Sambiloto Tanaman Pahit Yang Berkhasiat

posted in: Blog | 0

Sambiloto Tanaman Pahit Yang Berkhasiat. Sambiloto adalah salah satu tanaman yang memiliki rasa yang sangat pahit. Sambiloto memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu banyak orang yang memanfaatkan sambiloto sebagai obat tradisional. Samabiloto memiliki rasa yang sangat pahit hal itu disebabkan sambiloto memiliki kandungan andrographolide. Selain itu sambiloto juga memiliki kandungan flavonoid yang merupakan senyawa polifenol golongan antioksidan yang dapat menghambat proses oksidasi akibat radikat bebas.

Sambiloto Tanaman Pahit Berkhasiat

Manfaat Sambiloto

1.Menyembuhkan pilek dan flu

Daun sambiloto dikenal memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Sehingga banyak orang yang menggunakan sambiloto untuk meredakan flu dan pilek. Tidak hanya itu sambiloto juga bermanfaat untuk mengurangi gejala hidung tersumbat, demam, dan tenggorokan sakit.

2.Mencegah Penyakit Jantung

Banyak orang yang memanfaatkan sebagai pencegah penyakit jantung. Sambiloto mampu mencegah penggumpalan darah serta dapat juga sebagai pemecah gumpalan darah. Selain itu, saambiloto juga bermanfaat untuk melemaskan otot otot dinding pembuluh darah, sehingga bisa dikonsumsi bagi penderita darah tinggi.

3.Mencegah Diabetes

Selain dapat mencegah penyakit jantung, sambiloto juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah diabetes. Sambiloto memiiki kandungan yang bermanfaat untuk menurunkn kadar glukosa, trigliserida, dan kolestrol LDL.

4.Menyembuhkan Infeksi

Sambiloto memiliki kandungan antibakteri, antivirus, dan antiparasit yang sangat dikenal mampu menyembuhkan infeksi. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan disembuhkan oleh sambiloto adalah penyakit sinusitis. Sambiloto memiliki kemampuan untuk menghentikan proses bakteri yang menyebabkan sinusitis. Penyakit lain yang dapat disembuhkan dengan sambiloto yaitu herpes, kusta, pneumonia, tuberkulosis, gonore, sifilis, dan malaria.

5.Membantu masalah sistem pencernaan

Manfaat lain dari sambiloto adalah untuk membantu mengatasi sistem pencernan yang terganggu. Beberapa masalah pencernaan seperti diare, sembelit, kolik, gas dalam usus dan sakit perut adalah suatu jenis gangguan yang dapat diobati dengan memanfaatkan sambiloto.

6.Menurunkan Kolesterol

Selain sebagai menurunkan gula darah, ternyata sambiloto juga memiliki manfaat lain yaitu untuk menurunkan kolesterol. Menjaga koestrol meang sangat penting bagi tubuh, karena jika kolestrol naik akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

7.Mengatasi Masalah Kulit

Sambiloto memiliki kandungan antibakteri dan antiperadangan sehingga ampuh untuk menyembuhkan  masalah kulit akibat bakteri dan virus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *