Mudah Menular, Penyakit Herpes Simplex Ketahui Penyebabnya Sekarang!!!

posted in: Blog, Pengobatan | 1

Pasti Anda sudah tidak asing dengan penyakit herpes simplex. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang kulit yang disebabkan oleh virus. Jenis virus herpes simplex dapat menyebabkan infeksi di daerah wajah, mulut dan kelamin (herpes genitalia).

Agar tidak terlambat ditangani, mari pahami lebih detail penyakit ini.

Pengertian Herpes Simplex

Penyakit herpes simplex merupakan jenis herpes kulit yang disebabkan oleh virus simple (HSV), jenis virus ini yang sangat mudah dijumpai di kalangan masyarakat. Adapun dua jenis penyakit herpes yang paling umum, yaitu:

  1. HSV-1, penyakit inibiasa dikenal dengan herpes oral yang bisa menyebabkan luka dan benjolan melepuh di sekitar mulut serta wajah.
  2. HSV-2  yaitu penyakit yang termasuk ke dalam golongan herpes genital (kelamin) dan biasanya muncul di kelamin bagian luar serta daerah sekitar anus.

Perlu Anda ketahui, penyakit herpes termasuk dalam penyakit jangka panjang, bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan dengan virus yang dapat bertahan seumur hidup dalam tubuh seseorang.

Dari berbagai banyaknya jenis virus herpes, herpes zoster dan herpes simplex lah yang merupakan penyakit paling sering dialami.

Gejala Penyakit Herpes Simplex

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, penyebab penyakit herpes simplex secara umum adalah virus HSV. Namun pada penyakit herpes macam ini, bisa disebabkan oleh dua macam virus HSV, yaitu HSV-1 dan HSV-2.

Gejala herpes HSV-1

Virus herpes ini akan menyerang bagian mulut atau pinggang ke atas. HSV-1 pada kenyataannya adalah infeksi yang sangat umum.

Infeksi virus herpes tipe HSV-1 dapat menyerang bagian tubuh seperti pada leher, luka mirip sariawan di mulut, dan ruam lepuh lainnya. Gejala awal bisa diobati, tapi virus tidak dapat mati total, sebab saat sewaktu-waktu imun tubuh melemah maka penyakit ini dapat kambuh kembali.

Penyebab herpes merupakan penyakit yang sangat berkaitan dengan masalah daya tahan tubuh, sehingga Anda harus menjaga daya tahan tubuh agar selalu kuat. Karena saat daya tahan tubuh kuat, virus herpes akan menetap dalam  tubuh dan tidak menyebabkan gejala gangguan kesehatan seperti gatal dan luka melepuh. Namun saat daya tubuh Anda, virus herpes ini kembali menyebabkan luka lenting yang kemudian merah, gatal, dan berair.

Gejala yang sering dialami saat terserang virus HSV-1 antara lain seperti:

  • Diawali dengan demam, nyeri otot, dan lemas
  • Kemudian muncul rasa nyeri, gatal, rasa terbakar atau ditusuk pada tempat infeksi
  • Setelah beberapa hari timbul blister yang merupakan lesi kulit seperti melepuh yang pecah dan mengering dalam beberapa hari
  • Blister yang pecah tersebut mengakibatkan luka dengan rasa nyeri. Apabila terjadi di mulut dapat mengganggu makan

Gejala herpes HSV-2

Penyebab herpes HSV-2  atau (herpes genitalis). Virus ini menyerang bagian pinggang ke bawah, biasanya pada bagian kelamin sehingga biasa disebut dengan herpes genitalis.

HSV-2 tidak bisa menular melalui udara, akan tetapi virus herpes ini dapat menular melalui hubungan seks. Penyebab herpes ini biasanya muncul di vagina, dubur, dan selangkangan dan juga tidak bisa sembuh.

Meskipun demikian, bukan berarti herpes genital ini tidak dapat menyerang wanita. Meskipun tidak terlihat secara langsung, wanita harus tetap mewaspadai serangan infeksi virus HSV-2 ini.

Beberapa tanda yang dapat ditemukan ketika seorang wanita terinfeksi virus HSV-2 adalah rasa gatal yang tidak tertahankan pada vagina, serta keluarnya cairan dari alat genital yang tidak biasa. Selain itu terdapat benjolan di sekitar alat genital, sakit saat buang air kecil, dan ada luka di sekitar alat kelamin atau anus.

Gejala yang sering dialami saat terserang virus HSV-2 antara lain seperti:

  • Merasakan gatal-gatal
  • Sakit pada saat buang air kecil
  • Keluarnya cairan dari vagina
  • Munculnya benjolan di selangkangan
  • Munculnya koreng yang menyakitkan pada kemaluan, pantat, anus, atau paha
  • Jika terjadi pada pria, herpes dapat menyebabkan kulit penis kering, perih, dan gatal

Penyebab herpes simplex

Adapun penyebab herpes simplex ini ditularkan melalui sekresi mulut atau luka pada kulit, virus HSV ini dapet menyebar melalui ciuman atau menggunaan barang secara bersama-sama secara bergantian, seperti sikat gigi atau peralatan makan. Seringnya melakukan kegiatan seksual dengan cara oral, herpes genitalis juga dapat disebabkan oleh virus HSV-1 dan herpes oral oleh HSV-2.

Secara umum, seseorang hanya bisa mendapatkan infeksi HSV-2 selama kontak seksual dengan seseorang yang memiliki infeksi genital HSV-2. HSV-1 dan HSV-2 dapat menyebar bahkan jika tidak ada luka. Wanita hamil dengan herpes genital harus berdiskusi dengan dokter karena herpes genital dapat ditularkan ke bayi saat melahirkan nantinya.

Sebagai catatan pening untuk selalu diingat , Bahwa kedua jenis virus ini sangat mudah menular dan penularannya terjadi melalui kontak langsung dari orang yang terinfeksi. Herpes terkadang tidak menimbulkan gejala tertentu, tapi orang yang terinfeksi tetap bisa menularkan virus. Gejalanya yang cukup ringan, sekitar 80 persen orang yang terinfeksi tidak menyadari bahwa mereka telah menderita herpes.

Penyembuhan Herpes Simplex

Berikut ini adalah beberapa perawatan simple  yang dapat dilakukan untuk menangani gejala herpes simplex, antara lain:

  • Mandi Menggunakan Air Hangat
  • Sebaiknya tutup luka dengan es batu yang dibalut dengan kain dan jangan sesekali menempelkan es batu secara langsung pada permukaan yang terluka
  • Membersihkan luka agar tidak menjadi infeksi dan sekaligus untuk mempercepat penyembuhan luka.
  • Bersihkan luka menggunakan air biasa atau air garam
  • Menggunakan pakaian dalam berbahan katun
  • Menggunakan pakaian longgar
  • Menjaga area koreng tetap kering dan bersih
  • Mencuci tangan hingga bersih dengan sabun terutama setelah menyentuh area yang terinfeksi
  • Menggunakan petroleum jelly menjadi obat alami yang bisa digunakan dengan mengoleskan ke area yang terinfeksi

Pengobatan alami penyakit herpes simplex

Selain dengan menggunakan cara-cara diatas, ada juga pengobatan alami untuk mengatasi penyakit ini, antara lain:

  • Bawang putih

Untuk menyembuhkan herpes secara alami Anda bisa menggunakan bawang putih. Kandungan antivirus yang terdapat pada bawang putih mampu melemahkan virus herpes simplex tipe 1 dan 2.

  • Air hangat

Cara berikutnya yaitu dengan menggunakan air hangat. Anda bisa mengompres area yang terkena herpes dengan air hangat. Dengan mengkompresan bisa juga meredakan pembengkakan yang terjadi di area infeksi kulit tersebut.

  • Air es

Selain Air hangat Anda juga bisa menggunakan air es sebagai sarana untuk mengkompres luka-luka yang timbul akibat herpes. Rasa dingin di kulit memang tidak akan menyembuhkan luka tersebut, tapi bisa membantu meredakan rasa nyeri yang timbul.

  • Cuka apel

Selain tiga cara diatas yang bisa Anda coba, Anda juga bisa menggunakan cuka apel. Cuka apel memiliki kandungan anti radang dan antivirus. Bahan yang satu ini pun bisa menjadi salah satu obat herpes alami.

Pencegahan penyakit herpes simplex

Setelah mengetahui gelaja, penyebab herpes simplex kini saatnya Anda untuk mengentahui upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah herpes genital, antara lain:

  • Menghindari berciuman jika diri sendiri atau pasangan memiliki luka pada daerah sekitar mulut
  • Memeriksa status infeksi menular seksual secara berkala pada pasangan
  • Tidak berganti-ganti pasangan seksual

Nah, itu dia informasi seputar penyakit herpes simplex yang perlu Anda ketahui dan perlu diwaspadai. Semoga bermanfaat.