

Dalam tahap ini, virus mulai berkembang pada ujungujung saraf pada organ tubuh.  Jika hal ini terjadi, ujung saraf yang terinfeksi akan menghasilkan cairan seperti testis atau vagina, virus herpes dapat terkandung dalam cairan tubuh seperti semen atau lendir. Dan hal ini jarang sekali menampakan gelaja apapun, namun sebenarnya virus sedang berkembang biak dalam tubuh

4. Stadium Rekurensi

Pada stadium ini blister pada kulit dapat muncul kembali seperti pada stadium awal. Biasanya blister yang muncul namun tidak separah lepuhan dan koreng pada tahap sebelumnya, namun, pada tahap ini gejala yang umum adalah rasa gatal , kesemutan dan rasa nyeri di daerah yang terkena infeksi pada stadium pertama.

Cara Pencegahan Dan Pengobatan Herpes

Upaya dalam penyembuhan herpes yaitu menyembuhkan blister serta mencegah virus untuk menyebar dalam tubuh. Untuk mengurangi resiko komplikasi akibat penyakit ini penggunaan obat dan antivirus sangat diperlukan. Untuk meradakan rasa nyeri yang Anda rasakan akibat herpes, Anda bisa membersihkan diri dengan air hangat, mengompres kulit yang terinfeksi mengguankan ai hangat maupun ait dingin.

Adapun cara lain yang bisa Anda hindari, antara lain seperti:

  • Hindari melakukan kontak langsung

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan virus herpes yaitu dengan menghindari kontak secara langsung dengan penderita herpes, terutama pada kulit yang sudah terinfeksi. Anda juga perlu untuk menjaga keberseihan tangan Anda. Bila perlu, Anda bisa menggunakan antivirus untuk mengurangi resiko kulit menyentuh langsung kulit penderita herpes.

Perlu diingat, saat sudah muncul gejala penyekit herpes, jangan lakukan kegiatan seks, baika itu oral maupun hubungan badan. Dengan menjaga hubungan badan  menjadikan lebih jarang menular.

  • Jangan Gunakan Barang Secara Bersama-Sama

Untuk mencegahan virus herpes, Anda perlu menghindari penggunaan barang secara bersama-sama seperti : gelas, alat make up, handuk dan lain sebagainya.

  • Jaga kesehatan diri dengan gaya hidup sehat

Tidak bisa dipungkiri semua penyakit dapat menyerang manusia dari gaya hidup yang kurang sehat. Salah satunya penyakit herpes yang dapat tertular akibat kontak langsung  dengan penderitannya dan jarang mencuci tangan setelah memegang sesuatu. Jadi, kesimpulannya sebagai sarana pencegahan penularan sebauh penyakit terutama penyakit herpes yaitu dengan menjaga gaya hidup yang sehat.

Nah, itulah tahapan infeksi dan tahapan penyembuhan untuk penyakit herpes.

Tetap jaga kesehatan dan semoga bermanfaat.