Khusus Wanita Cara Cepat dan Aman Mengatasi Telat Datang Bulan

posted in: Pengobatan | 0

Khusus Wanita Cara Cepat dan Aman Mengatasi Telat Datang Bulan. Seorang wanita yang mengalami telat datang bulan merupakan sesuatu hal yang sangat dikhawatirkan. Telat datang bulan ini memiliki nama medis oligomenorrhea.

Penyebab Telat Datang Bulan

Ada beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan wanita memiliki siklus haid yang tidak teratur seperti:

1.Stress

Ketika Anda mengalami stress hormon pada otak yang mengatur siklus menstruasi akan terganggu. Stress juga mengakibatkan berat badan naik atau turun secara drastis. Jika stress sudah mengganggu siklus menstruasi Anda maka harus mengubah gaya hidup dan rutin berolahraga.

2.Obesitas

Menambahnya berat badan secara drastic juga bisa memicu perubahan hormone pada wanita. Para ahli menjelaskan bahwa wanita yang memiliki indeks massa tubuh lebih dari 30 sangat tinggi resikonya memiiki siklus haid yang tidak teratur. Solusi yang tepat bagi penderita ini yaitu dengan diet dan olahraga yang teratur.

3.Berat Badan Turun

Bagi Anda yang mengalami penurunan berat badan dikarenakan gangguan makan sangat beresiko terkena siklus haid yang tidak teratur. Berat badan yang kurang dari berat badan ideal akan memepengaruhi fungsi tubuh terutama ovulasi akan terganggu. Cara yang tepat untuk penderita ini yaitu dengan mengatur pola makan agar bisa mendapatkan berat badan yang ideal sehingga siklus haid kembali normal

4.Alat Kontrasepsi

Beberapa alat konstrasepsi seperti pil KB mengandung hormone estrogen dan progestin yang bisa mencegah indung telur melepasan sel telur. Dibutuhkan waktu beberapa bulan setelah berhenti meminum pil KB  agar siklus haid kebali normal.

5.Penyakit Kronis

Ada beberapa penyakit kronis yang dapat mempengaruhi siklus haid tidak lancar seperti diabetes dan penyakit celiac. Gula darah yang tidak stabil sangat berkaitan dengan perubahan hormon, sehingga siklus menstruassi tidak lancar.

6.Masalah Tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi mengatur metabolism tubuh. Jika hormon tidak bekerja dengan baik maka siklus haid pun akan terganggu. Kelenjar tiroid yang tidak berfungsi dapat ditandai melalui tubuh yang merasa sangat lelah, berat badan cepat berubah, rambut sering rontok, dan sensitive terhadap  suhu panas dan dingin.

7.Menopause dini

Masa menopause yang normal yaitu pada usia 45- 55 tahun. Namun ada pula yang mengalami menopause dina atau masa menopause belum waktunya. Menopause dini dialami oeh wanita yang berumur 40 tahun kebawah.  Masa menopause menyebabkan melepasnya sel telur berhenti, berhentinya menopause menyebabkan terlambatnya siklus haid.

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Ada beberapa tips yang bisa mengatasi telat datang bulan tanpa efek samping dan mudah untuk dibuat sendiri seperti:

1.Jus Wortel

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Wortel memang sangat terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Wortel memilki ksndungan vitamin A dan Vitamin C yang tinggi, Kalsium, erta iron yang bisa membantu memuihkan hormon dalam tubuh yang teranggu. Rutin mengkonsumsi jus wortel dapat melancarkan datang bulan.

2.Daun Pepaya

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Daun pepaya terkenal dengan rasa yang pahit sehingga kebanyakan orang tidak menyukainya. Daun pepaya memiliki banyak manfaat dan kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat pada daun pepeya seperti vitamin A, B, C, D, dan E serta kalsium. Cara melancarkan haid dengan daun pepaya yaitu dengan meminum air rebusannya. Cara merebusnya yaitu dengan cara mencampurkan dua gelas air mineral, daun pepaya, asam jawa, dan garam. Ramuan itu juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa nyeri saat datang bulan.

3.Air Kelapa Hijau

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Senyawa yang terkandung dalam air kelapa hijau dapat membantu melawan berbagai macam penyaki. Senyawa ini sebagai anti- bakteri, anti- jamur, dan anti –virus. Air kelapa hijau juga mengandung gizi yang diperlukan dalam tubuh.

4.Kunyit

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat salah stunya dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan jamu. Kunyit megandung senyawa yang berkhasiat sebagai obat yaitu kurkumin. Kurkumin berguna sebagai anti- inflamasi dan anti- oksidan. Cara mengatasi datang bulan yang tidak lancar yaitu dengan menjadikan kunyiy sebagai jamu dan bisa juga dicampr dengan rempah lainnya.

5.Jahe

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Jahe memiliki banyak kandungan seperti minyak atsiri, vitamin A, B2, C, Karbohidrat, Serat, Lemak, Kalsium, Zat Besi, Sodium, FOsfor, dan Niasin. Cara mengatasi masalah haid dengan jahe yaitu dengan meminum air rebusan jahe yang telah dicampur beberapa bahan lainnya.

6.Gaya Hidup Sehat

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Memilki siklus haid yang tidak teratur juga disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Melakukan gaya hidup sehat dengan menerapkan makanan yang sehat dan olahraga yang teratur. Kurangi hal- hal yang hidup Anda tidak sehat seperti merokok, minum alcohol, minum kopi berlebihan, sering begadang.

7.Istirahat Teratur

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Dengan istirahat yang cukup, hormone yang ada pada tubuh akan bekerja dengan normal sehingga Anda tidak mudah mengalami stress yang bisa mempengaruhi hypothalamus yang merupakan hormone yang megatur periode haid.

8.Rajin Minum Air Putih

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Cara yang paling mudah mengatasi siklus haid yang tidak lancar yaitu dengan cara teratur dan rajin meminum air putih. Air putih sangat penting dalam menyeimbangkan metabolism dalam tubuh. Jika metabolism lancar maka siklus haid pun akan lancar.

Itulah bebebrapa tips yang aman dan mudah untuk mengatasi telat datang bulan. Agar hasil maksimal lakukan secara teratur.