Ternyata Kebiasaan Ini Dapat Merusak Mata

posted in: Blog | 0

Mata merupakan panca indera manusia yang sangat penting atau esensial. Dapat dibayangkan jika kita mengalami kerusakan mata atau kebutaan, makan kita tidak dapat menikmati dan merasakan betapa indahnya alam semesta ini.

Oleh karena itu, bukan hal yang mengherankan jika banyak orang yang melakukan perawatan mata agar mendapatkan kesehatan mata yang optimal. Namun tanpa disadari, kita sering kali melakukan percobaan dalam melakukan perawatan mata yang justru dapat membahayakan kesehatan mata. Dan yang lebih parah lagi kita sering lupa untuk melakukan perawatan mata, padahal seperti halnya bagian tubuh yang lain, mata mungkin saja terkena gangguan atau masalah kesehatan. Gangguan-ganguan tersebut bisa disebabkan oleh udara yang tidak bersih atau terpolusi, radiasi sinar matahari, radiasi akibat terlalu lama di depan komputer, dan gangguan-gangguan lainnya.

Gangguan kesehatan mata yang umum terjadi adalah penurunan fungsi penglihatan, gejala mata merah tanpa ada penurunan fungsi penglihatan, dan mata merah dengan fungsi penglihatan turun. Sampai saat ini, penyakit mata yang banyak diderita adalah katarak, glukoma, dan infeksi.

Berikut ini adalah kebiasaan yang dapat merusak mata, antara lain seperti:

  1. Menyentuh atau mengucek mata

Hal yang paling sering dilakukan yaitu menyentuh dan mengucek mata, terlebih ketika mata terasa gatal. Sayangnya, mengucek mata terlalu keras dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan mengalami peradangan. Oleh karena itu, saat mata Anda terasa gatal atau ada sesuatu yang terjadi pada mata Anda, Anda cukup menutup mata Anda dan menyentuh bagian luar mata saja.

Bukan hanya itusaja,  saat Anda menyentuh atau menggosok mata belum ada jaminan bahwa tangan Anda dalam keadaan bersih. Padahal, mata Anda dilindungi oleh selaput lendir (jaringan yang dapat mengumpulkan kotoran dan sehingga selaput lendir pada mata menjadi tempat terbaik untuk kuman dapat berkembang) sehingga jika Anda menyentuh atau menggosok mata dengan tangan yang tidak bersih, maka ada kemungkinan besar kuman akan masuk ke dalam mata Anda.

2. Tidur dengan makeup mata

Penyebab mata rusak yang terjadi karena kebiasaan yang Anda lakukan yaitu tidur dengan makeup mata. Tentunya hal ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Dengan makeup di bagian mata yang masih menempel pada mata Anda dapat menyumbat kelenjar di sekitar mata Anda dan akan menyebabkan iritasi pada kulit, jerawat, bahkan bisa saja muncul benjolan pada sekitar kelopak mata Anda. Selain itu, jika Anda tidur dengan menggunakan bulu mata palsu, lem yang digunakan untuk menempelkan bulu mata pada mata Anda dapat masuk ke dalam kornea dan menyebabkan peradangan.

3. Menggunakan obat tetes mata saat mata merah

Mungkin Anda beranggapan jika mengalami mata merah cara untuk meredakan dengan menggunakan obat tetes mata. Ternyata obat tetes mata yang Anda gunakan dengan tujuan meredakan mata merah yang Anda alami mengandung vasokonstriktor, yaitu bahan yang dapat mengecilkan pembuluh darah sehingga dapat membuat merah pada mata Anda tampak berkurang. Namun yang perlu Anda ketahui adalah, obat mata juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang dapat membuat masalah pada mata Anda dalam jangka panjang. Oleh karena itu, jika Anda mengalami mata merah, konsultasikan pada dokter mata agar didapatkan penanganan yang tepat.

4. Terlalu lama menatap layar handphone

Apakah Anda memiliki aktifitas dengan menggunakan handphone, laptop dan lain sebagainya? Saat kita mencari sesuatu informasi denganmenggunakan handphone kita cepat untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan. Sering menatap layar handphone entah untuk bermain games, sosial media, atau selfie. Sayangnya, menatap layar smartphone atau perangkat elektronik lainnya terlalu lama tidak baik untuk kesehatan mata karena terlalu fokus pada satu titik daja dapat menyebabkan ketegangan pada mata dan menimbulkan sakit kepala. Oleh karena itu, biasakan untuk menerapkan aturan 20-20 untuk menjaga kesehatan mata Anda; yaitu 20 menit menatap layar smartphone atau perangkat elektronik lainnya dan 20 detik untuk melihat ke kejauhan agar mata Anda tidak sekedar fokus pada satu titik saja.

Perawatan Kesehatan Mata

Mencegah lebih baik daripada mengobati, tidak terkecuali untuk kesehatan mata. Banyak cara sederhana untuk melakukannya. Beberapa langkah mudah berikut ini bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Unruk memiliki mata yang sehat Anda perlu memperhatikan perawatan kesehatan mata Anda, seperti:

Melakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Untuk menjaga kesehatan mata yang pertama Anda dianjurkan untuk memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali. Rutin memeriksakan mata dapat mendeteksi dini masalah pada mata akibat penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Tentu pemeriksaan antara orang dewasa dan anak-anak berbeda. Orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak. Sedangkan anak-anak harus diperiksa, setidaknya dua tahun sekali, untuk mendeteksi masalah penglihatan yang mungkin dapat memengaruhi kemampuan belajar nya. Anak-anak tidak perlu harus sudah bisa membaca untuk melakukan pemeriksaan mata.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Selain melakukan pemeriksaan mata secara rutin Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat yang mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin A, C dan E, zinc, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3, dapat membantu menangkal masalah mata terkait usia, misalnya katarak dan degenerasi makula. Berbagai nutrisi tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Elektronik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, terlalu sering menatap layar dapat menyebabkan mata rusak. Menatap layar  komputer atau smartphone terlalu lama dapat menyebabkan mata lelah. Gejalanya dapat berupa sakit kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering dan tegang, sulit fokus menatap kejauhan, dan pandangan menjadi kabur. Jika Anda bekerja di depan komputer setiap hari, tiap 20 menit alihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik, untuk mengurangi ketegangan pada mata. Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam sekali. Jika mata Anda terasa kering, seringlah mengedipkan mata.

Membuang Makeup Lama

Pada riasan mata bentuk cair atau krim, bakteri dapat tumbuh dengan mudah. Buang dan ganti makeup Anda jika sudah 3 bulan digunakan. Selalu ingat untuk tidak meminjam dan meminjamkan makeup dari dan kepada orang lain. Serta pastikan untuk mencuci wajah hingga bersih sebelum dan setelah memakai makeup. Jika mengalami iritasi atau infeksi mata ketika mengenakan makeup, hapus riasan dan segera periksakan diri ke dokter.

Rajin Olahraga

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Cara menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Jika terasa seperti ada butiran pasir di mata, bilas dengan air bersih. Apabila mata terasa gatal atau terlihat merah,  atau kompres dengan menggunakan air dingin.

Bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami masalah pada mata Anda, Anda bisa mengonsumsi paket kesehatan mata nasa yang terdiri ox pw dan lecithin.

Segera periksa kan ke dokter mata jika keluhan pada mata terus berlanjut, atau jika mata terasa sakit, bengkak, sensitif terhadap cahaya, seperti ada bintik-bintik gelap mengambang ketika melihat, atau jika Anda mengalami gangguan penglihatan.