Diskon 50% untuk beli produk Moreskin Aloe Vera ISI 250 ML, klik disini

5 Cara Merawat Tanaman Mangga Agar Berbuah Lebat

Apakah kamu pernah melihat pohon mangga yang sudah lama ditanam namun hanya menghasilkan buah yang sedikit atau bahkan tidak berbuah sama sekali? Hal itu karena cara merawat tanaman mangga yang dilakukan belum tepat.

Memang buah mangga ini terbilang susah-susah gampang merawatnya. Untuk menghasilkan mangga yang berkualitas baik dan lebat memerlukan perlakuan khusus supaya pertumbuhan buahnya cepat terangsang.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, disini Kami akan memberikan tips merawat tanaman mangga agar cepat berbuah.

Jangan Keliru, Begini Cara Merawat Pohon Mangga Dengan Benar!

Berikut ini cara yang dapat kamu lakukan agar pohon mangga yang kamu tanam dapat berbuah dengan lebat.

1. Atur Jarak Pohon Mangga

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengatur jarak antar pohon dengan rumah. Dengan ini dapat mengatur kondisi kabel rumah agar tidak terganggu.

Selain itu, jika kamu mempunyai tanaman mangga lebih dari satu, maka atur jarak antara satu pohon dengan pohon lainnya. Jika letaknya saling berdekatan maka pohon akan sulit tumbuh atau bahkan tidak dapat berbuah.

2. Lakukan Pemangkasan Selektif

Cara merawat tanaman mangga yang kedua yaitu dengan melakukan pemangkasan. Kamu bisa memangkas cabang dan ranting yang saling bersilangan rapat, tidak produktif lagi, atau terkena penyakit menggunakan gunting dahan.

Tujuan dari pemangkasan ini adalah untuk meningkatkan produktivitas cabang  sehingga tanaman akan cepat berbuah. Selain itu juga untuk menghindari hama penyakit dari pohon dan mengurangi kelembapan.

3. Pemberian Nutrisi yang Cukup

Memberikan nutrisi merupakan hal yang sangat penting bagi pertumbuhan pohon. Maka dari itu kamu perlu memberikan nutrisi berupa air, pupuk, dan unsur hara yang cukup.

Sebagai salah satu alternatifnya, kamu bisa menggunakan power nutrition dari Nasa yang merupakan pupuk organik dan dibuat dengan bahan-bahan alami sehingga kualitasnya sudah terjamin bagus dan aman.

4. Menyiram Pohon Secara Rutin

Pohon mangga tidak akan tumbuh dengan baik tanpa bantuan dari kamu. Buah yang baik tentu sumbernya dari perawatan yang didapatkan, maka dari itu rawat dan siramlah pohon secara rutin agar dapat tumbuh dengan subur.

Jika pohon baru ditanam, maka kamu dapat menyiramnya setiap minggu kecuali saat sedang musim hujan. Lakukan sampai usia pohon 8 minggu ya.

Nah selain itu, kamu juga perlu mengatur posisi pohon saat menanmnya agar dapat terkena sinar matahari yang cukup.

5. Mencegah Penyebaran Hama

Cara merawat tanaman mangga agar cepat berbuah yang selanjutnya adalah dengan mencegah hama pada pohon. Maka dari itu kamu perlu perhatikan tanaman mangga terutama pada saat musim hujan, karena biasanya pohon mangga akan mudah terkena hama penyakit.

Salah satunya adalah wereng, yang menjadi penyebab utama bunga menjadi rontok. Selain itu juga ada lalat buah yang dapat menghisap sari-sari makanan dan meninggalkan jamur yang dapat membuat buah cepat membusuk.

Jadi periksalah tanaman mangga kamu, apakah ada hama tersebut atau tidak. Jika ada, segera usir dengan menggunakan obat pengendali hama yang ampuh. Jangan lupa juga hilangkan gulma dan tangkai yang ada benalunya pada pohon mangga. Karena dapat menghambat penyaluran nutrisi yang diserap.

Rekomendasi Pupuk Organik Berkualitas

Supaya tanaman mangga kamu cepat berbuah, maka pastikan bahwa nutrisinya tercukupi. Bukan hanya dari air saja, melainkan juga unsur hara, dan zat tambahan berupa pupuk. Berikan pupuk yang berkualitas agar mangga yang dihasilkan bermutu.

Jenis pupuk organik yang bisa kamu pilih adalah power nutrition. Terbuat dari bahan-bahan alami dan melewati proses sedemikian rupa hingga bisa langsung dimanfaatkan pada jaringan tanaman. Pupuk ini cocok untuk tanaman buah tahunan maupun musiman.

Dengan kandungan unsurnya yang berlimpah, maka pupuk ini memiliki manfaat yang banyak juga tentunya. Seperti meningkatkan daya tahan tubuh tanaman, meningkatkan keawetan hasil panen, membantu perkembangan mikroorganisme yang bermanfaat di dalam tanah, dan sebagainya.

Produk ini juga berfungsi untuk meningkatkan produktivitas tanah, dapat melarutkan sisa-sisa pupuk kimia, mengurangi kerontokan bunga dan buah, serta yang lainnya. Jadi apabila kamu memberikan pupuk ini pada tanaman mangga mu akan tumbuh dengan baik.

Cara penggunaannya juga mudah kok. Kamu hanya pelu melarutkan pupuk dan air secukupnya, kemudian siramkan ke sekeliling batang tanaman. Lakukan pemupukan ini sebanyak 2 sampai 4 bulan sekali ya.

Selain kemasan 250 gram, power nutrition nasa pupuk peningkat kualitas buah juga tersedia dalam ukuran 3kg. Kandungan nutrisi, manfaat, dan fungsinya sama, karena yang membedakan hanya ukurannya saja. Mau beli yang 250gr atau 3kg nih?

Kamu membeli dengan ukuran berapapun juga bisa banget. Dapatkan pupuk tersebut di toko online Dharmasehat. Caranya kamu bisa membelinya langsung pada situs atau dengan menghubungi admin melalui kontak yang sudah tersedia ya. Yuk rawat tanaman mangga kamu dengan benar supaya dapat tumbuh dengan baik.