Perlu di Ketahui Inilah Serat Yang Baik Untuk Pencernaan

posted in: Blog | 0

Perlu di Ketahui Inilah Serat Yang Baik Untuk Pencernaan. Bagi para Bunda khususnya bahwa pemberian asupan pada anak harus sesusai sehingga pencernaan pada anak tidak akan terganggu. Pemberian asupan pada anak yang sesuai sangat mudah dilakukan jika para bunda mengetahui asupan yang baik bagi anaknya.  Salah satu pemberian asupan yang baik adalah dengan pemberian yang serat yang baik sehingga  anak tidak mengalami masalah pencernaan. Manfaat serat senditi yaitu membantu melancarkan pencernaan dan membantu metabolism dalam tubuh.

Perlu di Ketahui Inilah Serat Yang Baik Untuk Pencernaan

Dampak Pencernaan Terganggu

  • Diare
  • Susah buang air besar
  • Sering muntah
  • Sakit perut
  • Kembung

Penyebab Pencernaan Terganggu

  • Diare yang ddisebabkan oleh infeksi
  • Asupn serat yang kurang
  • Mengkonsumsi aspirin dan penghilang rasa sakit yang mengiritasi lambung
  • Depresi

Cara Mengatasi Pencernaan Terganggu

  • Minum air setelah makan dan tidak makan lagi
  • Hindari makan pedas
  • Hindari makan terlalu malam
  • Cukupi kebutuhan serat

Serat Yang Baik Untuk Pencernaan

1.Rasberry

Serat Yang Baik Untuk Pencernaan

Rasberry memiliki banyak sekali kandungan seratnya dibandingkan dengan buah lain. Selain serat, raseberry juga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Nutrisi yang terkandung buah rasberry juga dapat mengurangi resiko anak terkena kanker.

2.Alpukat

Serat Yang Baik Untuk Pencernaan

Alpukat sangat dikenal memiliki banyak serat yang baik bagi tubuh dan kesehatan anak. Selain kandungan serat yang baik, alpukat juga mengandung kalium, fosfat, dan vitamin E, serta lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan.

3.Kacang

Serat Yang Baik Untuk Pencernaan

Siapapun tahu bahwa kacang memiliki banyak serat yang tinggi dan baik dalam tubuh. Selain itu, serat juga mengandung magnesium, kalium, seng dan besi. Mengkonsumsi kacang secara langsung maupun tidak, tidak akan mengurangi manfaat dari kacang itu sendiri.

4.Kacang Hijau

Serat Yang Baik Untuk Pencernaan

Sama dengan kacang yang telah disebut sebelumnya, kacang hijau juga memiliki banyak serat yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Dalam satu cangkir kacang hijau mengandung 4 gram serat dan 67 kalori. Kacang hijau selain memiliki rasa yang enak juga merupakan sumber serat yang bagi bagi anak- anak. Selain serat, kacang hijau juga mengandung vitamin A, B, C, K dan zat besi.

5.Oatmeal

Serat Yang Baik Untuk Pencernaan

Diberbagai Negara telah banyak menggunakan oatmeal sebagai makanan pengganti setelah nasi dan gandum. Oatmel merupakan sumber makanan yang kaya karbohidrat yang baik untuk kesehatan tubuh anak. Dengan rutin mengkonsumsi oatmeal dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan serat harian anak.

6.Sup Sayuran

Serat Yang Baik Untuk Pencernaan

Sup yang terbuat dari sayuran dapat menyediakan serat yang dibutuhkan anak dan membantu mengatasi konstipasi. Anak yang memiliki cairan yang cukup dapat membantu meredakan konstipasi. Bila tidak memiliki cairan yang cukup anak akan mudah mengalami BAB keras dan sulit untuk dibuang.

7.Popcorn

Serat Yang Baik Untuk Pencernaan

Popcorn adalah salah satu makanan yang sangat digemari oleh anak- anak. Popcorn memiliki kandungan serat yang baik. Dalam 3 cangkir air popped- popcorn terdapat kandungan serat sebanyaak 3,5 gram. Agar popcorn lebih sehat, disarankan untuk tidak mencampurkan mentega.

Itulah beberapa serat yang bisa Anda coba untuk berikan kepada anak Anda. Dengan memberikan serat secara berfariasi tidak akan menimbulkan rasa bosan pada anak.