Inilah Penyakit Yang Lebih Sering Menyerang Wanita

posted in: Blog | 0

Inilah Penyakit Yang Lebih Sering Menyerang Wanita. Sebuah penyakit memang bisa dialami oleh siapapun baik itu wanita maupun laki- laki. Tetapi ada beberapa jenis penyakit yang hanya diderita oleh wanita saja ataupun laki- laki saja. Seperti penyakit kanker prostat yang hanya diderita oleh laki- laki dan kanker rahim yang hanya diderita oleh wanita.

Penyakit Yang Hanya di Derita Wanita

Ada beberapa jenis penyakit yang haya sering diderita oleh wanita seperti:

1.Lupus

Penyakit Yang Hanya di Derita Wanita

Lupus adalah peyakit autoimun yang bisa menyerang siapa saja dan usia berapapun, namun penelitian menyatahan bahwa 90% lupus diderita oleh wanita. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon estrogen yang meningkat ditambah faktor lingkungan yang kurang mendukung. Gejala lupus sangat bervariasi seperti nyeri otot, nyeri dibagian sendi, ruam wajah, kelelahan, hingga nyeri dada yang berlangsung cukup lama.

2.Osteoarthritis

Penyakit Yang Hanya di Derita Wanita

Osteoarthritis adalah salah satu jenis penyakit yang bisa derita oleh siapapun, baik wanita maupun laki- laki. Namun wanita memiliki resiko 3 kali lebih besar terserang penyakit ini dari pada laki- laki. Hal ini dikarenakan susunan sendi wanita lebih fleksibel dan tendon yang lebih elastis dari pada laki- laki. Wanita memiliki sendi lebih fleksibel dikarenakan untuk mempermudah masa kehamilan dan melahirkan. Oleh sebab itu wanita memiliki resiko lebih besar terkena penyakit ini dari pada laki- laki. Resiko tetinggi seorang wanita mengalami penyakit ii yaitu saat usianya menginjak 50 tahun.

3.Depresi

Penyakit Yang Hanya di Derita Wanita

Depresi bisa diderita oleh siapapun baik wanita maupun laki- laki. Namun wanita 2 kali lipat beresiko mengalami depresi darinpada laki- laki. Hal ini dikarenakan fisiologi tubuh pada wanita berbeda dengan laki- laki seperti perubahan hormone yang terjadi pada setiap bulan, usai melahirkan, serta sebelum dan sesudah masa manupause yang sering terjadi dan dirasakan oleh wanita.

3.Infeksi Saluran Kemih

Penyakit Yang Hanya di Derita Wanita

Anatomi tubuh wanita dan laki- laki tentunya sangat berbeda sehingga wanita lebih sering mengalami infeksi saluran kemih dari pada laki- lakki. Hal ini dikarenakan letak saluran kencing wanita sangat dekat dengan vagina dan rektum dimana di area tersebut banyak bakteri hidup yang berkembang. Oleh sebab itu wanita lebih beresiko terkena infeksi saluran kemih dari pada laki- laki.

4.Penyakit Menular Seksual

Penyakit Yang Hanya di Derita Wanita

Penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja. Namun wanita sangat lebih beresiko terjangkit penyakit ini. Hal ini dikarenakan Organ intim wanita cenderung lebih lembut dan tipis oleh karena itu bakteri dan virus akan lebih mudah masuk ke dalam vagina dan bisa menyebabkan radang panggul, klamidia, dan gonore.

5.Fibromyalgia

Penyakit Yang Hanya di Derita Wanita

Penyakit ini sering diderita oleh wanita. Hal ini dapat ditandai dengan rasa nyeri pada siku, dada, lutut, leher, punggung bawah, bahu, dan paha. Jika seseorang mengalami penyakit ini maka akan merasa lelah yang berlebihan, insomnia, sakit kepala, depresi, hingga rasa cemas yang berlebih. Penyakit ini biasanya berlangsung selama 3 bulan.

Itulah beberapa jenis penyakit yang ebih beresiko menyerang wanita dari pada laki- laki. Oleh karena itu jagalah kesehatan khususnya bagi para wanita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *