Selain Sebagai Tanaman Hias, Inilah Manfaat Yang Tak Terduga Cabe Jawa

posted in: Blog | 0

Selain Sebagai Tanaman Hias, Inilah Manfaat Yang Tak Terduga Cabe Jawa. Sesuai namanya cabe jawa banyak tumbuh didaerah Jawa. Tanaman ini masih sejenis rempah- rempah yang masih berkaitan dengan lada. Banyak masyarakat yang membudidayakannya sebagai tanaman hias. Selain sebagai tanaman hias, cabe jawa juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Kandungan yang terdapat pada cabe jawa yaitu piparine, minyak atsiri, sesamin, benzene dan palmitic ascid yang telah terbukti berguna bagi kesehatan dan dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Selain Sebagai Tanaman Hias, Inilah Manfaat Yang Tak Terduga Cabe Jawa

Manfaat Cabe Jawa

Banyak sekali manfaat dari cabe jawa bagi kesehatan tubuh seperti:

1.Demam

Cabe jawa sangat ampuh sebagai peenurun panas demam. Demam sering muncul saat cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin. Sistem kekebalan tubuh yang menurun memudahkan virus untuk mennyerang. Oleh karena itu Anda harus menjaga kesehatan dengan benar.

2.Beri- Beri

Penyakit beri- beri disebabkan karena kekurangan vitamin B. Akibat yang muncul jika tubuh kekurangan vitamin B adalah bisa terjadi pembengkakan pada betis. Cara mengobati beri- beri dengan cabe jawa yaitu dapat memanfaatkan seduhan biji cabe jawa yang diminum teratur 2x sehari.

3.Anemia

Anemia adalah penyakit kekurangan zat besi Sehingga dapat menurunkan hemoglobin dalam tubuh yang berfungsi mengikat oksigen di dalam sel darah merah. Gejala dari penyakit anemia ini adalah sering terjadi pusing dan mual. Didalam cabe jawa terdapaat senyawa yang dapat mencegah dan mengobati anemia.

4.Sakit Gigi

Fungsi cabe jawa yang sering dilakukan masyarakat adalah sebagai obat sakit gigi. Penyebab sakit gigi sendiri dikarenakan gigi yangberlubang sehingga lama kelamaan akan menimbulkan rasa sakit dan bengkak pada gusi.

5.Sakit Kepala

Banyak masyarakat yang memanfaatkan rebusan cabe jawa sebagi obat sakit kepala. Cabe jawa dapat mengobati sakit kepasa keseluruhan maupun sakit kepala ssebelah.

6.Kolera

Penyakit kolera dapat memicu dehidrasi dan diare yang parah. Penyakit ini menular melalui bakteri yang telah terkontaminasi dengan air. Sehingga penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan makanan dan minuman. Cabe jawa dapat digunakan sebagai pertolongan pertama bagi seseorang yang terkena kolera.

7.Mual

Bagi Anda yang sering emiliki rasa mual pada perut yang kosong, Anda bisa meredakannya denga rebusan cabe jawa. Cabe jawa memiliki senyawa yang ampuh untuk mengobati rasa mual.

8.Diare

Diare dapat menyebabkan seseorang kekurangan cairan sehingga harus ditangani dengan cepat. Cabe jawa dapat digunakan sebagai pertolongan pertama saat diare.

9.Sistem pernafasan

Gangguan system pernafasan dikarenakan penyakit seperti asma dan tuberkolosis. Penyakit tersebut dapat diobati dengan rebusan cabe jawa.

10.Rematik

Rematik disebabkan persendian yang megalami peradagan hingga terjadi pembengkakan. Rematik sering dirasakan oleh seseorang yang sudah menginjak umur 30- an. Akar cabe jawa terbukti ampuh untuk mengobati rematik.

11.Stroke

Gejala stroke dapat ditandai dengan tekanan darah yang tinggi. Jika Anda mempunyai riwayat tekanan darah tinggi maka Anda kemungkinan besar bisa terkena penyakit stroke. Stroke adalah penyakit yang berbahaya karena berkaitan dengan jantung dan bisa menyebabkan kematian. Pembuluh darah yang pecah diotak bisa menyebabkan penyakit stroke. Gejala stroke lainnya seperti kelumpuhan separyh badan saja. Stroke bisa diobati dengan rebusan akar cabe jawa.

Bagian Cabe Jawa Untuk Kesehatan

Ada beberapa bagian cabe jawa yang bisa dimanfaatkan untuk keehatan seperti:

1.Buah Cabe Jawa

Bagian Cabe Jawa Untuk Kesehatan

Buah cabe jawa memiliki banyak kandungan yang bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti:

  • Kejang pada perut, mual, muntah, perut kembung, dan mual.
  • Mengobati disentri dan diare
  • Mengatassi susah buang air besar
  • Meringankan sakit kepala dan sakit gigi
  • Mengobati batuk dan demam
  • Mengobati hidung berlendir
  • Mengatasi lemah syahwat
  • Mengobati tekanan darah rendah

2.Akar cabe jawa

Bagian Cabe Jawa Untuk Kesehatan
  • Mengatasi perut kembung dan pencernaan terganggu
  • Mengatasi masalah wanita yang sulit hamil karena rahim dingin
  • Membersihkan rahim setelah melahirkan
  • Mengatassi lemah, letih, dan lesu
  • Mengobati stroke
  • Mengobati rematik dan nyeri pinggang

3.Daun Cabe Jawa

Bagian Cabe Jawa Untuk Kesehatan
  • Kejang pada perut
  • Nyeri pada penderita sakit gigi

Itulah manfaat yang tersembunyi dalam cabe jawa yang belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *