Porsi Makan Yang Banyak Tapi Tetap Kurus Inilah Penyebabnya

posted in: Blog | 0

Porsi Makan Yang Banyak Tapi Tetap Kurus Inilah Penyebabnya. Orang yang memiliki badan yang gemuk sering dikaitkan bahwa orang itu sehat dibandingkan dengan orang yang bertubuh kurus. Dengan kata lain berat badan sering diindikator sebagai kesehatan seseorang. Tetapi jika memiliki badan yang terlalu gemuk atau terlalu kurus perlu diidentifikasi lebih lanjut. Namun ada pula seseorang yang sudah memiliki porsi makan yang banyak tetapi tidak kunjung gemuk, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Porsi Makan Yang Banyak Tapi Tetap Kurus Inilah Penyebabnya

Penyebab Makan Banyak Tapi Tetap Kurus

Salah satu cara agar tetap gemuk adalaah memiliki porsi makan yang tinggi, tetapi ada beberapa orang yang ingin gemuk dan sudah memiliki porsi makan yang tinggi tetapi tidak kunjung gemuk juga. Inilah beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sulit gemuk walaupun sudah memiliki porsi makan yang tinggi:

1.Pola Makan Tidak Tepat

Seseorang yang memiliki pola makan yang tidak tepat sangat mempengaruhi naiknya berat badan. Hal ini biasanya dikarenakan makanan yang dimakan tidak memiliki cukup kalori dan karbohidrat. Memiliki pola makan yang tidak teratur pun sangat berpengaruh dengan naik tidaknya berat badan. Maka jika Anda menginginkan naiknya berat badan maka konsumsi makanan yang sehat, tinggi protein dan karbohidrat, serta kandungan lemaak yang cukup.

2.Stress

Seseorang yang kurus tetapi sudah memiliki porsi makan yang tinggi identik dengan perut buncit. Biasanya hal ini dikarenakan kadar hormon kortisol dalam darah yang tinggi. Hormon kortisol yang berlebih akan dapat meningkatkan stress.

3.Olahraga Yang Berlebih

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang bisa membuat tubuh kita menjadi merasa sehat. Namun jika Anda melakukan olahraga yang berlebihan justru asupan makan yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh malah dibuang melalui olahraga yang berlebih dan hal ini akan membuat kita tetap kurus walaupun sudah memiliki porsi makan yang tinggi.

Penyakit Yang Menyebabkan Sulit Gemuk

1.Malnutrisi

Malnutrisi adalah salah satu gangguan yang disebabkan seseorang kekurangan suatu zat gizi. Kekurangan suatu zat gizi ini biasanya disebabkan oleh seseorang yang tidak memperhatikan pola makanan yang bergizi. Kekurangan zat gizi juga bisa dikarenakan tubuh tidak bisa menyerap beberapa zat gizi yang masuk dalam tubuh.

2.Kanker

Sel kanker pada tububuh tidak hanya merusak jaringan saja tetapi juga memakan makanan yang seharusnya diterima oleh tubuh. Sehingga percuma saja jika kita makan dalam porsi yang tinggi tetapi tetap memiliki badan yang kurus. Seseorang yang didiagnosa memiliki sel kanker dalam tubuhnya pasti akan memiliki penurunan berat badan dibandingkan dengan naiknya berat badan.

3.Gangguan Kelenjar Tiroid

Ada dua jenis gangguan yang sering terjadi pada kelenjar tiroid yaitu hipertiroidisme dan hipotiroidisme. Hipertiroidisme adalah suatu kondisi dimana kelenjar tiroid terlalu aktif sehingga terlalu banyak menghasilkan hormon tiroksin. Hormon tiroksin yang terlalu banyak dapat menyebabkan kecepataan metabolism dalam tubuh akan terganggu dan bisa menyebabkan penurunan berat badan. Sedangkan hipotiroidisme adalah jika hormone tiroid menghasilkan hormone tiroksin yang sedikit dapat menyebabkan metabolisme keseluruhan terganggu akan menyebabkan penurunan berat badan yang sangat signifikan.

Itulah penyebab seseorang yang sudah memiliki porsi makan yang banyak tetapi tetap saja kurus. Untuk itu jagalah pola makan yang baik dan tetap jaga kesehatan tubuh. atau anda juga bisa mengkonsumsi suplemen penggemuk badan yang sudah terbukti aman dan tidak menimbulkan efek samping.