Tak disangka, Tanaman Ciplukan Buah Sakti Yang Memiliki Banyak Manfaat

posted in: Blog | 0

Tak disangka, Buah Ciplukan Buah Sakti Yang Memiliki Banyak Manfaat. Tanaman ciplukan adalah jenis tanaman liar yang sering diremehkan oleh banyak orang.Tanaman ini mudah ditemukan area persawahan. Ciplukan memiliki nama latin Physialis  Angulata. Dalam bahasa inggris sering disebut Morel Berry.

Tak disangka, Tanaman Ciplukan Buah Sakti Yang Memiliki Banyak Manfaat

Nama Lain Ciplukan

Disetiap daerah tanaman ciplukan memiliki nama yang berbeda- beda seperti:

  • Sumatera : Daun lato- lato, kapo- kapo, dan tanaman bodo
  • Minangkabau : Latuik- latuik
  • Jawa : Cecendet dan cecendet kunir
  • Sunda : Cecenet
  • Inggris: Morel berry
  • Madura: Yor- yoran
  • Bali : Keceplokan

Kandungan Tanaman Ciplukan

Meskipun tanamn ciplukan jenis taman liar, Namun diberbagai daerah tanaman ini sudah digunakan sebagai pengobatan alami. Haal ini dikarenakan tanaman ciplukan memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pada bagian daun dan buah dari tanaman ciplukan memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh seperti Vitamin C, Alkaloid, Polifenol, Chlorogenic Acid, dan masih banyak kandungan lain yang baik dan efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Kandungan yang terdapat pada tanaman ciplukan berfungsi sebagai anti inflamasi, anti bakteri, anti virus, anti hiperglikemi, antioksidan, analgesik, sitotoksik, imonusupresan, dan masih banyak lagi.

Manfaat Tanaman Ciplukan

Dilihat dari kandungannya yang sangat banyak, tanaman juga memiliki banyak manfaat

A.Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan

1.Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

Buah ciplukan ini mengandung kalium yang baik untuk membantu menjaga peredaran darah dalam tubuh sehingga bisa mencegah dan mengobati penyakit jantung. Memiliki peredaran darah yang lancar menyebabkan aliran darah dan oksigen ke organ jantung akan baik disalurkan keseluruh tubuh.

2.Mengobati Sariawan

Dalam buah ciplukan terdapat banyak vitamin C, zat antiseptic, dan bakteri yang sangat berkhasiat untuk membasmi bakteri yang bersarang didalam mulut. Karena zat yang terkandung dalam ciplukan itu maka buah ciplukan sangat ampuh mengobati sariawan. Cara mengobati sariawan dengan buah ciplukan ini cukup mudah, Anda cukup berkumur dengan rebusan buah ciplukan 2- 3 kali sehari hingga sariawan sembuh.

3.Mengobati Bisul

Bisul adalah sejenis penyakit kulit. Bisul akan ssensitif jika timbul di bagian kulit yang terbuka karena bisa membuat penampilan Kita tidak percaya diri. Oleh karena itu Anda bisa mengobatinya dengan buah dan daun ciplukan. Didalam ciplukan terdapat kanduangan antiseptic dan antibakteri yang ampuh untuk mengobati bisul. Cara mengobati bisul dengan daaun dan buah ciplukan yaitu dengan cara menumbuk daun dan buah daun ciplukan kemudian campurkan sedikit garam dapur, kemudian kompres bisul dengan air hangat, dan tempelkan tumbuhan daun dan buah ciplukan ke area yang terkena bisul.

4.Mengobati Penyakit Asma

Penyakit asma tidak bisa disembuhkan secara total. Namun Anda perlu mengobati setidaknya untuk mengurangi dan mencegah gejalanya. Kandungan yang terdapat daun dan buah cawi terbukti dapat mengurangi gejala asma. Cara mengurangi gejala asma dengan daun cawi yaitu dengan cara meminum rebusan daun dan buah cawi 2 kali sehari.

5.Menurunkan Demam

Kandungan yang terdapat pada daun cawi terbukti dapat menurunkan demam atau panas pada tubuh. Caranya yaitu dengan meminim rebusaan daun dan buah cawi secara teratur 2 – 3 kali sehari 1 gelas. Jika diberikan kepada anak dibawah 12 tahun, maka cukup 2 kali sehari ½ gelas.

6.Menurunkan Hipertensi

Kandungan kalium yang terdapat pada daun dan buah ciplukan terbukti efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Cara mengobati hipertensi dengan daun dan buah cawi yaitu dengan meminum rebusan daun dan buah ciplukan 2 kali sehari 1 gelas hingga tekanan darah kembali normal.

7.Menurunkan Kadar Gula Darah

Tidak hanya bermanfaat menurunkan tekanan darah saja. Daun dan buah ciplukan juga bermanfaat untuk menurunkan kandungan gula dalam darah. Cara menurunkan kandungan gula dalam darah dengan menggunakan daun dan buah ciplukan yaitu meminum rebusan daun dan buah ciplukan 2-3 gelas perhari sedangkan untuk pencegahan hanya 1 gelas perhari.

8.Mengobati Radang Tenggorokan

Minum rebusan daun dan buah ciplukan dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Dikonsumsi teratur 2x sehari dalam keadaan hangat.

9.Mencegah Paru- Paru Basah

Faktor utama seseorang terkena paru- paru basah yaitu terinveksi oleh virus, bakteri, dan jamur. Penyebab tersebut membuat organ paru- paru mengalami peradangan yang disebut dengan pneumonia atau biasa yang disebut paru- paru basah. Dengan mengkonsumsi daun ciplukan terbukti dapat mencegah penyakit tersebut. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi ramuan dari daun cecendet secara teratur.

10.Mencegah dan Mengobati Kanker Payudara

Kanker payuradara adalah salah satu penyakit yang ditakuti oleh kaum wanita. Padahal penyakit ini tidak hanya menyerang kaum wanita namun juga kaum pria. Penyakit kanker payudara digolongkan termasuk penyakit tumor ganas. Untuk mencegah dan mengobatinya yaitu dengan rutin mengkonsumsi rebusan daun dan buah ciplukan.

11.Menyembuhkan Vertigo

Vertigo adalah jenis penyakit yang sering menyerang kepala. Hal ini dikarenakan adanya gangguan vestibular dalam tubuh. Cara mengobatinya yaitu dengan cara meminum rebusan batang, akar, dan daun ciplukan secara teratur.

B.Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kecantikan

1.Mencegah Penuaan Dini

Siapapun pasti menginginkan wajah yang awet muda. Mereka rela merogoh kocek yang tinggi demi perawatan wajahnya. Namun adabeberapa tips alternative dengan biaya terjangkau yang bisa Anda lakukan untuk membuat wajah awet muda, yaitu dengan memakan buah ciplukan atau minum rebusan air buah ciplukan. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dapat membentuk kolagen dan membuat wajah Anda terhindar dari kerutan.

2.Meremajakan Kulit

Manfaat berikutnya untuk buah ciplukan yaitu dapat meremajakan kulit. Kulit tua akan mengelupas dan akan digantikan dengan kulit baru.

3.Mengatasi Kulit Kering

Cara mengatasi kulit kering dengan buah ciplukan yaitu, Anda cukup mengkonsumsi buah ciplukan secara teratur.

Itulah manfaat tanaman yang jarang sekali diketahui oleh masyarakat. Kebanyakan masyarakat tanaman ini hanya sebagai tumbuhan ilalang saja. Mulai sekarang bagi Anda yang sudah mengetahui manfaat buah ciplukan Anda harus memanfaatkannya dengan baik.