4 Bahaya Minum Air Dingin atau Es

posted in: Pengobatan | 0
4 Bahaya Minum Air Dingin atau Es

4 Bahaya Minum Air Dingin atau Es – Memilih untuk minum minuman yang dingin setelah makan atau olahraga memang terasa NIKMAT dan menyegarkan. Namun, ini ternyata suatu kebiasaan yang SALAH yang bila dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan GANGGUAN kesehatan dan metabolisme dalam tubuh.

BAHAYA yang mengancam seseorang yang minum air dingin setelah makan dan olahraga mesti diwaspadai oleh Anda karena hal ini penting untuk kesehatan Anda sendiri.

Berikut ini adalah 4 Bahaya Minum Air Dingin atau Es yang MENGANCAM setelah Anda makan atau berolahraga:

1. Memperlambat PENCERNAAN.

Kebiasaan minum air dingin setelah makan bisa menyebabkan usus MENYEMPIT.

2. Penyempitan saluran usus.

Bila makanan yang kita konsumsi membentuk lemak, dikarenakan air dingin yang diminum. Maka akan terjadi penumpukan lemak di bagian saluran usus yang akan menyebabkan penyempitan saluran usus.

3. Kepala terasa PUSING.

Hal ini diakibatkan oleh karena saraf pusat tidak siap menerima respon perubahan panas ke dingin tubuh dalam waktu yang singkat.

4. Bisa Terjadi Pembekuan Otak

Pembekuan otak menurut para ahli adalah rasa pening yang sangat, sesaat setelah minum es atau keramas air dingin kala cuaca sedang panas.

Hampir semua orang pasti pernah merasakan dan mengalami sensasi tersebut di beberapa moment dalam hidup mereka. Hal tersebut terjadi saat minuman dingin, atau es yang mereka konsumsi mengenai dinding atas mulut.

Penelitian tentang bagaimana proses terjadi sakit kepala atau pembekuan otak sesaat kala seseorang meminum air es, membuka jalan pada kemungkinan pengobatan yang lebih baik untuk pasien migrain dan jenis sakit kepala lain.

Pada penelitian tersebut, sejumlah orang diminta untuk meminum air es menggunakan sedotan hingga mengenai dinding langit-langit mulut mereka.

Aliran darah menuju otak mereka lantas dimonitor menggunakan “transcranial doppler test,” yang mengungkap bahwa terjadi peningkatan aliran darah menuju otak melewati arteri serebral anterior.

Ini yang memicu terjadi rasa pening sesaat atau pembekuan otak. Namun, segera setelah aliran darah tersebut normal kembali, maka rasa pening tersebut hilang berangsur.

Pada penderita migrain dan jenis sakit kepala lain, pembekuan otak lebih sering terjadi, sebab adanya perubahan aliran darah otak.

Dikutip dari CBSnews, Dr. Jorge Serrador yang merupakan seorang peneliti Harvard Medical School berkata;

    “Otak adalah organ tubuh yang sangat penting dan bekerja terus menerus. Otak juga sensitif terhadap suhu, hingga diperlukan obat yang disebut vasodilasi agar darah hangat mengalir di dalam jaringan untuk memastikan otak tetap hangat.”

Jika suhu otak tidak terjaga dan terus turun, maka akan terjadi hal yang fatal, lanjutnya.

Nah sobat Dharma semua,bagi Anda yang selama ini sering minum air dingin atau air ES setelah makan atau berolahraga,cobalah mulai saat ini kebiasaan tersebut di hilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *