Selain Mengantuk, Inilah Penyebab Yang Ditimbulkan Akibat Kurang Tidur

posted in: Blog | 0

Selain Mengantuk, Inilah Penyebab Yang Ditimbulkan Akibat Kurang Tidur. Memiliki jam tidur yang cukup memang sangat baik bagi tubuh dan tidak akan mengganggu aktivitas disiang hari Anda. Kebutuhan tidur setara dengan kebutuhan makan yang diperlukan manusia. Pada saat tidur tubuh akan memperbaiki diri, baik kondisi fisik maupun mental, sehingga tubuh akan merasa segar saat bangun pagi. Tidur juga mempengaruhi proses tumbuh kembang terutama pada ank dan remaja karena pada saat tidur hormone akan dikeluarkan. Jam tidur yang baik yaitu 7-9 jam perhari, khusus untuk anak- anak dan remaja membutuhkan jam tidur antara 8 – 10 jam.

Selain Mengantuk, Inilah Penyebab Yang Ditimbulkan Akibat Kurang Tidur

Akibat Kurang Tidur

Jika kita memiliki jam tidur yang kurang maka akan terasa lelah saat bangun pagi, menguap sepanjang hari, dan sulit berkonsentrasi. Selain itu ada juga penyebab lain yang timbul akibat kurang tidur seperti:

1.Menurunnya Daya Ingat

Pada saat tidur, koneksi saraf yang mendukung ingatan seseorang mengalami penguatan. Jika waktu tidur terganggu, maka kemampuan otak dalam mengolah dan mengingat akan mengalami gangguan. Penelitian juga menyatakan bahwa kurang tidur dalam jangkaa panjang akan mengakibatkan seseorang memiliki daya ingat dan mengolah informasi yang lemah. Kurang tidur menyebabkan mengantuk pada siang hari, dan inilah salah satu penyebab menurunnya daya ingat

2.Mudah Sakit

Sistem kekebalan tubuh menghasilkan protein yang dinamakan sitokin. Sitokin bermanfaat bagi tubuh untuk melawan infeksi, peradangan, dan stress. Saat kita tidur tubuh akan melepaskan sitokin, tetapi jika kurang tidur sitokin yang dihasilkan akan kurang. Kekurangan sitokin akan menyebabkan lemahnya system kekebalan tubuh dan akan mudah terkena infeksi sehingga kita akan mudah sakit.

3.Menurunnya Perfoma Seks

Pada pria maupun wanita yang memiliki masalah kurang tidur, dipercaya dapat mengalami penurunan perfoma saat berhubungan intim. Hal tersebut dikarenakan kelelahan.

4.Penuaan Dini

Pada seseorang yang kurang tidur tentunya memiliki wajah yang pucat dan mata yang bengkak. Jika hal it uterus terjadi makan akan menyebabkan kulit kusam, timbul kerutan halus, dan terdapat lingkar hitam disekitar mata. Hormon kortisol yang berlrbih dapat menghancurkan kolagen yang berfungsi menjaga dan mengelastisikan kulit.

5.Kesehatan Jantung Menurun

Durasi tidur yang tidak cukup atau terlalu lama bisa menyebabkan penurunan dapa jantung. Penelitian menyatakan bahwwa kurang tidur menyebabkan seseorang terkena jantung atau stroke.

6.Nyeri Otot dan Sendi

Semakin tua, tubuh kita semakin rentan tubuh terkena nyeri otat dan sendi. Penelitian menyatakan bahwa seseorang yang terkena arthritis disebabkan karena kekurangan waktu istirahat dan jam tidur.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan akibat dari kurang tidur. Untuk itu perbaiki jam tidur Anda mulai sekarang. Jangan sampai kurang tidur, tetapi juga jungan sampai kelebihan jam tidur.