Terkenal Dengan Baunya, Inilah Manfaat Petai Yang Jarang Diketahui Orang

posted in: Blog | 0

Terkenal Dengan Baunya, Inilah Manfaat Petai Yang Jarang Diketahui Orang. Petai adalah salah satu tanaman jenis polong- polongan. Petai memilki bau khas seperti jengkol. Petai dapat dikonsumsi secara langsung untuk lalab ataupun dicampur pada menu. Penyebab petai bau adalah kandungan asam amino yang didominasi oleh asam amino yang mengandung sulfur, ketika terdegradasi menjadi komponen yang lebih kecil asam amino itu akan menghasilkan suatu gas hydrogen sulfide yang terkenal sangat bau. Namun beralih dari baunya ternyata petai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Terkenal Dengan Baunya, Inilah Manfaat Petai Yang Jarang Diketahui Orang

Manfaat Petai

1.Mengatasi Pramenstruasi Syndrome (PMS)

Bagi seorang wanita saat mengalami pramestruasi adalah hal yang paling menjengkelkan. Saat mengalami pramestruasi mood seseorang akan jelek. Untuk itu cara membalikan mood pada saat menstruasi yaitu dengan mengkonsumsi petai. Petai memiliki kandungan vitamin B6 yang dapat mengatur gula dalam darah sehingga dapat membantu mengatasi mood.

2.Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Petai memiliki kandungan kalium yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan petai juga bisa mengurangi resiko stroke. Memasukan petai kedalam menu sehari- hari bisa mengurangi resiko kematian akibat stroke sebanyak 40%.

3.Mengatasi Sembelit

Petai memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mampu membantu untuk mempermudah buang air besar dan menormalkan system pencernaan.

4.Mengatasi begah

Khasiat petai lainnya yaitu bisa mengatasi rasa panas di dada yang diakibatkan terlalu banyak makan. Hal ini bisa terjadi karena petai memiliki efek antasid pada tubuh.

5.Mengatasi Rasa Gatal

Manfaat petai tidak hanya dagingnya, namun juga kulitnya. Kandungan yang terdapat pada kulit petai sngat dipercaya dapat mengobati rasa gatal dan bengkak akibat gigitan nyamuk.

6.Mengatasi Luka Lambung

Petai yang dikonsumsi dapat merawat penceernaan karena teksturnya yang lembut. Oleh karena itu petai dipercaya dapat menormalkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi dinding lambung bagian dalam.

7.Meningkatkan Energi

Petai memiliki kandungan sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi kandungan ini ternyata dapat meningkatkan energy dalam tubuh. Sebuah penelitian menyatakan jika mengkonsumsi 2 porsi petai mampu bertahan kerja berat selama 90 menit.

8.Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Kandungan Vitamin B6 dan B12, kalium, dan magnesium mampu membantu seseorang untuk menghilangkan kebiasaan merokok dan pecandu nikotin.

9.Stess

Petai memiliki kandungan kalium yang baik bagi tubuh. Kalium dalam tubuh digunakan untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan tubuh.

10.Melawan Bakteri

Manfaat petai yang terakhir yaitu untuk melawan bakteri. Penelitian menyatakan bahwa ekstrak petai mampu menangkal bakteri jahat. Ekstrak petai mengandung trithiolane hexathionine yang memiliki kemampuan anti bakteri.

Efek Akibat Memakan Petai

Petai memang memiliki banyak manfaat, namun jika dimakan tidak sesuai porsi malah akan menjadi resiko bagi tubuh kita sendiri. Makanlah petai sesuai porsi agar terasa manfaatnya dan tidak menimbulkan hal- hal yang tidak diinginkan. Inilah akibat jika terlalu banyak mengkonsumsi petai:

1.Bau Mulut

Efek yang pertama jika terlalu banyak mengkonsumsi petai adalah dapat menimbulkan bau pada mulut. Hal ini tentu akan membuat kita kurang percaya diri. Olehkarena itu disarankan jika sudah memakan petai untuk segera membersihkannya dengan benar agar bau mulut cepat menghilang.

2.Menimbulkan Gangguan Ginjal

Jika seseorang terlalu banyak mengknsumsi petai makan gangguan yang sering terjadi pada organ tubuh adalah ginjal. Hal ini dikarenakan petai memiliki kandungan asam amino yang tinggi. Asam amino yang tinggi akan langsung menyerang pada organ ginjal. Oleh karena itu jika Anda tidak ingin mengalami gangguan ginjal, konsumsi petai sesuai anjuran.

3.Meningkatkan Kadar Asam Urat

Petai dapat meningkatkan kadar asam urat pada tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan purin yang terdapat padaa petai sangat tinggi. Gejala yang dirasakan saat terkena asam urat bisa mengganggu aktivitas sehari- hari Anda untuk itu konsumsi petai sesuai anjuran

Itulah beberapa manfaat dari petai yang jarang diketahui oleh banyak orang. Dalam manfaat yang terkandung tentunya memiliki efek yang tidak baik bagi tubuh. Untuk itu konsumsi petai tidak berlebihan agar menimbulkan manfaat bukan malah menimbulkan efek yang tidak bagi tubuh kita sendiri.