Perlu Diketahui Bahaya Terlalu Sering Makan Mie Instan

posted in: Blog | 0

Perlu Diketahui Bahaya Terlalu Sering Makan Mie Instan. Kebanyakan orang suka dengan sesuatu yang praktis. Seperti halnya dengan makanan, menggunakan makanan yang siap saji memang sangat memudahkan bagi siapa saja. Mie instan adalah salah satu makanan cepat saji yang sangat mudah ditemukan. Bahkan mie instan sekarang sudah menjadi gaya hidup. Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi mie instan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita sendiri.

bahaya mie instan

Bahaya Mie Instan

1.Bukan sumber nutrisi yang baik

Penelitian telah membuhktikan bahwa sering mengkonsumsi mie instan berarti membiarkan tubuh mendapatkan asupan yang buruk. Mie instan dapat menimbulkan resiko sindrom metabolik. Sindrom ini dapat memicu Anda terkena jantung, stroke, dan diabetes.

2.Tinggi karbohidrat dan sodium/natrium

Mie instan yang disajikan dengan kaldu instan akan menjadikan kandungan garam atau natrium yang tinggi. Satu bungkus mie instan mengandung 860 mg natrium.

3.Mengandung MSG

MSG atau Monosodium Glutamate adalah perasa pada mie instan yang berfungsi meningkatkan rasa mie instan menjadi lebih asin, manis, atau asam yang dapat menimbulkan resiko gangguan pada kesehatan.

Dampak Akibat Mie Instan

1.Chinese Restaurant Syndrome

Bahaya dari mie instan yang pertama adalah Chinese restaurant syndrome. Bahaya ini mirip dengan keracunan. Haal ini disebabkan oleh MSG yang terdapat pada bumbu pada mie instan. Ada beberapa orang yang jika terlalu sering makan makanan yang mengandung MSG akan terasa pusing dan sesak napas. Namun tidak perlu khawatir karena penyakit ini tidak akan berlangsung terlalu lama, namun untuk mencegahnya lebih baik tidak terlalu sering makan mie instan.

2.Kerusakan Jaringan Otak

Mie instan mengandung beberapa zat yang tidak baik bagi tubuh. Jika terlalu sering makan mie instan akan menimbulkan zat zat yang tidak baik yang terkandung dalam mie instan akan menumpuk pada tubuh dan dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan sel otak akibatnya akan terjadi penurunan transmisi sinyal pada otak. Akibat yang fatal jika terjadi kerusakan pada jaringan otak yaitu bisa terkena stroke dan kelumpuhan.

3.Beresiko Keguguran

Terlalu sering makan mie instan bagi wanita hamil adalah bisa terjadi keguguran. Hal ini karena kandungan yang berada pada bumbu mie instan bisa mempengaruhi kesehatan janin.

4.Gangguan Metabolisme

Terlalu sering makan mie instan dalam jangka panjang dapat memicu metabolism tubuh Anda, hal ini dikarenakan banyaknya zat- zat yang berbahaya yang terkandung didalam mie instan.

 5.Kerusakan Organ

Mie instan memiliki kandungan yang bernama propylene glycol. Kandungan ini adalah bahan anti beku yang mencegah mie dari pengeringan dengan mempertahankan kelembapan. Jika kandungan ini terlalu banyak masuk dalam tubuh makan akan mengganggu organ dan dapat menyebabkan melemahnya ssistem kekebalan.

6.Obesitas

Mie instan adalah salah satu penyebab utama obesitas, maka untuk itu kurangi mengknsumsi mie instan dan jalani hidup sehat agar terhindar dari obesitas.

Mie Sehat Buatan Sendiri

Namun bagi Anda yang menyukai mie sekarang tidak perlu khawatir, karena sekarang ada mie sehat. Mie sehat adalah mie yang berbahan dasar  dari tepung dan bahan pewarnanya dari sayur dan buah- buahan serta tidak mencampurkan bahan kimia didalamnya.  Seperti warna hijau berasal dari bayam, warna oranye dari wortel, warna hitam dari tinta cumi, warna ungu dari buah bit. Mie sehat ini sudah banyak dijual dipasaran. Walaupun harganya lebih mahal dari mie instan, namun mie ini sudah terbukti sehat dan tidak mengandung bahan bahan yang berbahaya.