Fakta Yang Yang Harus Diketahui Tentang Pewarnaan Rambut

posted in: Blog, kecantikan | 0

Banyak orang yang merasa bosan dengan penampilan rambut yang itu- itu saja. Dengan itu biasanya akan bereksperimen untuk mencoba hal baru pada rambutnya, seperti pemberian warna rambut. Banyak sekali merk perawarna rambut yang memiliki semua jenis warna. Namun sebelum itu harus mengetahui terlebih dahulu tentang fakta pewarnaan rambut.

Fakta Yang Yang Harus Diketahui Tentang Pewarnaan Rambut

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mewarnai Rambut

Sebelum kita melakukan pewarnaan pada rambut kita, kita harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu terutama bagi Anda yang baru pertama kali mewarnai rambut:

1.Kenali Warna Rambut

Bagi Anda yang akan mewarnai rambut hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengenali warna rambut yang akan diaplikasikan agar tidak memiliki terkesan yang wagu. Pemilihan warna juga harus disesuaikan dengan warna kulit agar tidaak terkesan kontras.

2.Memulai Dengan Warna Netral

Bagi pemula sebaiknya tidak memilih warna yang mencolok, sebaiknya memilih warna yang netral seperti coklat atau hitam kemerahan. Jika Anda langsung memilih warna yang mencolok maka akan membuat rambut Anda kurang estetika.

3.Jangan Keramas

Sebelum mengecat rambut disarankan sebaiknya tidak melakukan keramas rambut apalagi memakai shampoo. Hal ini dikarenakan akan menghilangkan minyak alami rambut. Minyak alami rambut berfungsi melindungi kulit rambut saat pengecatan agar tidak iritasi’

4.Gunakan Shampo khusus

Jika Anda sudah melakukan pewarnaan rambut, untuk membersihkannya harus menggunakan shampoo khusus. Biasanya shampoo khusus bagi rambut berwarna harus memiliki kandungan sunscreen.

5.Perawatan Rambut

Setelah Anda memiliki warna rambut yang sesuai Anda harus melakukan perawatan yang rutin agar rambut tidak mudah rusak. Caranya yaitu dengan pemberian masker rambut, kondisioner, ataupun vitamin secara rutin.

Bahaya Yang Ditimbulkan

Setelah kita melakukan pewarnaan rambut dengan hasil yang memuaskan pasti kita akan sering melakukan gonta- ganti warna rambut setiap beberapa bulan sekali. Namun hal itu dapat menimbulkan hal- hal yang terkadang jarang kita ketahui seperti:

1.Reaksi Alergi

Tidak semua orang berhasil melakukan pewarnaan pada rambutnya. Terkadang ada orang yang yang melakukan pewarnaan warna rambut akan menimbulkan reaksi alergi pada kulit kepala. Untuk itu sebelum melakuka pewarnaan rambut harus mengetahui jenis pewarna yang sesuai dengan kulit kepala.

2.Rambut Rapuh

Sering gonta- ganti warna rambut akan membuat rambut menjadi rapuh. Hal ini dikarenakan bahan kimia yang terkndung pada pewarna akan memisahkan skala kutikula yang bisa menyebabkan rambut kering dan rapuh.

3.Kanker

Melakukan pewarnaan rambut tidak hanya menyebabkan masalah disekitar kepala, tetapi bagian tubuh lainnya juga akan terkena dampaknya. Kandungan kimia yang terdapat pada pewarna rambut dapat menyebabkan kanker, salah satunya yaitu kanker payudara.

Itulah beberpa hal yang perlu dibperhatikan sebelum memakai pewarna rambut, dan bahaya jika pemakaian dalam jangka panjang. Untuk itu peliharalah rambut secara alami agar memiliki rambut yang sehat.