Bahaya Yang Ditimbulkan Jika Tidak Merawat Kebersihan Gigi dan Mulut

posted in: Blog | 0

Bahaya Yang Ditimbulkan Jika Tidak Merawat Kebersihan Gigi dan Mulut. Memang penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mulut. Memiliki mulut yang sehat akan membuat kita lebih percaya diri. Oleh karena itu kita harus rajin untuk menjaga kesehatan mulut. Kesehatan gigi dan mulut sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh. Memiliki masalaah gigi dan mulut yang fatal akan mengakibatkan kesehatan tubuh terganggu. Kesehatan yang terganggu tidak hanya terdapat pada organ sekitar mulut tetapi juga organ tubuh lainnya.

Bahaya Yang Ditimbulkan Jika Tidak Merawat Kebersihan Gigi dan Mulut

Cara Menghindari Masalah Gigi dan Mulut

1.Periksa gigi ke dokter secara teratur

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut lakukanlah pemeriksaan paling tidak 6 bulan sekali. Jangan memeriksakan kesehatan gigi dan mulut saat terdapat keluhan saja. Jika ada massalah pada bagian gigi dan mulut makan pihak dokter akan mendeteksinya lebih awal sebelum menjadi masalah yang serius pada gigi dan mulut.

2.Meggunakan sikat gigi yang tepat

Penggunaan sikat gigi yang tepat sangat berbengaruh pada kesehatan gigi dan mulut. Untuk menjaga kesehataan gigi dan mulut ganti sikat gigi paling tidak 3 bulan sekali atau jika bulu sikat sudah rontok. Disarankan untuk memilih bulu sikat yang lembut.

3.Hindari terlalu banyak mengkonsumsi gula

Penyebab terbentuknya plak yang bisa merusak enamel gigi dan gusi yaitu mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu banyak mengandung gula.

4.Berhenti merokok

Rokok akan menyebabkan mulut menjadi ruang untuk perkembang biakan bakteri. Kandungan nikotin dan tar yang terdapat pada mulut akan menggerogoti gusi dan membuat gigi menjadi kuning. Merokok juga bisa menyebabkan kanker mulut yang disebabkan oleh zat kimia yang terkandung dalam rokok.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

1.Sikat gigi tidak terlalu keras

Jika Anda melakukan sikat gigi dengan cara yang keras akan menyebabkan enamel gigi yang tipis akan terkikis dan menyebabkan gigi sensitive. Menggunakan sikat gigi yang tidak benar justru akan menibulkan plak pada gigi makin menumpuk.

2.Sikat gigi sebelum tidur

Sudah dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan untuk menggosok gigi saat bangun pagi dan ketika akan tidur. Hal ini dikarenakan jika kita sikat gigi sebelum tidur akan menghiangkan plak dan kuman pada gigi yang sudah bersarang seharian.

3.Gunakan pasta gigi berflourida

Florida adalah suatu senyawa yang sering kita temukan diberbagai makanan. Flourida diserap oleh tubuh yang akan digunakan oleh sel untuk membangun gigi dan untuk menguatkan enamel gigi. Selain itu flourida juga berberan untuk memerangi kuman yang dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi dan mulut.

Komplikasi Akibat Tidak Merawat Gigi dan Mulut Dengan Benar

1.Bau mulut

Gangguan yang satu ini akan menyebabkan kita kurang percaya diri untuk berbincang dengan seseorang. Seseorang yang tidak rajin menjaga kesehatan mulut dan gigi akan menimbulkan aroma bau yang tidak sedap.

2.Diabetes

Jika Anda penggemar makanan manis dan tidak rajin untuk menjaga kesehatan gigi akan beresiko terkena penyakit ddiabetes. Hal ini dikarenakan Anda yang telah makan makanan manis tidak membersihkan mulut dengan gosok gigi makan bakteri sisa makanan manis akan menumpuk pada gigi dan akan berdampak mengalami kenaikan gula pada darah Anda.

3.Osteoporosis

Menjaga kesehatan gigi dan mulut akan dapat membantu menjaga kesehataan tubuh kita. Para penelitian menyatakan bahwa seseorang yang memiliki masalah pada gigi dan mulut akan menyebabkan bakteri yang terdapat pada sela- sela gigi akan membusukan jaringan ikat yang bisa melemahkan kekebalan tubuh. Salah satu faktor osteoporosis juga dikarenakan kurangnya memperhatikan kesehatan gigi dan mulut.

4.Penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh semua orang, karena penyakit ini jika tidak ditangani dengan cepat akan menimbulkan kematian. Mencegah penyakit jantung yang mudah tetapi jarang diketahui oleh nyak orang yaitu dengan merawat kesehatan gigi dan gusi. Hal ini dikarenakaan bakteri yang tidak dibersihkan akan menimbulkan perkembangan pathogen. Pathogen berkaitan dengan penumpukan plak pada arteri. Plak pada arteri ini yang akan menyebabkan penyakit jantung.

Olehkarena itu jagalah kesehatan gigi dan mulut mulai dari sekarang. Jangan anggap remeh masalah pada gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *