Sering Digunakan Sebagai Perawatan Organ Intim, Inilah Manfaat Lain Dari Daun Sirih

posted in: Blog | 0

Sering Digunakan Sebagai Perawatan Organ Intim, Inilah Manfaat Lain Dari Daun Sirih. Daun sirih adalah salah satu tanaman yang sangat fenomenal di Indonesia. Tanaman ini tumbuh merambat atau bersandar ditanaman lain. Tidak hanya daunnya bagian lainnya juga memiliki banyak manfaat seperti buahnya yang sering dikunyah bersama gambir.

Sering Digunakan Sebagai Perawatan Organ Intim, Inilah Manfaat Lain Dari Daun Sirih

Kandungan Daun Sirih

Daun seirih memiliki banyak kandungan air. Sekitar 85% daun sirih mengandung air. Karena itulah daun sirih memiliki kandungan rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sisih hanya mengandung 44 gram kalori dan 0,4-1% lemak. Selain itu masih ada kandungan lain yang terdapat pada daun sirih seperti protein, iodin, sodium, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, dan asam nikotiat

Jenis Daun Sirih

  • Daun Sirih Hijau

Daun sirih hijau memiliki bentuk daun beebentuk hati, tumbuh merambat dan memiliki buah.

  • Daun Sirih Merah

Daaun sirh merah memiliki ciri fisik hamper sama dengan sirih hijau. Bedanya hanya pada bentuk batang, pada sirih merah batang berbentuk bulat, batang berwarna keunguan dan tidak memiliki buah.

Manfaat Daun Sirih

A.Daun Sirih Hijau

Manfaat Daun Sirih Hijau

1.Menyembuhkan Luka

Antioksidan yang terkandung pada daun sirih hijau memiliki manfaat sebagaai mempercepat penyembuhan luka. Caranya yaitu dengan menumbuh daun sirih kemudian tempelkan pada area yang luka kemudian balut menggunakan perban.

2.Mengobati Nyeri

Daaun sirih hijau memiliki kandungan chavicol yang berguna sebagai zat anti inflamasi. Caranya yaitu dengan meminum rebusan air daun sirih hijau secara teratur hingga rasa nyeri pada tubuh hilang.

3.Mengobati Kanker

Manfaat daun sirih ini banyak yang tidak mengetahui sebagai anti kanker. Mengunyah daun sirih dapat mengobati kanker sumsum tulang dan meningkatkan kesembuhan bagi penderita leukemia myloid kronis.

4.Menyembuhkan Gatal

Cara menyembuhkan gatal dengan menggunakan daun sirih yaitu dengan cara mandi menggunakan rebusan air daun sirih.

5.Menghilangkan Bau Badan

Daun sirih memiliki kandungan minyak esensial yang baik untuk menghilangkan bau badan. Caranya yaitu dengan mandi menggunakan rebusan air daun sirih atau dengan cara menguap badan menggunakan rebusan daun sirih.

B.Daun Sirih Merah

Manfaat Daun Sirih Merah

1.Menghentikan Mimisan

Daun sirih merah memiiki kandungan fenil poppies dan terpene yang ampuh untuk menghentikan mimisan ada hidung. Caranya yaitu dengan mengambil satu lembar daun sirih merah kemudian gulung daun sirih merah kemudian masukan kelubang hiddung yang mimisan.

2.Pengobatan Tukak Lambug

Daaun sirih merah memiliki kandungan vitamin C serta zat anti septik sehingga mampu untuk melawan kuman penyebab yang menyebabkan tukak lambung. Caranya yaitu dengan mengunyah 2 lembar daun sirih merah selama beberapa menit, kemudian buang ampasnya. Lakukan secara teratur hingga sembuh.

3.Mengatasi Bau Mulut

Daun sirih merah memiliki kandungan eugenol dan capitol yang dapat membantu mengatasi masalah bau mulut. Caranya yaitu kumur dengan air rebusan daun sirih merah, lakukan 2 kali sehari pada pagi dan malam hingga bau mulut hilang.

4.Melancarkan Kemih

Manfaat yang jarang diketahui yaitu daun sirih merah dapat melancarkan kencing. Caranya yaitu belender 5 lembar daun sirih merah campur dengan satu gelas susu dan satu sendok madu. Diminum satu minggu sekali hingga kencing kembali lancar.

5.Menyembuhkan Asam Urat

Daun sirih merah memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat. Caranya yaitu dengan rebus 8 daun sirih merah yang masih muda dengan 500ml air, tunggu hingga air tersisa 3 gelas. Minum 3 kali sehari hingga asam urat kembali sembuh.

Itulah beberapa manfaat dari daun sirih yang jarang diketahui oleh masyarakat. Maanfaatkan tanaman herbal disekitar kita untuk berbagai macam pengobatan karena obat herbal tidak menimbulkan efek samping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *