Ternyata, Amandel Bisa Di Tangani Tanpa Operasi

posted in: Blog | 0

Amandel merupakan penyakit yang lebih banyak menyerang anak-anak, Mungkin pernah dong para bunda  pernah melarang si anak untuk mengkonsumsi atau makan jajanan manis ataupun asin karena takut terkena radang amandel. Sakit amandel memang menjadi hal umum yang sering di rasakan oleh anak-anak yang berusia 3 tahun sampai 7 tahun, namun itu bukan berarti orang dewasa tidak bisa terkena sakit yang satu ini.

Ada dua jenis penyakit tenggorokan yang biasa kita dengar, radang tenggorokan dan radang amandel. Kedua jenis penyakit ini memang memiliki gejala yang hampir sama, hanya saja ada gejala tambahan lainya untuk yang mengalami radang amandel.

Nah kali ini sahabat dharma sehat akan berbagi ulasan informasi seputar penyebab amandel, gejala amandel serta cara pengobatan penyakit amandel secara alami. Untuk Anda yang mengalami sakit amandel atau saudara yang memiliki riwayat penyakit ini. Bisa nih ulasan admin di bagikan bagi penderita sakit amandel, yuk pantengin ulasan admin berikut ini ya, scroll aja terus ke bawah.

Penyakit amandel merupakan tonsil atau dua kelenjar yang berbentuk kecil yang ada di sela tenggorokan, fungsi dari kelenjar tonsil sebagai sistem pertahanan tubuh untuk mencegah kuman yang menyerang melalui saluran pernapasan.

Kelenjar ini bekerja dengan maksimal saat kita masih anak, jadi semakin bertambahnya usia sistem kekebalan tubuh semakin kuat sehingga fungsi amandel mulai tergantikan. Amandel akan mengalami penyusutan seiring bertambahnya usia, maka dari itu radang amandel  jarang di temukan pada orang dewasa.

Berdasarkan tingkat keparahanya Penyakit amandel di bedakan menjadi dua jenis yaitu Radang amandel akut dan radang amandel kronis. Ternyata juga banyak yang tidak tahu lho, Jika amandel merupakan penyakit menular hal ini di sebabkan oleh bakteri dan virus yang tersebar. Tidak hanya itu penyakit ini menular bisa melalui kontak langsung dari orang yang sakit ke orang yang sehat, menyentuh area wajah dengan menggunakan telapak tangan yang terkena tetesan air liur orang yang terinfeksi.

Apa Saja Sih Gejala Sakit Amandel

Untuk bisa membedakan rasa sakit amadel dan rasa sakit tenggorokan, silahkan simak ulasan berikut ini dan kenali ciri-cirinya

  1. Sakit tenggorokan

2. Sesak nafas

3. Panas dingin

4. Demam

5. Bau mulut

6. Telinga sakit

7. Sakit Perut

8. Kepala sakit

9. Kesulitan atau sakit saat menelan

10. Rahang dan leher nyeri akibat pembengkakan kelenjar getah bening

11. Amandel yang tampak merah dan bengkak

12. Ada bintik-bintik putih atau kuning pada amandel

Note :  Untuk bunda yang punya anak balita gelaja terlihat seperti air lur yang berlebihan dan penurunan nafsu makan

Nah itulah beberepa gejala penyakit amandel, jika Anda merasakan hal sperti di atas? Bisa langsung konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Agar kita bisa terhindar dari penyebaran penyakit radang amandel, ada beberapa cara nih yang bisa Kita lakukan.

  1. Sering mencuci tangan secara merata, terutama usai menggunakan toilet dan sebelum makan
  2. Rajinlah minum air putih agar terhindar dari dehidrasi
  3. Saat bersin tutuplah mulut dan hidung menggunakan tisu atau kain lainya
  4. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet, penyedap rasa dan MSG
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bagi yang sudah mengalami radang amandel tidak perlu risau dan khawatir, memang kita sering mendengar jika sakit amandel hanya bisa di tangani dengan operasi pembedahan padal tanggapan itu tidak sepenuhnya benar lho, sebenarnya ada cara pengobatan secara alami yang bisa Anda lakukan.

Begini Cara Mengobati Amandel Secara Alami

  1. Bawang Putih

Bawang puitih di kenal sebagai bumbu dapur, namun jangan salah ternyata bawang putih juga sebagai obat alami yang di percaya menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga sangat efektif untuk melawan virus dan bakteri yang masuk melalui saluran tenggorokan.

Nah cara mengolah bawang putih sebagai obat alami amandel dengan cara memakanya secara utuh namun jika untuk anak-anak pasti tidak tahan dengan aroma dan rasanya karena sangat menyengat, Anda bisa mengolah dengan cara merebus dua siung bawang yang sudah di geprek kemudia selama 5 menit angkat dan saring bawang putih dari air rebusan tadi, setelah itu campurkan ke minuman teh. Untuk menambah rasa manis yang di sukai anak-anak, bunda bisa campurkan satu sendok madu ke dalam teh.

2. Kayu manis

Kayu manis di percaya memiliki kandungan yang bisa menekan pertumbuhan bakteri da dapat membantu mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan peradangan pada tenggorokan.

Untuk menggunakan kayu manis sebagai obat amandel, Anda bisa menambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air lalu ampurkan dua sendok teh madu, lakukan ini secara rutin kurang lebihnya semiggu tiga kali.

3. Air Garam

Secara penelitian pengobatan amandel secara alami dengan berkumur air garam hangat. Hal ini menjadi cara yang terkenal dan terbaik lho. Caranya juga mudah untuk di lakukan kok, Anda hanya mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, setelah itu berkumur menggunakan air, agar proses pemulihan cepat, ulangi cara ini serutin mungkin.

4. Kemangi

Tanaman kemangi di percaya sebagai obat radang amandel yang dapat mmebantu mengurangi pembengkakan dan bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokan, tanaman ini juga di percaya memiliki sifat anti virus dan anti peradangan.

Cara pengolahanya juga mudah di lakukan dnegan menambahkan daun kemnagi sekitar 10 sampai 12 ke satu setengah gelas air, kemudian rebus kurang lebihnya 10 menit. bisa di tambahkan dengan satu sendok teh madu jika rasa kurang enak di nikmati atau menyengat.

Nah itulah beberapa cara mengobati penyakt amandel secara alami tanpa perlu operasi, Nah jika Anda tidak ada waktu luang untuk melakukan hal di atas. Anda bisa mencoba paket obat amandel nasa yang sudah terbukti tanpa perlu operasi. Dapatkan paket herbal ini dengan memesanya via online maupun offline.

Semoga informasi bermanfaat  !! Salam sehat dan tetap semangat !!