Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat dan Aman

posted in: Pengobatan | 0

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat dan Aman.
Saat ini sedang memasuki musim hujan. Saat musim kita akan rentak terkena batu, pilek dan flu sehingga bisa menyebabkan hidung tersumbat. Saat hidung tersumpat pernapasan jadi terganggu dan akan mengganggu juga aktivitas Anda. Fakta yang jarang kita tahu sebenarnya hidung tersumbat bukan karena penumpukan lendir pada hidung melainkan disebabkan oleh pembuluh darah sinus yang meradang.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat dan Aman

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

1.Minum air hangat

Cara yang mudah untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan meminum air hangat. Tidak hanya meminum air mineral hangat, anda juga bisa meminum air the hangat, jahe hangat, dan sebagainya.

2.Mengompres hidung dengan air hangat

Mengompres hidung dengan air hangat adalah salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi karena hidung terssumbat bisa diderita oleh siapapun dan usia berapapun.

3.Menghangatkan badan

Mengatasi hidung tersumbat dengan menghangatkan badan adalah yang mudah digunakan lainnya. Anda cukup mematikan AC atau kipas angin kemudian Anda memakai selimut tebal dan istirahat. Maka keesokan paginya badan akan merasa fit kembali.

4.Menghirup minyak kayu putih

Minyak kayu putih memiliki kandungan yang mampu melegakan hidung yang tersumbat. Caranya yaitu dekatkan minyak kayu putih pada hidung kemudian hirup perlahan maka hidung Anda akan kembali merasa lega.

5.Konsumsi makanan pedas

Cara mengatasi hidung yang tersumbat dengan cara ini pastinya cara mudah dan juga menyenangkan. Makanan pedas yang terbuat dari cabai akan bertindak sebagai dekongestan alami yang dapat bermanfaat sebagai pembantu penipisan lendir dalam paru- paru. Kemudian kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dihidung.

6.Daun mint

Daun mint memiliki kandungan mentol yang tinggi yang berfungsi untuk mengendurkan saraf dalam lubang hidung sehingga pernafasan pun akan lebih lancar. Selain itu daun mint juga bermanfaat membersihkan rongga hidung sehingga bernapas akan lebih mudah.

7.Tidur dengan tambahan bantal

Tidur dengan tambahan bantal akan membantu mengatasi masalah hidung tersumbat Anda. Sehingga jika tidur dengan posisi miring tidak akan menambah hidung tersumbat.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat. Jaga kondisi tubuh Anda saat musim hujan sehingga tubuh tidak akan mudah terkena flu dan aktivitas Anda pun tidak akan terganggu.