Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Secara Alami

posted in: Blog, kecantikan | 0

Meski tidak menyakitkan atau berbahaya, flek hitam di wajah memang cukup  mengganggu penampilan. Bukan hanya itu saja, bahkan sering kali kita bisa dibuat jadi tidak percaya diri karenanya. Tapi Anda tak perlu gelisah. Kabar baiknya, Anda bisa mengusir noda hitam di wajah dengan berbagai cara yang mudah. Beberapa di antaranya menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik kecil pada kulit yang berwarna lebih gelap daripada area di sekelilingnya. Flek hitam ini biasa sering muncul di wajah. Flek hitam adalah kondisi yang wajar dan dapat terjadi di segala usia, terutama pada musim panas dan pada orang yang berkulit putih. Kondisi ini terjadi akibat peningkatan produksi pigmen alami kulit (melanin). Sekalipun hal wajar, tentunya hal ini akan sangat menganggu penampilan Anda.

Penyebab Flek Hitam

Flek hitam dapat muncul karena berbagai banyak faktor salah satu muncul nya flek pada wajah yaitu peningkatan produksi melanin di kulit, terlebih setelah terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet. Melanin merupakan pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak kandungan melanin pada kulit, maka semakin gelap kulit orang tersebut.

Flek hitam dapat dialami oleh semua orang di segala usia. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya flek hitam, yaitu:

  • Sering terpapar sinar matahari atau terpapar dalam waktu yang lama
  • Memiliki kulit putih atau cerah
  • Memiliki keluarga yang juga mengalami kondisi serupa (faktor genetik)

Gejala Flek Hitam

Flek hitam tidak berbahaya bagi kesehatan dan umumnya tidak berisiko kanker. Namun, pada kasus yang jarang, flek hitam dapat menjadi gejala dari penyakit xeroderma pigmentosum dan neurofibromatosis. Flek hitam yang sulit dibedakan dengan kondisi kanker kulit juga berbahaya, contohnya melanoma. Oleh karena itu, ada baiknya mewaspadai bercak atau titik noda tersebut. Segera temui dokter kulit untuk mengenali dan mendapatkan diagnosis yang tepat.

Flek hitam bukan suatu kondisi yang dapat menimbulkan gejala tertentu. Meski demikian, kondisi ini memiliki karakteristik khas dari segi warna, bentuk, lokasi, dan pemicunya. Berikut ini merupakan penjelasannya:

  • Warna
    Flek hitam umumnya tidak berwarna hitam, tetapi kemerahan atau kecokelatan dan lebih gelap dibanding area kulit sekitarnya.
  • Bentuk
    Flek hitam tampak seperti bercak atau titik-titik noda kecil (berukuran sekitar 1 mm) dan datar (tidak menonjol) yang menyebar di permukaan kulit.
  • Lokasi
    Flek hitam biasa muncul di wajah dan umumnya menyebar dari tulang hidung ke pipi. Flek hitam juga biasa muncul di leher, dada, dan lengan.
  • Pemicu
    Flek hitam biasa muncul setelah terpapar sinar matahari, seperti pada musim panas dan akan menghilang bila tidak terpapar sinar matahari.

Sekarang Anda bisa mengusir noda hitam di wajah dengan berbagai cara yang mudah. Beberapa di antaranya menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Berikut adalah tipsnya:

  1. Madu

Madu tidak hanya membantu untuk menambah cita rasa makanan, tetapi juga salah satu bahan alami terbaik yang disukai kulit. Manfaat madu bisa diaplikasikan pada wajah lebih dari yang bisa Anda bayangkan.

Antiseptik alami  yang terdapat dalam madu dapat membantu menyembuhkan kulit dengan cepat. Sifat antibakterinya membantu menghilangkan bakteri dan kuman dari kulit Anda. Sifat anti-inflamasinya mengurangi peradangan kulit yang memicu jerawat dan sarat dengan antioksidan.

Untuk tips yang pertaman untuk mengusir glek hitam membandel pada wajah Anda dapat mengoleskan madu secara langsung ke kulit dan mendiamkannya selama lima sampai 10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Kandungan pada madu mampu membantu masalah pigmentasi pada kulit.

Anda juga dapat membuat scrub campuran madu dengan garam atau gula sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel. 

2. Jus lemon

Lemon, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan buah yang bercita ras asam ini. Lemon sudah lama dikenal sebagai buah yang mengandung banyak khasiat. Tak hanya lezat untuk dikonsumsi, jeruk lemon juga bisa diaplikasikan dari luar untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Manfaat yang terdapat pada buah lemon untuk kulit tak lepas dari banyaknya kandungan zat penting yang dimiliki.

Vitamin C yang terkandung pada buah Lemon sangat baik untuk kesehatan kulit. Terutama untuk menghilangkan flek hitam, ada dua cara yang bisa dilakukan dengan lemon, yakni sebagai masker wajah atau mengkonsumsi jusnya setiap hari.

Jika kamu ingin menggunakannya sebagai masker, Anda bisa oleskan perasan lemon pada wajah yang terdapat flek hitam. Diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Gunakanlah secara rutin untuk hasil yang maksimal.

3. Kayu Cendana

Cendana adalah bahan yang sangat sering ditemukan dalam produk kecantikan. Beberapa produk pribadi yang sering menggunakan cendana adalah sabun, krim, bubuk, masker wajah, dan sabun cuci tangan. Cendana memang dikenal dengan aromanya yang kuat, yang tetap tercium di udara untuk waktu yang cukup lama.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat cendana untuk kulit seperti :

  • Anti-tanning
  • Anti-penuaan
  • Melembutkan kulit
  • Menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat
  • Membersihkan kulit

4. Bawang Merah

Ternyata bahan dapur satu ini juga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit, termasuk menghilangkan flek hitam. Caranya juga sangat mudah Anda bisa haluskan terlebih dahulu bawang merah, kemudian tambahkan satu sendok makan madu, lalu oleskan pada wajahmu. Diamkan selama 20 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

5. Gunakan Produk Anti Flek

Bagi Anda yang tidak mau rabet, Anda bisa menggunakan cara kelima ini.  Anda bisa gunakan produk terbaru dari NASA yaitu Lacoco Dark Spot Essence Anti Flek.

Anti Flek Lacoco ini telah diformulasikan untuk membantu menghilangkan flek hitam membandel  dan mencegah datangnya flek hitam akibat paparan sinar UVA dan UVB serta untuk memudarkan bekas jerawat. Produk ini memiliki kandungan ekstrak mulberi, ekstrak Licorice dan ekstrak wortel, dimana bahan-bahan ini memiliki efek lansung dalam mencerahkan dan memudarkan flek hitam di wajah. So, kalau ada produk lokal yang berkualitas kenapa harus milih yang jauhkan?