Iniloh Cara Mengatasi Gigi Goyang Dengan Bahan Alami

posted in: Pengobatan | 0

Gigi goyang adalah salah satu keluhan pada gigi yang sering terjadi. Mengalami gigi yang goyang akan membuat kita jengkel karena akan sulit untuk memakan sesuatu. Untuk itu banyak orang yang melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi gigi goyang. Jika mengalami gigi goyang yang sudah terlalu parah, kebanyakan dokter akan menyerankan untuk mencabutnya.

Perhatikan Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Goyang Dengan Bahan Alami

Penyebab Gigi Goyang

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara menyembuhkan gigi goyang, terlebih dahulu mengenal apa saja yang bisa menyebabkan gigi goyang agar kita bisa mengatasinya sebelum terjadi pada gigi kita:

1.Kelainan atau Penyakit

Jika terjadi kelainan atau asalah pada jaringan pendukung gigi seperti kulkus yang terlalu tebal dan lama dibiarkan serta memiliki penyakit sistemik seperti diabetes atau kencing manis sangat mudah  mengalami gigi goyang.

2.Periodontitis

Periodontitis atau yang biasa disebut dengan radang gusi. Periodontitis adalah peradangan dan infeksi pada area gusi yang biasanya diakibatkan oleh kurangnya kebersihan mulut. Plak yang menumpuk pada gigi dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri yang jika dibiarkan akan mengeras dan menjadi tartar.

3.Hormon Kehamilan

Jarang diketahui, ternyata kehamilan juga bisa menyebabkan gigi goyang. Hal ini dikarenakan hormone progesterone dan estrogen yang meningkat selama kehamilan dan menyebabkan pelonggaran pada jaringan ikan dan tulang disekitar gigi.

4.Osteoporosis

Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang menyebabkan tulang menjadi rapuh dan rentan mengalami kerusakan. Kebanyakan osteoporosis hanya menyerang tulang punggung dan pinggang. Namun osteoporosis bisa menjadi penyebab gigi goyang. Hal ini dikarenakan osteoporosis juga dapat menyerang jaringan tulang pada rahang yang berfungsi menyokong gigi. Tulang rahang yang rapuh tidak dapat menyokong gigi dengan benar.

Cara Mengatasi Gigi Goyang

Ternyata bahan- bahan dapur yang sering kita lihat bisa mengatasi gigi goyang loh! Oleh sebab itu akan mudah mengobati tanpa harus dengan yang mahal- mahal. Inilah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi gigi goyang seperti:

1.Air Garam

Cara Mengatasi Gigi Goyang

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Selain sebagai bumbu dapur, ternyata garam juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan gigi goyang. Caranya yaitu campurkan satu sendok garam dengan satu gelas air hangat, kemudian gunakan sebagai obat kumur. Air garam mampu membasmi bakteri dan meredakan infeksi pada gusi yang menyebabkan gigi goyang. Kumur dengan air garam secara teratur dapat terhindar dari periodontitis.

2.Buah Cermai

Cara Mengatasi Gigi Goyang

Buah cermai adalah salah satu buah yang biasa tumbuh disekitar kita. Buah cermai berwarna hijau kekuningan yang ternyata bisa untuk mengatasi gigi goyang pada orang dewasa. Buah cermai mampu memerbaiki jaringan penghubung yang rusak pada gusi. Caranya yaitu ambil ekstrak buah cermai dan campurkan dengan satu gelas air hangat. Kemudian minum satu kali sehari.

3.Kunyit dan Lada Hitam

Cara Mengatasi Gigi Goyang

Kunyit dan lada hitam juga bahan dapur yang sering kita jumpai. Kunyit dan lada hitam ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi gigi goyang. Hal ini dikarenakan kunyit dan lada hitam memiliki khasiat sebagai antiperadangan selain itu juga bisa mengembalikan kekuatan gusi.

4.Mustard

Cara Mengatasi Gigi Goyang

Mustard juga bisa digunakan untuk mengatasi gigi goyang secara alami. Mustard tergolong rempah yang memiliki asam yang khas dari tanaman sasawi. Selain itu mustard juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, serta kalium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi.

5.Bawang Putih

Cara Mengatasi Gigi Goyang

Bawang putih memilki sifat antimikroba yang sangat kuat. Jika gigi goyang yang disebabkan oleh infeksi bakteri, maka bisa disembuhkan dengan bawang putih. Caranya yaitu dengan tempelkan bawang putih pada gigi yang goyang., maka bakteri penyebab gigi goyang dapat hilang dengan singkat.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gigi yang goyang tanpa obat yang mahal. Untuk lebih maksimal dalam penyembuhan, tetap rajin menggosok gigi dengan pasta gigi yang bisa melindungi gigi dari berbagai masalah gigi.