Fakta Daun Stevia Sebagai Pemanis Alami Nol Kalori

posted in: Blog, Pengobatan | 0

Banyak yang sudah menyadari jika mengonsumsi gula yang berlebih dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. Oleh karena itu sekarang banyak orang yang sudah menggantinya dengan yang lebih alami seperti menggunakan daun stevia. Daun stevia adalah salah satu jenis tanaman yang sudah banyak digunakan untuk pemanis alami. Daun ini memiliki kandungan senyawa yang memiliki rasa manis seperti stevioside dan rebaudioside. Kandungan manis alami yang terdapat pada daun stevia ini hingga 200- 300 lipat dari gula pasir. Tetapi pemanis ini memiliki sedikit kandungan karbohidrat dan nol kalori.  Sudah banyak Negara yang memanfaatkan daun stevia sebagai pemanis alami seperti di Negara Jepang, Korea, China, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.

Fakta Daun Stevia Sebagai Pemanis Alami Nol Kalori

Manfaat Daun Stevia

Mengetahui banyaknya kandungan yang baik dalam daun stevia, banyak yang memanfaatkan dalam kesehatan seperti:

1.Pemanis Untuk Penderita Diabetes

Seseorag yang terkena diabetes tentunya sangat menghindari makanan yang mengandung gula. Namu sekarang sudah ada solusi bagi yang terkena diabetes tetapi tetap bisa mengonsumsi makanan yang manis. Daun stevia baik dikonsumsi oleh sesorang yang terkena diabetes karena tidak dapat membuat kadar gula dalam darah melonjak dan dapat mengatur kadar gula dalam darah.

2.Baik Untuk Diet

Daun stevia memiliki kandungan yang baik untuk menurunkan berat badan sehingga sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang melakukan program diet. Hal ini dikarenakan daun stevia tidak mengandung kalori yang bisa menyebabkan naiknya berat badan. Untuk menunjang program diet, selingi juga untuk mengonsumsi makanan yang memiliki serat seperti buah- buahan.

3.Menurunkan Tekanan Darah

Tidak hanya untuk mengontrol kandungan gula dalam darah, daun stevia juga bisa membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan daun stevia memiliki kandungan glikosida yang sudah terbukti dapat melebarkan pembuluh darah dan mengoptimalkan fungsi saluran urine.

4.Mencegah Gigi Berlubang

Kebanyakan gula yang biasa kita konsumsi dapat menyebabkan gigi berlubang. Namun daun stevia memiliki kandungan alami yang tidak menyebabkan gigi berlubang. Dengan mengonsumsi daun stevia maka akan terhindar dari gigi berlubang. Namun hal ini juga tetap diselingi dengan rajin menggosok gigi.

5.Mengatasi Peradangan

Daun stevia memiliki kandungan antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi. Untuk itu dengan mengonsumsi dau stevia akan mengatasi seseorang yang terkena peradangan yang biasanya disebabkan oleh radikal bebas.

6.Merawat Kesehatan Kulit

Daun stevia mengandung protein, serat, fosfot, karbohidrat, kalsium, kalium, magnesium, vitamin C, vitamin A, dan klorofil. Dari kandungan baik tersebut yang terdapat pada daun stevia, sangat baik untuk kesehatan kulit seperti mngencangkan kulit dan mengurangi kerutan pad wajah. Kandungan antibakteri yang terdapat pada daun stevia juga dapat bermanfaat untuk mengobati masalah kulit seperti jerawat, kusam, noda wajah, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *